Bagikan Artikel
Rate this post

Curug Ciarjuna – Ngomongin tentang curug, mungkin para traveler yang senang dengan keindahan alam sudah tak asing dengan nama tempat ini.

Menjadi salah satu keindahan alam yang banyak di gandrungi para wisatawan, curug memang selalu menadi pilihan untuk melepas penat sembari bermain air dan menikmati keindahan alam.

Sebagaimana kita tau, curug di Indonesia sendiri biasa kita temukan di beberapa tempat, dan salah satunya adalah di tengah hutan.

Dan salah satu daerah yang memiliki banyak curug adalah kawasan Jawa Barat, karena kawasan yang terletak di dataran tinggi ini, masih menyimpan banyak sekali keindahan alam yang belum terjamah para pengunjung.

Itulah mengapa, kita bisa menemukan banyak jenis curug di daerah Jawa Barat, seperti Cirebon, Bogor, Bandung, dan Garut.

Nah, salah satu curug yang cukup terkenal namun jarang terjamah para pengunjung adalah Curug Ciarjuna. Curug ini memang terletak di tengah hutan dan jauh dari pusat Kota Garut.

Curug Ciarjuna Garut
via garutselatan.info
Suasana di Curug Ciarjuna
via Twitter/JelajahGarut

Kendati demikian, tempat ini sangat cocok untuk para pengunjung yang memang senang bertualang kedalam hutan demi mendapatkan view atau keindahan alam yang tersembunyi.

Untuk bisa sampai ke Curug Ciarjuna ini, kamu bisa melewati beberapa rute alternatif, yaitu melalui jalan Desa Pakenjeng Kecamatan Pamulihan atau melalui jalur perkebunan teh Sumadra Kecamatan Cikajang.

Sesampainya di Desa Penawa, kamu bisa bertanya kepada warga sekitar tentang lokasi dari Curug Ciarjuna. Biasanya, kamu akan diarahkan ke PLTMH atau Pembangkit Listrik Tenaga Mikro-Hidro karena memang Curug ini berada di area PLTMH.

Setibanya di PLTMH, kamu akan langsung diminta untuk mengisi data tamu oleh security. Dan sesampainya di Curug Ciarjuna, kamu bisa langsung menikmati indahnya pemandangan curug dan juga hutan yang cukup hijau, dan suara air terjun yang menenangkan.

Selain itu, kamu juga bisa kok membawa perlengkapan berkemah seperti tenda, kompor, panci, sembari menikmati keindahan alam serta Curug Ciarjuna yang menawan. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan di sekitar area Curug Ciarjuna, ya.


Dan itulah tadi ulasan singkat mengenai Curug Ciarjuna yang merupakan keindahan alam tersembunyi yang ada di Garut. Gimana nih, tertaruk untuk bertualang ke curug indah yang satu ini?


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...