Bagikan Artikel
5/5 - (3 votes)

Gili Ketapang Probolinggo – Menjadi salah satu wisata alam terbaik, bisa masuk ke dalam wishlist liburan kalian.

Gili yang dikenal memiliki ombak yang tenang serta air laut yang jernih ini, memang berhasil menghipnotis para wisatawan untuk berkunjung. Seperti yang kita ketahui, kalau bicara tentang Gili mungkin yang terbayang dibenak kalian adalah Lombok.

Tapi siapa sangka jika Gili indah satu ini bisa kamu temukan di kawasan Jawa Timur, tepatnya Probolinggo. Dengan luas sekitar 68 hektar dan berjarak sekitar 7 kilometer dari Pelabuhan Kota Probolinggo, Gili Ketapang memiliki beragam keindahan alam, serta panorama bawah laut yang menawan.

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika singgah di Gili Ketapang, seperti snorkeling, menyusuri area Gili Ketapang, memancing, berjemur, dan masih banyak lagi.

Pemandangan Gili Ketapang Jawa Timur
Pemandangan Gili Ketapang Jawa Timur via kawanus.com
Alamat Sapia, Gili Ketapang, Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur
Tiket Masuk Masuk pelabuhan Rp. 2.500
Parkir motor di Pelabuhan Rp. 3.000
Parkir mobil di pelabuhan Rp. 10.000
Bermain Banana Boat Rp. 300.000 (6 orang)
Sewa Jetski sebesar Rp. 150.000 (20 menit)
Jam Operasional Keberangkatan 06.00 – 10.00
Kepulangan 13.00 – 17.00
Fasilitas Toilet, musholla, ayunan, warung makan, dll
Google Maps https://goo.gl/maps/oWEed6NY9sWg4RUU9

Yang Bisa Kamu Lakukan di Gili Ketapang

Dari sekian banyak panorama yang disajikan, tentu Gili ini memiliki daya tarik yang membuat takjub para pengunjung yang singgah di sini, mulai dari hamparan pasir putih dan juga ada yang berwarna pink, air laut yang jernih, suasana yang sejuk, serta kebersihannya yang terjaga.

1. Snorkeling di Gili Ketapang

Snorkeling dan Berfoto di Gili Ketapang
Snorkeling dan Berfoto di Gili Ketapang via befreetour.com

Dan tentu saja, kegiatan favorit pengunjung di Gili Ketapang adalah snorkeling. Untuk harga snorkeling Gili Ketapang dibagi dalam beberapa pilihan paket berikut.

Paket
HargaFasilitas
Paket SnorkelingRp 100.000/orangKapal PP, Perlengkapan Snorkeling, Makan siang, Tour guide, Foto underwater, dll.
Paket Snorkeling Menu Cumi-cumiRp 120.000/orangSama seperti paket pertama, namun para peserta bisa mendapatkan menu makan siang cumi-cumi kuah hitam.
Paket Snorkeling + Video DroneRp 500.000Sama seperti Paket Snorkeling, hanya ditambah dengan video dari drone.

Harga di atas tadi bisa saja berubah sewaktu-waktu. Namun tentunya, dengan detail dari harga di atas bisa jadi patokan untuk mempersiapkan budget ketika hendak berlibur ke Gili Ketapang Probolinggo.

Snorkeling di Gili Ketapang
Snorkeling di Gili Ketapang via joglowisata.com

Untuk snorkeling sendiri kamu bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut dengan terumbu karang, beragam ikan warna-warni, dan juga biota laut lain yang ada di sana.

Ketika snorkeling juga kamu akan dipandu oleh tour guide yang menginformasikan tempat-tempat terbaik untuk snorkeling dengan pemandangan yang menawan.

2. Memancing di Tengah Lautan

Kalau kamu gak suka untuk snorkeling, kamu juga bisa kok mencoba ikut memancing di tengah laut menggunakan kapal besar nelayan dan merasakan sensasi memancing di Gili Ketapang.

Memancing di Tengah Laut Gili Ketapang
Memancing di Tengah Laut Gili Ketapang via rimbakita.com

Untuk harganya sendiri, kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp 400.000 – Rp 1.200.000 dengan detail berikut

HargaDetail
Rp 400.000 - Rp 500.000Untuk perjalanan yang tidak terlalu jauh
Rp 800.000 - Rp 1.200.000Untuk perjalanan lebih jauh

Setelah puas memancing ikan yang ada di tengah laut Gili Ketapang, perjalanan diakhiri dengan sesi bakar ikan hasil tangkapanmu di atas kapal nelayan tadi.

Dan tentu saja, hal ini bisa menjadi pengalaman unik serta menyenangkan di Gili Ketapang.

3. Menikmati Matahari Terbenam

Salah satu momen yang sayang untuk dilewatkan ketika berada di Gili Ketapang adalah melihat keindahan matahari terbenam.

