Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Wisata di Bangka Belitung – Capek bekerja dari segala rutinitas pekerjaan? Jalan-jalan ke Bangka Belitung yuk BTG Traveler. Dengan keindahan wisata bahari dan cerita bersejarah yang menarik, Bangka Belitung worth it banget buat kamu kunjungi loh. Pada artikel ini, minboo mau rekomendasikan wisata di Bangka Belitung yang bagus buat kamu datangi disaat libur sekolah.

Baca Juga: 5 Ide dan Cara Mengisi Liburan Sekolah yang Bermanfaat di Rumah

1. Pantai Tanjung Tinggi

pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi by Sheru Kawa

Wisata pertama yang minboo rekomendasikan adalah pantai tanjung tinggi. Pantai tanjung tinggi dapat dikunjungi 31 km dari Tanjung Pandan, sekitaran 45 menit perjalanan dengan mobil. Kamu tau film laskar pelangi? iya, pantai tanjung tinggi adalah salah satu tempat shooting film laskar pelangi yang terkenal itu.

Pasir putih, laut yang tenang dan jernih, dengan ratusan granit raksasa yang menghiasi pantai sangat cocok untuk foto-foto dan disebarkan ke media sosial. Kamu juga bisa berenang, berjemur atau hanya sekedar bermain pasir di pantai tanjung tinggi. Disini juga banyak pedagang yang menjual makanan khas Belitung seperti ikan panggang, gong gong, dan sayuran seperti kangkung.

2. Pantai Kelayang dan Pulau Kepayang

Pantai Kelayang
Pantai Kelayang credit by sopie krai

Pantai tanjung kelayang dapat dikunjungi kurang lebih 27 km dari pusat kota tanjung pandan. Hamparan pasir putih, laut yang tenang, dan granit berbentuk garuda di depannya merupakan keunikan khas dari pantai ini. Biasanya turis jika ingin menuju pulau kepayang bisa dari pantai kelayangan dengan kapal maupun speedboat. Biayanya kurang lebih 50.000 – 70.000 per orang jika menggunakan kapal, biasanya kapal baru berjalan jika sudah sesuai kapasitas kapal (rombongan).

Jika kamu sudah sampai di pulau kepayang kamu bisa melihat penyu disini karena pulau kepayang merupakan pulau konservasi penyu, terumbu karang, dan eco tourism. Granit di pantai juga sangat indah dan bagus untuk foto-foto.

3. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri via Adi mulyexx_05

Jika kamu travelling ke bangka belitung, pantai parai tenggiri sangat direkomendasikan kalau kamu mau main water sport seperti banana boat, scuba diving, jet ski, parasailing, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  8 Wisata Labuan Bajo yang Wajib Dikunjungi

Jika kamu bermain parasailing, pantai parai tenggiri sangat indah dilihat dari atas. Laut yang jernih dan pasir yang putih sangat memanjakan mata. Jangan lupa untuk direkam momen kamu saat parasailing.

4. Air Terjun Gunung Pading

Air Terjun Gunung Pading
Air Terjun Gunung Pading via harry d79

Bosan dengan wisata pantai di bangka belitung, kamu bisa datang ke air terjun gunung pading. Lokasinya ada di desa mayang, Bangka Selatan untuk ke wisata ini kira-kira 60 km dari Toboali dapat ditempuh sekitar 1-2 jam perjalanan.

Air terjun gunung pading sangat asri dikelilingi pepohonan hijau dengan riuhnya suara air terjun membuat perasaan menjadi tenang dan nyaman. Kamu bisa berenang atau hanya sekedar foto untuk mengabadikan momen saat berada di air terjun gunung pading.

5. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi wisata di bangka belitung
Pantai Pasir Padi credit by Randy Hernando

Yang jadi keunikan dari pantai pasir padi adalah struktur pantainya yang landai dan kontur pasir yang padat. Lokasinya dekat dengan pusat kota pangkal pinang, sekitar 30 menit perjalanan dengan mobil.

