Bagikan Artikel
Rate this post

BookingToGoDanau Labuan Cermin merupakan destinasi wisata air yang terletak di Kalimantan Timur, yang menawarkan pesona menarik untuk para wisatawan yang ada.

Sesuai dengan namanya, Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih, sehingga kamu bisa me-refleksikan atau memantukan pandanganmu ketika berada disini.

Danau ini terbilang unik, karena kamu bisa melihat sampai ke dasar danau, yang mana di dasar danau tersebut kamu akan menemukan biota laut seperti terumbu karang, dan juga penyu.

Danau Labuan Cermin

danau-labuan-cermin-kalimantan-timur
Sumber: Instagram @samsul_se (2019)

Loh, kok di danau ada terumbu karang dan juga penyu di dasar Danau Labuan Cermin? Untuk menjawab penasaranmu, kami sudah menyiapkan ulasan lengkap tentang Danau Labuan Cermin.

Lokasi Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Jika kamu dari luar pulau, Kamu harus naik pesawat menuju bandara Kalimarau Tanjung Redeb.

Lalu kamu akan menempuh perjalanan ke Desa Labuan Kelambu sekitar 6 – 8 jam dengan mobil. Biar tidak binggung, cek langsung di Google Maps:

Berapa Harga Tiket Masuk Danau Labuan Cermin? 

Kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk ke danau Labuan Cermin. Perlu kamu ketahui, untuk pergi ke danau Labuan Cermin kamu bisa dengan akses darat atau akses laut.

Jika kamu ingin menggunakan akses air, berarti kamu harus menggunakan perahu. Nah, berikut adalah biaya sewa perahunya:

Biaya Sewa Perahu Danau Labuan Cermin
1 Kapal (10 orang) / Pulang Pergi 100.000
Asuransi 3.000

 

Lokasi dermaga Labuan Cermin ini berada di Jl. Majahaba. Biar kamu tidak binggung, coba cek langsung di Google Maps ini:

Nah, kalau kamu ingin mennggunakan akses darat, kamu dapat melalui gerbang Tracking Labuan Cermin.

Kamu tidak perlu bayar apa-apa jika melewati akses ini, hanya saja kamu akan lebih capek karena harus jalan kaki.

Dari gerbang perbatasan kabupaten Berau ini, kamu tinggal belok kiri, dan akan ada jalan kecil menuju akses darat Danau Labuan Cermin:


Gambar gerbang trekking danau Labuan Cermin (akses darat), seperti ini:

gerbang-trekking-labuan-cermin
Sumber: www.youtube.com (2021), Channel: Anak Pedalaman

Daya Tarik Danau Labuan Cermin

danau-dua-rasa-labuan-cermin
Sumber: Instagram @twan.0020 (2021)

Julukan Danau Dua Rasa

Danau Labuan Cermin mempunyai julukan Danau Dua Rasa dan itu ada alasannya loh. itu karena danau labuan cermin mempunyai aliran air asin di bawah danau, dan aliran air tawar di permukaan danau.

Hal ini dikarenakan Danau Labuan Cermin terdapat mata air tawar dan air laut yang saling bertemu. Sehingga kamu bisa melihat penyu di bawah danau labuan cermin, karena mempunyai aliran air asin dari laut Sulawesi.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Makassar Yang Indah, Hits, & Wajib Dikunjungi!

Air Danau Jernih dan Alam yang Asri

Kamu tau kenapa disebut sebagai Labuan Cermin? Karena danau ini memang sangat jernih sekali, bagai surga tersembunyi karena alamnya sangat terjaga.

Kamu bahkan bisa melihat dasar danaunya seperti cermin yang merefleksikan keindahan dalam air. Airnya juga dingin, kamu boleh loh berenang atau snorkeling disini.

Biota Air Tawar dan Laut

Seperti ibarat air dan minyak yang tidak bisa bersatu, kita paham kalau ikan air tawar tidak bisa hidup di air laut dan begitu pula sebaliknya.

Tetapi hanya di danau Labuan Cermin kamu bisa melihat biota laut dan air tawar berkumpul bersama. Inilah yang menjadi keunikan dan daya tarik utama dari danau Labuan Cermin.

Aktivitas Wisata Danau Labuan Cermin

snorkeling-di-danau-labuan-cermin
Sumber: Instagram @chelsinakong (2017), Credit: @siew_fly

Snorkeling atau Berenang Asyik di Labuan Cermin

Meski jika kamu lihat dari permukaan danau terlihat dangkal, sebenarnya danau Labuan Cermin ini cukup dalam loh.

Kedalaman danau Labuan Cermin bisa mencapai 4 – 5 meter, dan cocok banget untuk aktivitas snorkeling. Jika kamu tidak membawa peralatannya, jangan khawatir! Ada tempat penyewaan alat snorkeling dan biayanya cukup terjangkau.

Untuk harga sewa alat snorkeling bervariasi, kira-kira sekitar 20.000 – 30.000 rupiah. Selain alat snorkeling, kamu juga bisa sewa pelampung yang harganya sekitar 15.000 – 20.000 rupiah saja. Kami rasa harganya cukup terjangkau, bukan?

Piknik di Tempat Nyantai yang disediakan Pengelola

Di danau Labuan Cermin ada tempat lapang terbuka hijau yang bisa kamu gunakan untuk piknik bersama teman atau keluarga. Kamu bisa gelar tikar lalu makan-makan bersama keluarga atau teman sambil menikmati suasana sekitar yang hijau nan sejuk.

Naik Perahu Sambil Menikmati Pemandangan

Seperti yang pernah kami katakan sebelumnya, kamu bisa naik perahu ke danau Labuan Cermin. Saat perjalanan dengan perahu, kamu bisa menikmati pemandangan sekitar sambil foto-foto. Jangan lupa untuk memakai pelampung keselamatan saat naik perahu ya, biar kamu juga lebih aman.

Oh ya, untuk informasi saja untuk kamu. Kamu tidak diperbolehkan untuk memancing di danau Labuan Cermin, ya.

Walaupun kenyataannya banyak ikan di danau Lanbuan Cermin, agar kelestarian alamnya terjaga wisatawan tidak diperbolehkan untuk memancing disana.

Sekian informasi tentang danau Labuan Cermin, semoga bermanfaat ya untuk pembaca setia blog.bookingtogo.com!


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...