10 Makanan Khas Thailand yang Terkenal dan Wajib dicoba Saat Liburan

Bagikan Artikel
0
(0)
5/5 - (3 votes)

Makanan Khas Thailand yang TerkenalThailand, sebuah negara dengan seribu macam kuliner Asia Tenggara, negara inipun juga tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kelezatan makanan khasnya. Jika kamu berkunjung ke Thailand, jangan lupa buat mencicipi beberapa hidangan yang terkenal disini ya BTG Traveler. Nah minboo mau bahas terkait 10 makanan khas Thailand yang wajib kamu coba waktu liburan nih, apa aja sih?.

Baca Juga: Tempat Belanja Murah di Bangkok (Krung Thep Maha Nakhon)

Makanan Khas Thailand yang Terkenal dan Wajib Banget Dicobain

Berikut adalah makanan Thailand yang wajib banget kamu cobain ketika sudah berada di negara ini:

1. Tom Yum Goong

Makanan Khas Thailand yang Terkenal tom yum goong

Hidangan ini adalah sup pedas dan asam yang terkenal di Thailand dan merupakan sebuah perpaduan sempurna antara rasa pedas, asam, dan segar. Tom Yum Goong terbuat dari bumbu-bumbu segar seperti serai, daun jeruk, cabai merah, tomat, jamur, dan udang segar.

Tom Yum Goong sering disajikan hangat maupun panas, sebagai hidangan pembuka di restoran Thailand. Rasanya yang menyegarkan dan aromanya yang menggoda membuatnya sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner.

2. Pad Thai

pad thai

Mie goreng ini adalah Makanan khas Thailand yang terkenal. Merupakan hidangan dengan perpaduan sempurna antara mie, bumbu kacang, tauge, udang, telur, dan irisan kecil tahu. Rasanya yang gurih, manis, dan sedikit pedas membuatnya jadi makanan favorit di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Thailand.

Pad Thai sering dianggap sebagai makanan nasional Thailand dan menjadi hidangan yang populer di restoran dan kedai makan di seluruh negara tersebut. Rasanya yang lezat, tekstur mie nya yang kenyal, dan penggunaan bahan-bahan segar menjadikan Pad Thai sebagai hidangan yang sangat disukai oleh wisatawan yang berkunjung.

3. Som Tam (Papaya Salad)

Som tam thai kuliner khas thailand yang terkenal

Ini adalah salah satu hidangan sayuran yang populer di Thailand. Hidangan ini terbuat dari pepaya muda yang diiris tipis dan dicampur dengan bumbu-bumbu segar, menciptakan kombinasi rasa pedas, asam, dan segar yang khas.

Som Tam memiliki rasa pedas yang kuat, namun tetap segar dan asam karena penggunaan jeruk nipisnya, selain itu kacang tanahnya memberikan rasa renyah dan tekstur yang menambahkan cita rasa unik dalam hidangan ini. Som Tam biasanya juga disajikan dengan sayuran segar seperti mentimun, mentimun cina, dan kubis sebagai pelengkap.

4. Massaman Curry

Makanan Khas Thailand yang Terkenal massaman curry

Kuliner ini merupakan hidangan kari khas Thailand yang memiliki campuran rasa gurih, manis, dan rempah-rempah yang kaya. Makanan ini biasanya terbuat dari daging sapi, kentang, bawang bombay, dan kacang tanah yang dimasak dalam saus kari kental.

Massaman Curry adalah salah satu hidangan kari yang terkenal di Thailand. Meskipun memiliki pengaruh Timur Tengah dan India dalam rasa dan bumbunya, Massaman Curry telah diadaptasi menjadi hidangan yang khas dalam masakan Thailand. Rasanya yang unik dan kompleks membuatnya menjadi favorit di restoran dan rumah-rumah makan di seluruh Thailand.

5. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

Atau dalam bahasa Thailand disebut Khao Niao Mamuang, Hidangan ini terdiri dari nasi ketan kukus yang disajikan dengan irisan mangga matang dan disiram dengan santan manis.