Karena dekat dengan pusat kota pangkal pinang, pantai pasir padi tidak pernah sepi pengunjung. Pantai pasir padi juga sering diadakan event-event yang sudah tentunya menarik untuk turis yang datang berkunjung.

6. Museum Timah Pangkal Pinang

Museum Timah Pangkal Pinang wisata di bangka belitung
Museum Timah Pangkal Pinang credit by francisca journey

Bangka merupakan pulau yang kaya akan sumber daya alam timah sehingga pada masa penjajahan Belanda, penambangan timah banyak dilakukan. Pada tahun 1949, proklamator bangsa Soekarno dan Haji Agus Salim pernah tinggal di museum ini, ketika berunding dengan pemerintahan Belanda dan UNCI.

Sejak tanggal 2 Agustus 1997, tempat ini resmi dijadikan museum timah Indonesia. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi karena museum ini menyediakan banyak koleksi senjata bersejarah, batu dan mineral serta miniatur pertambangan timah. Kamu bisa mendatangi museum sekitar 5-10 menit dari pusat kota pangkal pinang dengan mobil atau sepeda motor.

Baca Juga:  6 Wisata di Solok yang Lagi Hits, dan Festival Tahunan yang Wajib Dikunjungi!

7. Batu Belimbing

Batu Belimbing wisata di bangka belitung
Batu Belimbing credit via pensi kurniawan

Wisata yang terletak di desa tanjung ketapang, Bangka Selatan ini membuat pemerintah setempat menjadikan batu yang berbentuk seperti lekukan belimbing ini sebagai tempat wisata yang ikonik dan dapat dikunjungi. Batu granit yang terbentuk karena proses perembesan ini tidak muncul begitu saja, tapi telah melalui proses alam yang panjang, Sehingga kamu yang datang kesini akan terasa terkesima dengan keunikannya.

8. Air Terjun Penyaber

Air Terjun Penyaber wisata di bangka belitung
Air Terjun Penyaber via Leeams Leo

Air terjun ini berada di bukit muntai dan memiliki tingkatan tangga di setiap air terjunnya loh, air terjun yang memiliki tinggi 10 – 12 meter. Lokasi air terjun ini berada di desa keposang, Bangka belitung pun kerap dimanfaatkan masyarakat untuk mandi dan berendam karena airnya yang masih relatif jernih dan suasananya yang masih asri.

9. Sungai Jeriji

Sungai Jeriji
Sungai Jeriji via Negeri Laskar Pelangi

Wisata terakhir yang berada di desa jeriji, bangka belitung dan berjarak sekitar 40 menit dari pusat kota Toboali ini sering kerap disebut little amazon karena dikelilingi hutan lebat di sepanjang sungainya bak sungai amazon. Karena banyak jenis hewan dan tumbuhan yang hidup disini, masyarakat sekitar juga sering memancing di sungai ini loh.

10. Bendungan Bidadari

Bendungan Bidadari wisata di bangka belitung
Bendungan Bidadari via Herry Gunawan

Berada di Desa Fajar Indah, Bangka Selatan, kamu disini bisa melihat pemandangan bendungan dan menikmati udara yang sejuk. Selain itu kamu pun nantinya bisa menyusuri jembatan bambu dengan hiasan payung ber warna warni di atasnya, dan pastinya sambil berfoto disekitarnya.

Terbang ke Bangka Belitung Pesan Akomodasinya di BookingToGo!

Bangka Belitung memiliki banyak wisata yang bisa kamu explore lebih banyak lagi. Jika sudah selesai explore Bangka Belitung, jangan lupa untuk beli souvenir. Di sepanjang jalan kampung katak Pangkal Pinang, maupun di kota Toboali dan pasar Belinyu menyediakan berbagai oleh-oleh seperti makanan khas Bangka seperti kericu, getas, kemplang dan juga ada berbagai kerajinan tangan yang bisa menjadi opsi souvenir kamu. Yuk Ikuti terus artikel dari kami dengan subscribe newsletter.

Promo Hotel dan Pesawat Paylater Indodana

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.