Bagikan Artikel

Capek bekerja dan segala rutinitas pekerjaan? Jalan-jalan saja ke Bangka Belitung. Dengan keindahan wisata bahari dan cerita bersejarah yang menarik, Bangka Belitung sangat worth it untuk dikunjungi. Pada artikel ini, BookingToGo akan merekomendasikan 6 wisata Bangka Belitung yang bagus untuk kamu kunjungi, berikut adalah ulasannya:

  1. Pantai Tanjung Tinggi

wisata bangka belitung pantai tanjung tinggi
Sumber: www.tempatwisata.pro

Rekomendasi pertama oleh BookingToGo, adalah pantai tanjung tinggi. Pantai tanjung tinggi dapat dikunjungi 31 km dari Tanjung Pandan, sekitaran 45 menit perjalanan dengan mobil. Kamu tau film laskar pelangi? iya, pantai tanjung tinggi adalah salah satu tempat shooting film laskar pelangi yang terkenal itu.

Pasir putih, laut yang tenang dan jernih, dengan ratusan granit raksasa yang menghiasi pantai sangat cocok untuk foto-foto dan disebarkan ke media sosial. Kamu juga bisa berenang, berjemur atau hanya sekedar bermain pasir di pantai tanjung tinggi. Disini juga banyak pedagang yang menjual makanan khas Belitung seperti ikan panggang, gong gong, dan sayuran seperti kangkung.

1. Pantai Kelayang dan Pulau Kepayang

wisata bangka belitung tanjung kelayang
Sumber: pertamag.blogspot.com

Pantai tanjung kelayang dapat dikunjungi kurang lebih 27 km dari pusat kota tanjung pandan. Hamparan pasir putih, laut yang tenang, dan granit berbentuk garuda di depannya merupakan keunikan khas dari pantai ini. Biasanya turis jika ingin menuju pulau kepayang bisa dari pantai kelayangan dengan kapal maupun speedboat. Biayanya kurang lebih 50.000 – 70.000 per orang jika menggunakan kapal, biasanya kapal baru berjalan jika sudah sesuai kapasitas kapal (rombongan).

Jika kamu sudah sampai di pulau kepayang kamu bisa melihat penyu disini karena pulau kepayang merupakan pulau konservasi penyu, terumbu karang, dan eco tourism. Granit di pantai juga sangat indah dan bagus untuk foto-foto.

2. Pantai Parai Tenggiri

wisata bangka belitung pantai parai tenggiri
Sumber: kaskus.co.id @engkoeh

Jika kamu travelling ke bangka belitung, pantai parai tenggiri sangat direkomendasikan jika kamu ingin main water sport seperti banana boat, scuba diving, jet ski, parasailing, dan lain sebagainya.

Jika kamu bermain parasailing, pantai parai tenggiri sangat indah dilihat dari atas. Laut yang jernih dan pasir yang putih sangat memanjakan mata. Jangan lupa untuk direkam momen kamu saat parasailing.

3. Air Terjun Gunung Pading

air terjun gunung pading
Sumber: www.tempatwisata.pro

Bosan dengan wisata pantai di bangka belitung, kamu bisa datang ke air terjun gunung pading. Lokasinya ada di desa mayang, Bangka Selatan untuk ke wisata ini kira-kira 60 km dari Toboali dapat ditempuh sekitar 1-2 jam perjalanan.

Air terjun gunung pading sangat asri dikelilingi pepohonan hijau dengan riuhnya suara air terjun membuat perasaan menjadi tenang dan nyaman. Kamu bisa berenang atau hanya sekedar foto untuk mengabadikan momen saat berada di air terjun gunung pading.

4. Pantai Pasir Padi

wisata bangka belitung pantai pasir padi
Sumber: https://id.m.wikipedia.org/

Yang menjadi keunikan dari pantai pasir padi adalah struktur pantainya yang landai dan kontur pasir yang padat. Lokasinya dekat dengan pusat kota pangkal pinang, sekitar 30 menit perjalanan dengan mobil.

Karena dekat dengan pusat kota pangkal pinang, pantai pasir padi tidak pernah sepi pengunjung. Pantai pasir padi juga sering diadakan event-event yang sudah tentunya menarik untuk turis yang datang berkunjung.

5. Museum Timah Pangkal Pinang

museum timah pangkal pinang
Sumber: https://commons.wikimedia.org/

Bangka merupakan pulau yang kaya akan sumber daya alam timah sehingga pada masa penjajahan Belanda, penambangan timah banyak dilakukan. Pada tahun 1949, proklamator bangsa Soekarno dan Haji Agus Salim pernah tinggal di museum ini, ketika berunding dengan pemerintahan Belanda dan UNCI.

Sejak tanggal 2 Agustus 1997, tempat ini resmi dijadikan museum timah Indonesia. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi karena museum ini menyediakan banyak koleksi senjata bersejarah, batu dan mineral serta miniatur pertambangan timah. Kamu bisa mendatangi museum sekitar 5-10 menit dari pusat kota pangkal pinang dengan mobil atau sepeda motor.

Bangka Belitung memiliki banyak wisata yang bisa kamu explore lebih banyak lagi. Jika sudah selesai explore Bangka Belitung, jangan lupa untuk beli souvenir. Di sepanjang jalan kampung katak Pangkal Pinang, maupun di kota Toboali dan pasar Belinyu menyediakan berbagai oleh-oleh seperti makanan khas Bangka seperti kericu, getas, kemplang dan juga ada berbagai kerajinan tangan yang bisa menjadi opsi souvenir kamu. Ikuti terus artikel/blog dari kami dengan subscribe newsletter, Thank You!

Rating Artikel:

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
1 votes | Rating: 5.00

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here