5 Ide dan Cara Mengisi Liburan Sekolah yang Bermanfaat di Rumah

menggambar saat libur sekolah
Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Liburan Sekolah – BTG traveler liburan sekolah sebentar lagi tiba loh, udah nyiapin rencana apa aja nih buat liburan? banyak yang berpikir untuk menghabiskan waktunya dengan bersantai, bermain game, atau hanya menghabiskan waktu di rumah. Namun, ada banyak cara untuk mengisi liburan sekolah yang bermanfaat loh, apalagi di rumah. Dalam artikel ini, minboo udah coba rangkum beberapa ide dan kegiatan yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi liburan sekolah dengan produktif dan bermanfaat nih, apa aja sih?

Baca Juga: Hotel Kids Friendly di Semarang, Buat Liburan Bareng Si Kecil!

Yuk Coba Buat Jadwal Liburannya Dulu

Sebelum memulai liburan di rumah, penting untuk membuat jadwal yang tertata agar kita bisa mengoptimalkan waktu luang dengan baik.

1. Coba deh tentukan tujuan liburanmu

Buku Catatan
Apakah kamu mau bersantai, mengeksplorasi minat baru, atau fokus pada pengembangan diri?

2. Tentukan lama liburanmu

Stopwatch liburan sekolah
Pilih berapa lama kamu mau menikmati liburan di rumah.

3. Rencanakan kegiatannya yuk

berfoto saat liburan sekolah
Buat daftar kegiatan yang ingin kamu lakukan selama liburan

4. Atur jadwal harian, mau ngapain aja?

kegiatan liburan sekolah
Tentukan waktu yang spesifik untuk setiap kegiatan dalam jadwal harian kamu.

Ide Kegiatan Liburan Sekolah yang Bisa Kamu Coba

1. Bersantai dan Menenangkan Diri

Liburan sekolah di rumah bisa jadi waktu yang sempurna buat kamu bersantai, chill dan menenangkan diri. Beberapa kegiatan ini bisa kamu lakukan nih, apa aja sih?

Membaca buku favorit

rak buku untuk liburan sekolah

Coba cek rak bukumu deh ada berapa buku yang sudah kamu beli dan cuma jadi pajangan aja? Yuk coba dibaca satu persatu. Kamu juga bisa menghabiskan waktu di sofa, halaman depan rumah, maupun kamar hanya dengan membaca loh.

Menonton film atau serial TV

Menonton Netflix saat liburan

Suka genre film apa nih BTG Traveler? Coba buat daftar film atau serial TV yang mau kamu tonton deh. Dengan list tersebut kamu bisa menikmati maraton film di rumah.

Mendengarkan musik

musik seharian liburan sekolah

Coba cek platform muskimu, lalu buat playlist musik favorit dan nikmati waktu untuk bersantai sambil mendengarkan lagu-lagu yang menyenangkan.

Bermeditasi atau melakukan yoga

Yoga saat liburan sekolah

Kamu bisa loh menciptakan ruangan yang tenang di rumah, lalu kamu bisa lakukan latihan meditasi atau yoga untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Museum Kekinian di Jakarta yang Bisa Mengisi Liburan Sekolahmu

Menulis jurnal

diary untuk tugas liburan sekolah

Gunakan waktu luangmu untuk merefleksikan pengalaman, tujuan, dan harapan. Tulis dalam jurnal atau buku catatanmu untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran. Apalagi kalau sudah masuk sekolah jurnalmu pasti bergunan nantinya untuk tugas menulis pengalaman saat liburan.

2. Mengembangkan Kreativitas

Liburan di rumah juga bisa jadi waktu yang tepat untuk mengembangkan kreativitas kamu loh BTG Traveler. Berikut beberapa ide untuk mengembangkan kreativitasmu

Melukis atau menggambar

Melukis saat liburan sekolah

Coba ambil kanvas, cat, atau pensil warna, dan ungkapkan kreativitasmu lewat seni visual. Jangan khawatir lukisan atau gambarmu jelek, kamu bisa kembangkan lagi kok.

Menulis cerita atau puisi

Menulis puisi saat liburan sekolah

Punya banyak waktu luang? kamu bisa gunakan waktu luang buat menulis cerita pendek ataupun puisi loh, siapa tau kamu bakal jadi seniman.