Mango Sticky Rice sering dijadikan hidangan penutup di restoran dan kedai makan di Thailand. Kelezatan dan kenyamanan hidangan ini membuatnya menjadi favorit di antara wisatawan dan penduduk lokal. Selain itu, mangga yang digunakan dalam hidangan ini merupakan salah satu buah tropis yang paling terkenal di Thailand.

6. Green Curry

Thai green chicken curry

Atau dalam bahasa Thailand disebut Gaeng Keow Wan, adalah hidangan kari hijau yang terkenal di Thailand. Hidangan ini terdiri dari campuran daging atau makanan laut dengan sayuran yang dimasak dalam saus kari hijau yang kaya rempah.

Green Curry adalah salah satu hidangan kari yang terkenal di Thailand dan menjadi favorit di restoran dan rumah-rumah makan. Rasanya yang kaya dan kompleks membuatnya menjadi pilihan yang populer di antara penduduk lokal dan wisatawan.

7. Pad Kra Pao

Pad Kra Pao

Sebuah hidangan tumis khas Thailand yang terkenal dengan rasa pedas dan aromatik. Hidangan ini terdiri dari daging cincang (seperti daging sapi atau ayam), bawang putih, cabai, daun kemangi, dan saus yang kaya rasa.

Pad Kra Pao sering dijadikan hidangan sehari-hari di Thailand dan dapat ditemukan di restoran pinggir jalan, kedai makan, atau rumah-rumah makan. Rasanya yang pedas dan gurih membuatnya populer di kalangan penduduk lokal dan juga disukai oleh banyak turis.

8. Tom Kha Gai

Makanan Khas Thailand yang Terkenal tom kha gai

Tom Kha Gai memiliki bahan utama berupa potongan daging ayam yang dimasak dalam kuah santan yang kental, yang dipadukan dengan rempah-rempah dan bahan-bahan segar.

Rasa dari Tom Kha Gai sangat unik dengan perpaduan rasa gurih, manis, pedas, dan sedikit asam. Santan memberikan kekayaan gurih dan lembut pada kuah, sementara rempah-rempah memberikan aroma yang segar dan menggugah selera. Daging ayam yang dimasak dalam kuah menjadi empuk dan lezat, serta memberikan protein yang bergizi dalam hidangan ini.

9. Khao Pad

Khao Pad Makanan Khas Thailand yang Terkenal

Sebuah hidangan nasi goreng yang populer dari Thailand. Khao Pad terdiri dari nasi yang digoreng dengan bumbu-bumbu dan bahan tambahan seperti daging, seafood, sayuran, atau telur.

Khao Pad biasanya disajikan dengan irisan mentimun atau tomat sebagai pelengkap, serta dapat disertai dengan saus cabai atau perasan air jeruk nipis untuk memberikan rasa segar dan pedas. Hidangan ini dapat disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan loh.

10. Kaeng Phet

Kaeng phet Makanan Khas Thailand yang Terkenal

Buat kamu yang suka makan pedas, kamu wajib mencoba kuliner satu ini, berupa hidangan kari pedas yang berasal dari Thailand. Juga dikenal sebagai Red Curry, Kaeng Phet terkenal dengan rasa pedas yang kuat, kaya rempah, dan warna merah yang mencolok.

Kaeng Phet merupakan salah satu hidangan kari yang populer di Thailand dan diminati karena kepedasan dan kekayaan rempah-rempahnya. Rasanya yang kaya, pedas, dan beraroma akan memuaskan pencinta makanan pedas dan penggemar hidangan kari.

Terbang ke Thailand Yuk, Beli Tiket Pesawat dan Hotelnya di BookingToGo!

Itulah 10 makanan khas Thailand yang wajib kamu coba saat liburan di negeri gajah putih ini. Langsung aja jelajahi kelezatan kuliner Thailand dan nikmati sensasi rasa yang khas dari setiap hidangannya. Dimulai dengan sup pedas Tom Yum Goong hingga Kaeng Phet yang ikonik. Serta jangan lupa, kamu harus rencanakan liburanmu bersama BookingToGo dengan pesan Tiket Pesawat dan Hotelnya ke Thailand! Smart Booking, Easy Travel!

Promo Hotel dan Pesawat Paylater Indodana

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like