Bagikan Artikel
5
(2)

Siapa yang tak kenal Jogja? Kota dengan sejuta keindahannya ini memang tak pernah luput dari para wisatawan dari luar Jogja. Bahkan hampir para wisatawan tak pernah merasa bosan untuk kembali mengunjungi Jogja.

Karena memang Jogja dikenal dengan masyarakatnya yang sederhana, dan juga ramah. Ditambah lagi, kamu bisa menemukan berbagai hal baru serta ketenangan yang mungkin tak pernah kamu temukan di perkotaan.

Itulah mengapa, banyak sekali tempat wisata alam, tempat bersejarah, kuliner, dan berbagi tempat hits yang tak kalah menarik tentunya.

5 Hidden Gem di Jogja

Namun dari banyaknya tempat wisata yang bisa kamu temukan, ternyata ada 5 hidden gem di Jogja yang belum banyak diketahui, dan sangat cocok untuk menenangkan diri, untuk melepas penat serta hiruk pikuk perkotaan.

1. Bukit Pengilon

Pemandangan Bukit Pengilon
img via: https://1.bp.blogspot.com/

Menjadi salah satu hidden gem yang cukup unik, Bukit Pengilon merupakan bukit yang memiliki hamparan rumput di ketinggian yang berbatasan langsung dengan pantai. Bukit ini terletak di kaki Gunung Purba Batur, yang merupakan Gunung Berapi Aktif sekitar jutaan tahun lalu.

Karena keindahannya inilah, Bukit Pengilon menjadi spot wisata dan hidden gem bagi para wisatawan. Di ketinggian Bukit Pengilon para wisatawan bisa menikmati indahnya Pantai Wediombo, Pantai Watu Lumbung, Pantai Banyunibo, dan Pantai Siung.

spot foto bukit pengilon
img via: https://www.alodiatour.com/

Untuk area perbukitannya juga kerap digunakan untuk camping ground wisatawan, dengan menggunakan tenda pribadi ataupun menyewa di sekitar Bukit Pengilon sembari menikmati keindahan alam, bersantai, atau berfoto.

2. Puncak Segoro

Puncak Segoro Jogja
img via: https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/
Fasilitas Puncak Segoro Jogja
img via: https://sikidang.com/

Menjadi salah satu destinasi wisata baru di Jogja, Puncak Segoro merupakan tempat yang cocok untuk menikmati sunset yang mempesona dari pinggir pantai selatan Yogyakarta.

Sesuai dengan namanya, Puncak Segoro merupakan tebing yang terletak di atas lautan yang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah dan menghadap langsung ke laut kidul Yogyakarta.

Maka dari itu, tak heran kalau banyak para wisatawan yang berbondong-bondong untuk mengunjungi Puncak Segoro untuk menikmati keindahan sunsetnya.

Selain itu parawisatawan juga bisa menikmati beragam fasilitas lain yang disediakan. Mulai dari area parkir, duduk di kursi sembari bersantai, berfoto, dan masih banyak lagi.

3. Curug Sidoharjo

Keindahan Curug Sidoharjo Jogja
img via: https://img.harianjogja.com/

Kemudian ada Curug Sidoharjo yang dikenal sebagai curug tertinggi, dengan memiliki ketinggian sekitar 75 meter.

Curug yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo ini, memang menjadi salah satu hidden gem yang tak boleh kamu lewatkan ketika berada di Jogja.

Pasalnya untuk sampai ke curug ini, kamu harus melewati jalanan dengan kontur yang cukup ekstrem, sekitar 10 menit dari lokasi parkir.

Curug Sidoharjo Jogja
img via: https://niagatour.com/

Namun setelah melewati halang rintang yang ada, semua rasa lelahmu akan langsung terbayar dengan pemandangan dan juga keindahan Curug Sidoharjo yang masih terjaga hingga saat ini.

Selain kamu bisa bermain air di sekitar curug, tentunya kamu bisa berfoto bersama teman, keluarga, atau pasanganmu. Dan jika kamu ingin bermain air atau mandi di sekitar curug, pastikan kamu tetap dalam pengawasan ya.

4. Geoforest Watu Payung

Keindahan Geoforest Watu Payung Turunan Jogja
img via: https://www.datawisata.com/

Menjadi salah satu objek wisata serta hidden gem di Jogja yang sempat viral dan naik daun, Geoforest Watu Payung Turunan memang menawarkan pemandangan alam yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Sebab itulah, tak heran kalau banyak wisatawan lokal maupun luar Jogja yang berkunjung ke sini.

Karena keindahan alamnya, Geopark Watu Payung juga menjadi spot bagi para fotographer untuk mendapatkan foto-foto yang menarik, serta menjadi spot yang instagramable untuk mereka yang senang melakukan selfie dengan view perbukitan hijau yang eksotis.

Spot Foto Geoforest Watu Payung Turunan Jogja
img via: https://1.bp.blogspot.com/

Asal muasal tempat ini dinamakan Watu Payung sendiri dikarenakan kawasan wisata ini memiliki sebuah batu besar yang menyerupai bentuk payung. Sedangkan ramainya tempat ini sendiri berawal dari hasil jepretan foto para wisatawan, yang kemudian menjadi perbincangan menarik di dunia traveler.

5. Pantai Srakung

Keindahan Pantai Srakung Jogja
img via: https://images.genpi.co/

Pantai Srakung, merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang belum banyak dikunjungi dan dikenal dengan pemandangannya yang asri dan indah.

Pantai yang berlokasi di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini masih sepi pengunjung. Apabila berkunjung ke sini, kamu tidak akan dikenakan biaya retribusi atau fasilitas.

Panorama Pantai Srakung
img via: https://blog.bookingtogo.com/

Pasalnya, pantai ini belum banyak menyajikan fasilitas bagi wisatawan. Dibanding pantai lain di Gunung Kidul, Pantai Srakung memiliki fasilitas yang masih terbatas.

Pantai Srakung memiliki area pantai yang mungil yakni kurang lebih sekitar 15 meter, pada sisi kanan dan kiri pantai terdapat tebing yang seolah mengapit pantai ini.

Kehijauan pepohonan dan rumput liar yang tumbuh di atas tebing akan menambah nuansa kealamian dari pantai ini.

Pantai Srakung cocok menjadi destinasi wisata untuk berlibur sekaligus mencari ketenangan.

Bagi pengunjung yang ingin camping juga bisa mendirikan tenda di sisi pantai ini. Tentunya jangan lupa mempersiapkan peralatan untuk berkemah ya.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 2

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...