Bagikan Artikel
Rate this post

Songkran Festival – merupakan perayaan tahun baru Thailand yang dilakukan oleh penduduk setempat dan wisatawan yang dirayakan pada bulan April setiap tahunnya. Festival ini biasanya berlangsung selama tiga hingga tujuh hari loh, dan untuk tahun ini Festival Songkran 2023 akan diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 13 sampai 15 April 2023 nih.

banner Festival Thailand
Perayaan Festival Tahun Baru Thailand Songkran (sumber: Flickr)

Dalam acara ini terdapat banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh warga setempat mulai dengan acara pembersihan kuil, upacara menyiram patung Budha atau biasa disebut “Bathing the Buddha“, membagikan makanan dan jubah ke Biksu, membuat patung budha dari pasir hingga pesta perang air bekas memandikan patung Budha. Salah satu kegiatan yang paling favorit dan ditunggu di Festival ini adalah pesta perang airnya. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang yang tepat untuk penduduk setempat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman dalam merayakan awal tahun baru Siam.

Festival ini ditandai dengan pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan serta saat Thailand sedang panas panasnya sehingga sangat cocok untuk kamu bermain perang air di Festival ini. Kata “Songkran” sendiri berasal dari bahasa Sanskerta, yang berarti “pergerakan matahari dari satu posisi ke posisi lainnya”, yang merujuk pada gerakan matahari dari zodiak Aries ke zodiak Taurus.

Sejarah Songkran Festival

The bathing buddha
Memandikan patung budha (sumber: Flickr)

Songkran Festival sendiri berasal dari era Kerajaan Sukhothai di Thailand pada abad ke-13, dimana para penduduk merayakan perayaan Tahun Baru dengan melakukan pembersihan rumah mereka, mandi di sungai, dan bersalaman dengan warga sekitar. Selama masa pemerintahan Raja Ramathibodi I pada abad ke-14, Festival ini menjadi lebih formal dan terorganisir dengan acara-acara seperti upacara persembahan, berupa makanan atau jubah baru untuk Biksu di kuil dan memandikan patung Budha.

Pada abad ke-19, Raja Rama V Chulalongkorn memindahkan Tahun Baru Siam dari bulan Maret ke bulan April guna mengikuti kalender Surya, yang digunakan oleh negara-negara seperti India dan Nepal. Setelah itu, Songkran Festival menjadi perayaan selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 13 April, dengan fokus pada upacara keagamaan, pembersihan rumah, dan budaya bersalaman.

Selama bertahun-tahun, Festival ini telah berkembang menjadi perayaan yang lebih besar dan meriah dengan pesta perang air massal yang menjadi ciri khas festival ini. Meskipun asal usul dari pesta perang air ini tidak jelas berasal dari mana, namun dapat diyakini bahwa tradisi pesta perang air bekas memandikan patung budha ini merupakan bentuk pembersihan diri dari dosa dan membawa keberuntungan di Tahun Baru. Sampai saat ini, pertarungan air menjadi acara yang sangat populer bagi wisatawan dan penduduk setempat dalam memperingati perayaan Tahun baru ini dengan menyiram air satu sama lain di jalanan.

Persiapan Mengikuti Perang Air di Songkran Festival

Buat kamu yang ingin ikut merayakan perang air di Festival Songkran, penting nih buat mempersiapkan diri dan mengetahui apa yang perlu dilakukan sebelum festival dimulai. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang perlu kamu ketahui:

1. Siapkan Rencana Keberangkatan

Sebelum merencanakan perjalanan ke Thailand, pastikan juga untuk memeriksa jadwal resmi Festival Songkran di kota atau daerah yang ingin dikunjungi. Untuk jadwal ini dapat berbeda-beda di setiap tempat dan biasanya berlangsung selama tiga hingga empat hari. Untuk lokasi festivalnya, minboo bisa sarankan untuk ke Khao San Road yang berada di Bangkok, Chiang Mai, dan Phuket, karena dikawasan tersebut biasanya akan ramai akan wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, pastikan juga untuk memesan akomodasi serta tiket pesawat dengan cukup waktu agar tidak kehabisan atau menjadi lebih mahal, pastikan juga untuk pesannya di BookingtoGo ya BTG Travellers.

Tiket Pesawat ke Thailand

2. Bawa pakaian yang cocok

Festival perang air thailand
Kamu akan saling menyiram air dalam festival ini (sumber: Flickr)

Selama perang air di Festival ini berlangsung, kamu bisa siapkan pakaian yang cocok untuk acara ini ya, yaitu pakaian yang nyaman dan mudah kering. Sandal, serta kacamata hitam juga akan sangat membantu kamu dalam pesta air ini. Selain itu, pastikan juga membawa baju ganti ya BTG Travelers, karena kamu dan wisatawan lain pasti akan saling menembaki air dari pertarungan air yang menjadi ciri khas festival ini.

3. Lindungi Peralatan Elektronikmu

melindungi gadget saat festival
Lindungi peralatan elektronikmu agar tidak rusak (sumber: Flickr)

Selain baju ganti, pastikan juga kamu membawa peralatan perlindungan yang dibutuhkan selama perang air seperti kantong plastik, atau peralatan penyimpanan barang elektronik lainnya. Ini sangat membantu juga melindungi ponsel, kamera, atau barang elektronik lainnya dari cipratan air selama festival.

4. Hormati Tradisi dan Budaya Lokal

pakaian Sopan saat festival tahun baru
Berpakaian sopan saat festival (sumber: Flickr)

Festival Songkran merupakan perayaan tradisional yang sangat penting dan sakral bagi masyarakat Thailand. Sebagai wisatawan, kamu juga harus menghormati tradisi dan budaya lokal setempat untuk menunjukkan rasa hormat dengan berpakaian sopan serta tidak merusak properti atau tempat suci disana. Selain itu wisatawan juga tidak diperbolehkan membawa atau mengonsumsi alkohol di tempat umum selama festival berlangsung.

Baca Juga: Tempat Belanja Murah di Bangkok (Krung Thep Maha Nakhon)

Festival ini merupakan pengalaman yang cukup unik dan menarik buat kamu dan wisatawan lain yang ingin merayakan perayaan Tahun Baru Siam secara tradisional. Dengan persiapan yang tepat dan pastinya mengikuti tradisi lokal yang berlaku selama festival, kamu pastinya dapat menikmati festival dengan aman dan nyaman. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen yang tak terlupakan selama Songkran Festival di Thailand ya BTG Travellers!


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...