Menikmati Matahari Terbenam di Gili Ketapang
Menikmati Matahari Terbenam di Gili Ketapang giliketapangblog.wordpress.com

Adapun spot terbaik untuk menikmati sunset di sini ialah di Tanjung Love yang berada di bagian paling ujung barat pulau Gili Ketapang.

Baca Juga:  8 Wisata Gratis di Malang ini Bisa Jadi Rekomendasi Waktu Kamu Liburan Sekolah

Di sini, kamu bisa mengabadikan moment dengan membuat video hyperlapse atau sekedar ber-swafoto bersama teman, keluarga, ataupun orang terdekat.

Rute Menuju Gili Ketapang

Ada banyak moda transportasi yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke Gili indah satu ini. Untuk pengguna bus, kamu bisa turun di Terminal Bayu Angga Probolinggo, menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo menggunakan mikrolet.

Sedangkan untuk kamu yang naik kereta, kamu bisa turun di Stasiun Kereta Api Probolinggo dan melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan menggunakan mikrolet.

Sesampainya di pelabuhan kamu bisa menyewa perahu untuk menyebrang ke Gili Ketapang dengan biaya Rp 10.000 per orang, yang memakan waktu sekitar 1 jam saja.

Tapi perlu diperhatikan juga ya, karena perhau penyebrangan ini hanya beroperasi dari pukul 08.00 hingga 16.00 saja, jadi pastikan kamu datang pada jam operasional yang berlaku, ya.

Waktu yang Tepat ke Gili Ketapang

Kapan sih waktu yang tepat untuk berkunjung ke Gili Ketapang? Musim kemarau adalah waktu yang pas buat kamu menikmati keindahan pulau ini dengan segala keunikan dan pesonanya. Namun, kalau kamu lebih suka suasana yang tenang, kamu juga bisa datang pada musim semi atau musim gugur.

Mengunjungi pulau ini selama adanya festival budaya lokal atau perayaan hari raya keagamaan juga bisa memberikan pengalaman yang lebih mendalam tentang kehidupan masyarakat setempat.

Fasilitas di Gili Ketapang

Selain menyuguhkan beragam keindahan alam dan bawah lautnya, Gili Ketapang juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas bagi para pengunjung yang mungkin hanya ingin singgah untuk melepas penat, ataupun healing dari binarnya Ibu Kota.

Adapun fasilitas yang bisa kamu temui di sini berupa

  • Toilet
  • Musholla
  • Ayunan untuk bermain/berfoto
  • Warung makan
  • dll

Dan tentu saja, beragam fasilitas ini bisa disinggahi setelah lelah bermain ataupun menikmati beragam wahana di Gili Ketapang.

Rekomendasi Kuliner Khas Probolinggo

Setelah kamu bersenang senang di Gili Ketapang, kamu bisa banget cobain beberapa kuliner khas yang ada di Probolinggo loh. Minboo udah rangkum beberapa makanan dan kuliner yang bisa kamu coba disana, cek yuk.

1. Soto Kraksaan

Soto Kraksaan
Soto Kraksaan Credit via Ayu Mayandini Meilansari

Pertama Kamu bisa cobain soto khas Probolinggo yang biasanya terbuat dari daging ayam dan dimasak dengan bumbu-bumbu khas Jawa Timur, seperti serai, daun jeruk, lengkuas, dan jahe. Kuahnya yang kaya rasa ini memberikan sentuhan lezat pada hidangan.

Untuk penyajian, soto Kraksaan disajikan dengan mie kuning, potongan daging ayam yang lembut, serta tambahan telur rebus dan kentang. Biasanya, soto ini juga dilengkapi dengan taburan daun seledri dan bawang goreng, yang menambah aroma dan cita rasa yang segar. Cobain Yuk.

2. Kepiting Olok

kepiting olok
kepiting olok credit via fatma rois

Kepiting Olok adalah hidangan kepiting yang dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah khas Jawa Timur. Prosesnya dimulai dengan merebus kepiting segar hingga matang dan kulitnya berubah menjadi merah menggoda.

Selanjutnya, kepiting dimasak dengan bumbu khas seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, tomat, dan daun kemangi. Bumbu-bumbu ini memberikan cita rasa yang kaya dan pedas, sehingga menambah selera makan

3. Nasi Campur Nyak Nyong

Nasi Campur Nyak Nyong
Nasi Campur Nyak Nyong Credit via www.gotravelly.com

Nasi Campur Nyak Nyong adalah hidangan nasi campur dengan beragam lauk pauk dan bumbu khas. Hidangan ini biasanya terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti ayam, ikan, tahu, tempe, telur, dan kerupuk.

