Bagikan Artikel
Rate this post

8 Tempat Untuk Melihat Milky Way – Bicara tentang liburan, mungkin saat ini kita sudah sering kali menemukan destinasi wisata yang menawarkan pemandangan, serta panorama alam yang indah.

Namun jika mungkin kamu bosan dengan hal tersebut, kamu boleh banget nih coba untuk liburan sembari menikmati indahnya Milky Way di langit malam.

Buat yang belum tau, Milky Way sendiri merupakan pemandangan Galaxy Bima Sakti yang tersusun di tata surya, dan menampilkan pemandangan yang indah.

Milky Way sendiri bisa dilihat dengan mata telanjang dari kawasan dataran tinggi, pada malam hari. Namun, momen seperti ini hanya bisa dinikmati ketika langit malam tidak berpolusi, ataupun mendung.

8 Tempat Untuk Melihat Milky Way di Indonesia

Untuk itulah, jika mungkin kamu penasaran dan ingin menikmati keindahan Milky Way pada langit malam, berikut ini ada rekomendasi tempat untuk melihat Milky Way yang bisa kamu temukan di Indonesia, seperti:

1. Gunung Bromo, Jawa Timur

Milky Way Gunung Bromo
via explorebromo.com

Selain dikenal dengan spot terbaik untuk menikmati sunrise serta pemandangan alam yang indah, ternyata Gunung Bromo di Jawa Timur juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati Milky Way yang indah.

Dan waktu yang disarankan untuk melihat indahnya Milky Way di Gunung Bromo adalah mulai pukul 21.00 hingga pukul 04.00 dengan kondisi langit yang cerah dan tidak mendung.

Untuk itu, jika kamu berencana untuk menikmati Milky Way di Gunung Bromo, pastikan dulu kamu sudah memiliki penginapan di sekitar Gunung Bromo, atau mengikuti paket tour Gunung Bromo.

2. Ranu Kumbolo Gunung Semeru, Jawa Timur

Milky Way Ranu Kumbolo Gunung Semeru
via i.pinimg.com

Selanjutnya ada Ranu Kumbolo, yang juga menjadi spot terbaik untuk melihat Milky Way. Pasalnya, lokasi ini masih sangat terjaga ke-asriannya dan tidak memiliki banyak cahaya.

Karena kondisi yang minim cahaya inilah, ketika langit malam disekitar Ranu Kumbolo sedang cerah, kamu bisa melihat hiasan bintang dan juga Milky Way yang sangat indah, dengan mata telanjang.

Tentunya, momen ini juga patut untuk diabadikan dan dibagikan ke sosial media.

3. Tanjung Papuma, Jember

Milky Way Tanjung Papuma
via piknikdong.com

Berbeda dengan dua tempat sebelumnya, selain menikmati indahnya pemandangan Milky Way, di Tanjung Papuma ini kamu bisa besantai sembari menikmati deburan ombak dan juga suasana yang asri.

Keindahan Milky Way yang terlihat juga akan semakin terpancar dengan adanya pantulan dari air laut di pinggir Pantai Tanjung Papuma, yang begitu menawan.

4. Dieng Wonosobo, Jawa Tengah

Milky Way DIeng Wonosobo
via i.pinimg.com

Selain dikenal dengan kawasan pegunungan yang indah dan udara yang sejuk, DIeng juga menjadi spot untuk melihat Milky Way yang harus kamu kunjungi.

Pasalnya, selain menikmati keindahan Galaxy Bima Sati yang tersusun rapi, kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan di sekitar pegunungan Dieng, yang dilengkapi dengan Candi yang ada di sekitarnya.

5. Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta

Milky Way Pantai Gunung Kidul
via Twitter/jogjatoday

Kawasan Daerah Istimew Yogyakarta memang dikenal dengan beragam wisata pantainya yang menawan. Tapi siapa sangka, jika kamu berkunjung ke Pantai Gunung Kidul pada malam hari, kamu bisa menikmati indahnya gugusan bintang atau Milky Way yang sangat indah.

Sebenarnya tak hanya di Pantai Gunung Kidul saja, melainkan hampir di beberapa pantai sekitar Gunung Kidul, bisa kamu sambangi untuk menikmati Milky Way, seperti:

  • Pantai Krakal
  • Pantai Drini
  • Pantai Wedi Ombo atau Pantai Greweng

6. Merapi Park, Jawa Tengah

Milky Way Merapi Park
via orami.co.id

Selain Gunung Bromo yang ada di Jawa Timur, kamu juga bisa kok menikmati potret indahnya Milky Way yang menawan dari kawasan pegunungan merapi, atau yang kerap dikenal dengan Merapi Park.

Kawasan ini juga kerap menjadi spot terbaik untuk melihat Milky Way pada malam hari, dan ketika langit tidak mendung.

7. Segara Anak, NTB

Milky Way Segara Anak
via travelingyuk.com

Segara Anak, salah satu kawasan wisata yang cukup terkenal di NTB ini, juga menjadi pilihan para wisatawan untuk menikmati indahnya Milky Way.

Kebayang dong, gimana indahnya duduk di pinggir danau sembari menyaksikan indahnya Milky Way di langit malam yang indah?

Kamu juga bisa kok membawa alas berupa tikar jika ingin duduk atau sembari merebahkan badan menikmati keindahan Milky Way di sekitar Segara Anak, dengan tetap menjaga kebersihan sekitar, ya.

8. Gunung Gede, Jawa Barat

Milky Way Gunung Gede
via phinemo.com

Selain menjadi spot favorit untuk para pendaki yang ingin melihat keindahan bunga edelweiss, ternyata Gunung Gede juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati keindahan Milky Way pada malam hari.

Mungkin bisa dibayangkan sendiri, bagaimana indahnya mendaki ke puncak Gunung Gede sembari menikmati pemandangan Milky Way yang sangat menawan.

Ditambah lagi, rute untuk sampai ke Gunung Gede tidak terlalu jauh dan sulit sebab masih bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.


Dan itulah tadi beberapa rekomendasi tempat untuk melihat Milky Way. Gimana nih? Tertarik untuk menjelajah salah satu tempat di atas?


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...