Bagikan Artikel
5
(8)

BookingToGo – Hallo, BTG Travellers! Bagaimana kabarnya? Pada artikel kali ini, kami ingin berbagi informasi tentang wisata Bandung di Kawasan Wisata Ciwidey. Nama tempat wisatanya adalah Ranca Upas Bandung atau Kampung Cai. Ranca Upas ini merupakan kawasan bumi perkemahan yang biasa orang datangi untuk melakukan aktivitas kemping. Selain tempatnya sangat sejuk dan di kelilingi pegunungan, Ranca Upas juga menyediakan banyak aktivitas wisata dan wahana seru yang bisa kamu cobain.

Disini kami akan memberikan kamu informasi lengkap tentang Ranca Upas Bandung. Alamat dan lokasinya dimana, jam berapa wisatanya buka, aktivitas wisatanya apa saja, dan lain sebagainya. Yuk, let’s get started! Berikut adalah ulasan artikel Wana Wisata Ranca Upas:

Alamat & Lokasi Wisata

Lokasi Ranca Upas berada di kawasan wisata Rancabali Ciwidey. Lokasinya dekat sekali dengan Kawah Putih, sekitar 30 menit perjalanan sudah sampai ke Ranca Upas. Untuk alamat Ranca Upas ada di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No. KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Biar lebih memudahkan kamu, berikut adalah Google Maps dengan destinasi wisata Ranca Upas:

Baca Juga: Daftar Artikel Tempat Wisata di Bandung

Buat informasi untuk kamu, berikut ini adalah gambar peta lokasi Wana Wisata Ranca Upas:

peta-lokasi-wana-wisata-ranca-upas
Sumber: Data Pribadi (2021)

Jam Operasional (Jam Buka & Tutup)

Ranca Upas Bandung buka setiap hari, jadi kamu bisa datang kapan saja. Selengkapnya tentang jam buka Ranca Upas bisa kamu lihat di tabel bawah ini:

Jam Buka Ranca Upas
Setiap Hari 07:00 – 17:00

 

Tiket Masuk Ranca Upas 2021

Jika berwisata ke suatu tempat, pastilah kita membutuhkan informasi tentang tiket masuk wisatanya. Nah, kali ini kami ingin memberikan kamu daftar tiket Ranca Upas terbaru.

Berikut adalah harga tiket masuk Ranca Upas:

Tiket Masuk Ranca Upas 2021
Wisatawan Nusantara 22.000
Wisatawan Mancanegara 44.000

 

Apakah kamu membawa kendaraan? Berikut adalah biaya tiket masuk kendaraannya:

Tiket Masuk Kendaraan
Motor 8.000
Mobil 15.000
Bis 35.000

 

Kamu ingin berkemah disini? Bisa dong, berikut adalah harga camping di Ranca Upas 2021:

Harga Kemping di Ranca Upas
Tiket Masuk Camping 33.000

Notes: Harga diatas belum termasuk tenda

online-travel-agent-bookingtogo
Advertisement: Pesan Tiket Pesawat di BookingToGo Saja!

Jika kamu berkemah disini dan membawa kendaraan, pasti harus menginapkan kendaraan bukan? Nah, berikut adalah biaya menginap kendaraan di Ranca Upas:

Biaya Menginapkan Kendaraan di Ranca Upas
Motor 17.000
Mobil 33.000
Bis 69.000

Notes: Biaya menginapkan kendaraan berlaku untuk per kendaraan dan per malam.

 

Ranca Upas juga mempunyai biaya masuk wahana jika kamu memang ingin main ke wahananya. Berikut adalah daftar biaya tiket masuk wahana di Ranca Upas:

Tiket Masuk Wahana Ranca Upas
Kolam Renang Air Hangat Alam 22.000
Kid Zone 10.000
Onsen 28.000
Penangkaran Rusa Gratis

Notes: Harga diatas merupakan harga per orang / per anak.

Aktivitas Wisata Ranca Upas

Selain tempatnya sejuk dan instagramable, Ranca Upas Bandung ini mempunyai banyak aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan, loh. Penasaran apa saja aktivitas wisatanya? Berikut adalah daftar aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di Ranca Upas Bandung:

Kemping di Ranca Upas

kemping-ranca-upas
Sumber: Instagram @ranca_upas (2021)

Ranca Upas memang telah lama terkenal sebagai tempat untuk berkemah. Karena suasana dari Ranca Upas Bandung memang sangat cocok untuk camping. Dikelilingi dengan hijaunya pepohonan, sama udaranya yang sejuk dan bersih. Cocok banget untuk kamu yang ingin melepas setress setelah berkerja di perkotaan besar yang banyak polusi dan macet. Kamu disini bisa sewa tenda juga loh, harganya kisaran 150.000 rupiah untuk tenda kapasitas 3 – 4 orang. Tetapi jika kamu ingin bawa sendiri juga boleh, kok. Ada kayu bakar juga per ikatnya sekitar 15.000 – 20.000 rupiah.