Selain itu, Nasi Campur Nyak Nyong juga disajikan dengan kuah kaldu yang lezat, serta disertai dengan beragam sayuran segar dan acar. Gabungan berbagai komponen ini memberikan sensasi rasa yang unik dan menggugah selera

Baca Juga:  Masjid Al Jabbar Bandung: Awal Mula dan Rekomendasi Hotel Sekitarnya

4. Ketan Ketarok

Ketan Ketarok
ketan ketarok credit by juni suarnita

Ketan Ketarok dibuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan kelapa, gula merah, dan sedikit garam. Proses memasak ketan dilakukan secara perlahan hingga meresapkan cita rasa manis dari gula merah dan aroma harum dari santan.

Selanjutnya, ketan yang sudah matang digulung dalam daun pisang sehingga membentuk wujudnya yang khas. Proses penggulungan dalam daun pisang memberikan kesan tradisional pada makanan ini.

5. Nasi Jagung Merpati

Nasi Jagung Merpati
Nasi Jagung Merpati credit via indah kumala

Nasi Jagung Merpati dibuat dari beras jagung yang dikupas dan dihaluskan, kemudian dicampur dengan beras ketan. Proses penghalusan beras jagung dan ketan ini dilakukan dengan hati-hati untuk menciptakan tekstur yang pas dan cita rasa yang lezat.

Setelah itu, campuran beras jagung dan ketan dimasak dengan santan kelapa dan sedikit garam hingga matang. Proses memasak ini memberikan aroma harum yang menggugah selera

6. Nasi Glepungan

Nasi Glepungan
Nasi Glepungan via unimmafm.com

Nasi Glepungan dibuat dari beras ketan yang dikukus hingga matang dan kenyal. Setelah itu, nasi ketan dimasak bersama dengan kelapa parut yang telah dibumbui dengan garam dan bumbu khas Jawa Timur.

Proses memasak nasi bersama kelapa ini disebut “glepung” yang merupakan teknik memasak tradisional yang memberikan cita rasa khas pada hidangan ini. Nasi Glepungan pun siap disajikan dengan taburan daun pandan yang menambah aroma harum yang menggugah selera

7. Rawon Nguling

Rawon Nguling
Rawon Nguling credit by Dody Kasman

Rawon Nguling dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas dan rempah-rempah, termasuk kluwek yang memberikan cita rasa khas pada hidangan ini. Kluwek adalah biji hitam yang mengandung senyawa alami sehingga memberikan warna hitam pada kuah Rawon Nguling.

Proses memasak daging sapi dengan bumbu-bumbu ini dilakukan secara perlahan hingga daging menjadi empuk dan bumbu meresap sempurna.

Rekomendasi Oleh Oleh di Probolinggo

1. Anggur Prabu Bestari

Anggur Prabu Bestari
Anggur Prabu Bestari credit via kominfo.jatimprov.go.id

Anggur Prabu Bestari memiliki keistimewaan dalam ukuran buahnya yang besar dan warna kulitnya yang menarik. Buah anggur ini biasanya berwarna ungu tua atau merah gelap dengan rasa yang manis dan segar.

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, Anggur Prabu Bestari juga mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Sirup Pokak

sirup pokak
sirup pokak credit via yusrizal yafie

Mau minum yang seger seger di Probolinggo? kamu wajib coba Sirup Pokak, sirup ini dibuat dari bahan dasar gula aren yang dimasak hingga mengental dan berwarna kecokelatan. Gula aren ini merupakan bahan utama yang memberikan cita rasa manis khas pada minuman ini.

Selain itu, ada juga tambahan bahan-bahan alami seperti daun pandan dan serai yang memberikan aroma harum dan segar. Beberapa resep mungkin juga menambahkan sedikit air jeruk nipis untuk memberikan sentuhan asam yang menyegarkan.

3. Kerupuk Ikan Jenggelek

Kerupuk Ikan Jenggelek
Kerupuk Ikan Jenggelek credit via www.bukalapak.com

Kerupuk Ikan Jenggelek dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang diolah menjadi adonan halus. Prosesnya dimulai dengan membersihkan ikan, menghilangkan tulang dan kulitnya, kemudian dihaluskan hingga menjadi pasta ikan yang lembut.

Selanjutnya, pasta ikan ini dicampur dengan bumbu-bumbu khas seperti garam, bawang putih, dan bawang merah. Adonan ikan yang telah dibumbui lalu dijemur hingga kering

Main Ke Probolinggo, Beli Tiket Keretanya di BookingToGo

Promo Indodana Juli 2023

Itulah panduan yang udah minboo rangkum buat kalian yang mau berkunjung ke Gili Ketapang, jadi jangan lupa berlibur ke Probolinggo dan beli akomodasi tiketnya di BookingToGo ya BTG Traveler. Smart Booking, Easy Travel!


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...