Mencoba masak atau membuat kue

memasak saat liburan sekolah

Daripada kamu hanya bisa makan saja, yuk coba buat resep baru, eksplorasi masakan favorit, atau belajar membuat kue yang lezat.

Membuat kerajinan tangan

membuat kerajinan handmade

Kamu bisa juga membuat kerajinan tangan, seperti membuat perhiasan, origami, atau merajut, untuk mengasah keterampilan kreatif mu yuk.

Membuat lagu atau musik

Membuat musik dengan gitar

Selain mendengarkan musik kamu pastinya punya banyak waktu luang kan? kamu juga bisa memiliki musik sendiri loh, coba luangkan waktu untuk berlatih atau menciptakan musik dengan bantuan alat musik digital, maupun tidak.

3. Belajar dan Mengembangkan Diri

Liburan di rumah juga bisa menjadi kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri loh. Berikut ini beberapa ide buat kamu belajar dan mengembangkan diri selama liburan sekolah

Mengambil kursus online atau bootcamp

webinar saat liburan

Manfaatkan kemudahan akses jaringan online untuk mengikuti kursus atau pelatihan dalam bidang yang diminati yuk, seperti fotografi, desain grafis, atau bahasa asing.

Membaca buku nonfiksi

membaca buku non fiksi

Coba cari buku nonfiksi tentang topik yang menarik buat kamu yuk, seperti pengembangan pribadi, sejarah, atau ilmu pengetahuan. Jadi kamu tidak hanya membaca buku fiksi aja nih.

Menjelajahi podcast atau audiobook

mendengar podcast

Kamu juga bisa mencari cari pengetahuan melalui podcast loh. Dengarkan podcast yang menginspirasi atau audiobook untuk memperluas pengetahuanmu sambil bersantai di rumah.

Baca Juga:  Yuk Beli 7 Oleh-Oleh Makanan Bali Kekinian ini Untuk Pacarmu

4. Jaga Kesehatan dan Kebugaran Waktu Liburan

Selain hal diatas, liburan di rumah juga bisa menjadi waktu yang baik buat menjaga kesehatan dan kebugaranmu. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan

Berolahraga di rumah

home workout

Kamu bisa juga mengikuti video latihan di rumah atau lakukan rutinitas latihan sederhana seperti yoga, pilates, atau latihan kardio.

Memasak makanan sehat

healthy food

Selain olahraga kamu juga bisa memasak makanan sehat dan bergizi untuk meningkatkan kesehatan loh.

Istirahat dan tidur cukup

tidur cukup

Manfaatkan liburan ini untuk memulihkan energi dengan beristirahat yang cukup dan tidur nyenyak setiap malam.

5. Menikmati Waktu Bersama Keluarga

Saat liburan sekolah di rumah, hal ini juga merupakan waktu yang tepat untuk menikmati momen berharga bersama keluarga. Kamu bisa ngapain aja sih?

Main bareng alias Mabar

main game online

Ajak seluruh anggota keluarga buat main game deh, seperti kartu, atau video game dari perangkat handphone atau hal lain yang menyenangkan.

Menonton film atau serial bersama

nobar

Pilih film atau serial TV yang disukai oleh seluruh keluarga dan nikmati waktu menonton bersama di ruang keluarga maupun diluar.

Memasak atau bakar bakar makanan bersama

membakar barbeque

Beli bahan bahannya, dan ajak keluargamu untuk ikut dalam persiapan bakar-bakar, memasak makanan, maupun membuat makanan penutup yang lezat bersama.

Liburan di Rumah maupun di Luar, Pesan Tiketnya di BookingToGo Dong.

Nah itu dia 5 rekomendasi kalau kamu mau liburan sekolah yang bermanfaat, kelimanya pun bisa kamu lakukan tanpa harus jauh dari rumah, tapi kalau kamu bosan dan memang ingin berlibur keluar rumah, pastinya kamu bisa pesan tiket pesawat, hotel dan kereta api di BookingToGo loh! Smart Booking, Easy Travel!

Promo Hotel dan Pesawat Paylater Indodana

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.