Penangkaran Rusa di Ranca Upas

penangkaran-rusa-ranca-upas
Sumber: Data Pribadi (2021)

Taukah kamu kalau di Ranca Upas ada penangkaran rusa? Nah, disini kamu bisa melihat atau berinteraksi dengan rusa. Mulai dari rusa yang bertanduk seperti yang biasa digunakan Santa Claus untuk menarik kereta berisikan kado, bahkan sampai yang tidak bertanduk juga ada disini. Selain itu, penangkaran rusa ini juga tidak bayar, loh! Karena sudah termasuk tiket masuk dari wisata Ranca Upas. Berikut ini adalah pintu masuk dari penangkaran rusa di Ranca Upas Bandung:

ranca-upas-rusa
Sumber: Data Pribadi (2021)

Tetapi, lain cerita jika kamu ingin memberi makan untuk rusanya. Di tempat penangkaran rusa Ranca Upas ada jual satu ikat wortel potong seharga 10.000 rupiah. Itu terserah kamu ingin kasi makan rusa atau tidak, yang pasti kamu tidak boleh bawa makanan rusa sendiri dari luar. Hati-hati ya saat kamu memberikan makan rusa, jangan tunjukkan semua wortelnya jika kamu tidak ingin dikerumuni rusa.

Menginap di Bobocabin

Bobocabin adalah tenda menginap glamping atau biasa disebut sebagai glamour camping. Berbeda dengan tenda camping pada umumnya, glamping ini bentuk tendanya modern. Bentuknya seperti rumah kotak kecil yang dalamnya ada kasur. Selain itu, di Bobocabin juga ada colokan listrik buat ngecas perangkat elektronik kamu. Daripada capek-capek buat tenda dengan fasilitas yang minim, jika kamu ada budget lebih mendingan sewa bobocabin saja. Karena selain kamu tidak perlu repot, nginapnya juga lebih nyaman.

Menginap di Igloo Camp

igloo-camp
Sumber: Instagram @ranca_upas (2021)

Ingin camping dengan gaya? Cobain nginep di Igloo. Igloo adalah tenda bundar yang disediakan oleh pengelola Ranca Upas buat kamu yang tidak mau repot buat tenda. Di dalam Igloo ada kasur twin bed, jadi kamu bisa tidur lebih nyaman. Selain itu, Igloo Camp ini terletak di tepi danau, jadi kamu bisa lihat pemandangan luar dari dalam Igloo. Yang pasti jika kamu sewa Igloo Camp, pengalaman kemping di Ranca Upas bakal lebih asyik dan seru. Untuk harga sewa Igloo Camp di Ranca Upas sekitar 500.000 – 700.000 semalam dan unitnya juga hanya ada 3. Oleh karena itu, kamu harus cepat pesan biar tidak kedahuluan orang lain.

Menikmati Keindahan Alam di Ranca Upas

wisata-ranca-upas
Sumber: Instagram @ranca_upas (2021)

Ranca Upas ini sangatlah asri ada sungai dan danau yang jernih. Kamu terasa menyatu dengan alam, sehingga perasaan kamu jadi lebih rilex dan nyaman. Jika kamu ingin piknik dengan keluarga atau teman, maka Ranca Upas Bandung ini bisa jadi pilihan wisata kamu. Selain itu, di Ranca Upas ini juga mempunyai spot foto yang instagramable loh. Jika jalan ke belakang kandang rusa, kamu akan menemukan spot ruang terbuka hijau yang instagramable. Tidak banyak orang yang mengetahui spot ini, jadi pastikan kamu kunjungi.

Berendam di Pemandian Air Panas Ranca Upas

kolam-air-panas-ranca-upas
Sumber: Instagram @ranca_upas (2021)

Ranca Upas Bandung sangatlah dingin karena berada di dataran tinggi Ciwidey. Oleh karena itu, cobain deh hangatkan diri dengan berendam di pemandian air panas Ranca Upas. Ada juga loh pemandian air panas untuk anak-anak dengan fasilitas kolam renang bergaya waterbom. Selain kolam renang, disini ada permandian air panas bergaya Jepang yang biasa orang sebut sebagai Onsen. Jangan khawatir! Permandian air panas Onsennya tertutup pagar bambu, jadi kamu tidak perlu malu. Berendam air panas sambil menikmati hijaunya alam, jika bayangkan sudah cukup asyik bukan?

Bermain Outbound di Ranca Upas

paintball-bandung
Sumber: unsplash.com (2018), Credit: Muhammad Taufik

Ranca Upas Bandung juga bisa melakukan aktivitas outbound yang seru dan asyik. Outbound adalah aktivitas pelatihan kepemimpinan, komunikasi, fokus, dan pengambilan keputusan dalam pencapaian target. Fasilitas outbound yang tersedia di Ranca Upas, diantaranya: Flying Fox, Paintball, Archery, River Tubing, dan masih banyak lagi. Dijamin seru, segera cobain aktivitas outbound yang ada di Ranca Upas.

Berfoto di Tugu Monumen Sejarah

monumen-batalyon-siluman-merah
Sumber: Data Pribadi (2021)

Jika kamu selesai bermain dengan rusa, dekat penangkaran rusa ada tugu monumen sejarah. Tugu monumen sejarah ini merupakan tugu perjuangan rakyat dan batalyon siluman merah A3W. Tugunya ada patung harimau diatas bersama dengan tentara Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Okedeh, kami rasa informasi tentang Ranca Upas Bandung sudah kami sampaikan semua. Jika ada yang kurang informasinya, kamu juga bisa sharing dengan berkomentar di artikel ini. Kami ada menyediakan fitur komentar dengan akun Facebook.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, mohon untuk beri rating dan bagi artikel ini ke teman, sahabat, keluarga, atau kerabat kamu. Ikuti terus ya artikel kami selanjutnya, Thank You!

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 8

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...