Bagikan Artikel
5
(15)

BookingToGo – Halo, travellers! Di Jogjakarta ada tempat wisata yang lagi hits dan sedang diperbincangkan banyak orang, loh. Nama objek wisata-nya adalah Pantai Nguluran. Sebelumnya, pantai nguluran ini belum terlalu dikenal banyak orang. Tetapi karena pengaruh media sosial, kini pantai nguluran mulai ramai wisatawan yang berkunjung. Mengapa seperti itu? Karena Pantai Nguluran Jogja ini selain memiliki pasir putih dengan laut-nya yang biru, pantai ini juga mempunyai banyak spot foto yang bagus banget.

Pada artikel ini, kami akan mengupas semua informasi tentang objek wisata Pantai Nguluran seperti kapan jam bukanya, dimana lokasinya, dan apa daya tarik wisata-nya. Ayo, kita mulai topik Pantai Nguluran Jogja ini dimulai dari dimana lokasi tempat-nya:

Lokasi / Alamat Pantai Nguluran

Pantai Nguluran ada di Bolang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk pergi ke kota Jogja bisa menggunakan pesawat ke Bandara Adisucipto, dari sana ke pantai nguluran sekitar 1 setengah jam / 1 jam 30 menit. Rute tercepatnya lewat jalan imogiri, lalu ke jalan siluk panggang. Lihat map lokasi-nya dibawah ini:

Harga Tiket Masuk (HTM) Pantai Nguluran

Harga tiket masuk Pantai Nguluran dibagi menjadi 3 yaitu tiket masuk kawasan pantai (retribusi), tiket masuk teras kaca, dan tiket wahana. Biaya retribusi kawasan Pantai Nguluran perlu membayar 5.000 rupiah / orang, masuk ke kawasan teras kaca 5.000 rupiah / orang dan harga tiket wahana bervariaasi sekitar 10.000 – 50.000 rupiah, tergantung wahana yang kamu pilih. Wahana yang disediakan ada Teras Kaca, Glass Boat, Becak Terbang, Giant Chair, dan Jogja Swing.

Jam Buka Pantai Nguluran

Pantai Nguluran buka setiap hari Selasa – Minggu, jam 09:00 sampai dengan 17:00. Pada hari Senin, Pantai Nguluran tutup. Untuk masuk ke spot foto teras kaca biasanya bakal mengantri lama, kurang lebih-nya 2 jam. Oleh karena itu, lebih baik travellers datangnya lebih pagi, ya. Biar kamu tidak mengantri terlalu lama juga.

Wahana & Spot Foto Terbaik

Okay, pada tahap ini kita akan membahas setiap wahana yang disediakan di Pantai Nguluran Jogja. Wahana yang disediakan bervariasi, kamu bisa pilih yang cocok untuk selera kamu. Berikut adalah informasinya:

Teras Kaca

teras-kaca-pantai-nguluran
Sumber: tukangpantai.blogspot.com (2019)

Teras kaca merupakan spot paling populer di Pantai Nguluran Jogja. Banyak orang berkunjung ke Pantai Nguluran hanya untuk foto di spot keren satu ini. Menurut informasi yang didapat, Teras Kaca harga tiket wahana-nya 20.000 rupiah.

Glass Boat

glass-boat-spot-wisata-pantai-nguluran
Sumber: tukangpantai.blogspot.com (2019)

Wahana ini merupakan spot foto dengan desain perahu dengan permukaan bawah terbuat dari kaca. Wahana foto ini cukup keren, pemandangannya juga indah, foto disini dijamin akan menghasilkan foto yang instagramable. Disini juga diberikan fasilitas meja bundar dengan kursi kayu jika kamu ingin foto sambil duduk. Tiket wahana Glass Boat harganya 30.000 rupiah.

Becak Terbang

becak-terbang-pantai-nguluran-teras-kaca
Sumber: Instagram @teraskaca (2018)

Siapa yang tidak tau becak? Ya, transportasi tradisional yang dikayuh ini sudah menjadi bagian hidup masyarakat di Indonesia tempo dulu. Kini, Pantai Nguluran membuat spot instagramable terbuat dari becak yang di desain dengan kreatif. Membuat sayap di sisi becak dan lantainya bisa di lift keatas seperti becaknya terbang di langit. Sangat recommended deh, cobain foto disini hanya dengan membayar kocek 10.000 rupiah saja. Cukup murah bukan?

 

Giant Chair

giant-chair-pantai-nguluran-teras-kaca
Sumber: Instagram @teraskaca (2019)

Giant Chair ini kalau dilihat secara seksama cukup unik loh, travellers. Seperti namanya Giant artinya besar, dan Chair yang artinya kursi. Wahana ini adalah kursi terbuat dari kayu warna putih dan sangat besar yang dipakai untuk spot foto. Kursinya seperti bisa muat sekitar 5 orang diatasnya dan cukup tinggi diatas tanah. Kamu bisa foto candid sambil melihat pemandangan laut diatas Giant Chair yang indah. Tiket wahana Giant Chair 10.000 rupiah saja, cobain deh foto di wahana ini, pasti hasilnya bagus.

 

Jogja Swing

jogja-swing-teras-kaca
Sumber: Instagram @teraskaca (2019)

Nah, wahana ini cukup seru loh, travellers! Wahana ini hanyalah ayunan, namun yang bikin unik adalah ayunan ini diterletak di atas tebing. Jadi jika kamu bermain ayunan ini, kamu akan seperti “terlempar” ke arah lautan Pantai Nguluran. Kamu tidak perlu takut ataupun khawatir, karena Jogja Swing ini diberikan pengaman menggunakan tali yang diikat pada pundakmu jadi cukup aman untuk kamu mainkan. Bahkan kamu bisa bebas berekspresi seperti melepaskan tanganmu pada tali ayunan. Tiket Wahana ini harganya 50.000 rupiah saja, dari keseruannya cukup worth it untuk kamu cobain.

 

Fly Gliding

sky-gliding-teras-kaca-jogja
Sumber: Instagram @teraskaca (2019)

Fly Gliding ini wahana semacam flying fox yaitu kamu ditantang untuk menuruni bukit dengan tali yang terpasang menurun. Cukup mendebarkan dan meningkatkan andrenalin kamu. Cobain keseruan-nya bermain Fly Gliding di Pantai Nguluran Jogja. Untuk tiket wahana ini sekali bermain harganya 20.000 rupiah saja.

 

Sekian informasi tentang Pantai Nguluran Jogja! Wisata ini telah dibuka kembali sejak 10 Juli 2020, sempat tutup 4 bulan karena pandemi Covid-19. Ayo, segera ke tempat wisata hits ini, beli tiket pesawat ke Jogja dan bersenang-senanglah, travellers! Ikuti terus artikel kami di blog.bookingtogo.com atau bisa dengan subscribe newsletter agar tidak ketinggalan informasi dari kami. Semoga artikel ini bermanfaat, Thank You!

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 15

Belum ada rating, segera rating artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here