Bagikan Artikel
5
(15)

BookingToGo – Halo, travellers! Hari ini kita akan membahas tentang Pulau Rinca yang lagi hangat diperbincangkan seluruh Indonesia. Pulau Rinca ini merupakan salah satu pulau dimana habitat Komodo berada. Iya, Komodo yang merupakan hewan purba yang masih hidup sampai sekarang dan hanya ada di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Sebenarnya habitat asli komodo ada di pulau komodo, namun Komodo juga ada di Pulau Rinca dan Gili Montang. Pulau Rinca ini letaknya ada di antara pulau komodo dan labuan bajo. Jika kamu ingin melihat komodo lebih dekat lagi, pulau Rinca adalah lokasi yang tepat karena memang komodo di pulau Rinca dibiarkan hidup liar disana. Biasanya wisatawan melihat komodo Pulau Rinca dengan mengunjungi Loh Buaya National Park.

Lokasi Pulau Rinca & Cara Mencapainya

Untuk mencapai pulau Rinca, kamu harus terbang ke bandara labuan bajo, Komodo Airport (LBJ) terdahulu. Setelah sampai disana kamu harus sewa kapal untuk menyebrang ke tujuan (Pulau Rinca). Berikut adalah letak pulau Rinca dilihat dari Google Map:

Daya Tarik Pulau Rinca Labuan Bajo

Pulau Rinca mempunyai daya tarik tersendiri loh yang membedakannya dengan pulau sekitar-nya seperti pulau komodo, pulau nusa kode, dan pulau padar. Daya tariknya adalah sebagai berikut:

  1. Salah satu tempat habitat Komodo

Pulau Rinca mempunyai kurang lebih sekitar 1.000 ekor komodo. Menurut masyarakat setempat komodo di pulau rinca dan pulau komodo memiliki perbedaan. Dari segi fisik, komodo di pulau rinca lebih kecil dan agresif. Hal ini dikarenakan kondisi lingkungan di pulau rinca lebih terik dan banyak padang savana. Selain itu, komodo di Pulau Rinca lebih kecil karena hewan buruan untuk komodo disana lebih sedikit. Berbeda dengan pulau komodo yang lebih banyak hutan sehingga lebih banyak hewan buruan untuk komodo.

  1. Memiliki Pantai dengan Pasir Putih

Pantai di pulau rinca terlihat sangat bersih dan putih. Terlihat masih sangat terawat dan indah dipandang mata. Lautnya juga sangat tenang dan biru bikin kamu merasa damai dan mengurangi stress. Pasti bikin kamu betah berada di pesisir pantai, apalagi jika kamu menyaksikan matahari terbenam di Pulau Rinca. Menikmati pantai di Pulau Rinca pasti bakal menjadi memori yang tidak akan terlupakan untuk kamu.

  1. Padang Rumput Savana yang Indah

Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya, Pulau Rinca hampir sebagian pulaunya di tutupi padang rumput savana sedangkan pulau komodo lebih banyak hutan. Rumput yang kecoklatan ini sangat menakjubkan, apalagi jika kamu melihat dari atas bukit luasnya padang savana dapat lebih terlihat jelas. Perpaduan padang rumput savana, berbagai bukit, dan lautan yang biru membuat kamu terpukau dengan keindahan alamnya.

  1. Doro Ora titik tertinggi di Pulau Rinca

Di Pulau Rinca ada gunung yang bernama Doro Ora. Doro ini adalah bahasa masyarakat setempat yang berarti gunung, dan ora artinya buaya darat / komodo. Kalau kita sebutnya komodo, namun masyarakat setempat di Pulau Rinca menyebut komodo dengan nama Ora. Jadi, jika digabungkan dari Doro Ora artinya adalah gunung komodo. Doro Ora ini ketinggiannya 670 mdpl (meter diatas permukaan laut). Dari atas Doro Ora, kamu bisa menikmati pemandangan rumput ilalang, padang savana, bukit, dan lautan. Serasa kembali ke alam, bukan? Cobain dong daki Doro Ora, pasti bakal seru deh travellers!

Harga Tiket Pulau Rinca Labuan Bajo

Harga tiket untuk ke Pulau Rinca saat ini harganya 50.000 rupiah/ orang. Ini belum termasuk biaya guide / ranger di Pulau Rinca ya, travellers. Harus bayar jasa ranger ya, travellers. Memangnya kamu mau jalan-jalan di tempat yang banyak komodo sendirian? dipandu oleh guide / ranger Pulau Rinca juga biar lebih aman, travellers.

Jam Buka Tutup Pulau Rinca Labuan Bajo

Jam buka wisata pulau rinca jam 08.00 dan tutupnya jam 18:00. Kalau bisa, jangan lama-lama di Pulau Rinca, cobain juga pergi ke Pulau Padar dan Pulau Komodo. Kalau jalan-jalan jangan hanya satu tempat saja, travellers! Sayang waktu liburannya dan tiket pesawat ke Labuan Bajonya.

 

Sekian artikel tentang Pulau Rinca-nya, travellers. Sebelum menutup artikel ini kami ingin menyampaikan untuk selalu ikuti intruksi dari guide / ranger di Pulau Rinca ya. Komodo itu hewan karnivora dan punya senyawa racun di rahang bagian bawah Komodo, jadi teruslah berjalan di belakang guide / ranger. Untuk wisatawan perempuan hindari mendatangi pulau Rinca saat datang bulan. Karena penciuman Komodo sangat tajam dan dapat mencium bau darah hingga jarak 5 km.

Ikuti terus artikel kami selanjutnya di blog.bookingtogo.com, travellers! Jangan lupa juga untuk subsribe newsletter disini : daftar newsletter. Thank You!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 15

Belum ada rating, segera rating artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here