Bagikan Artikel
5
(4)

BookingToGo – Hallo, BTG Travellers! Di Jawa Timur ada banyak menyimpan banyak pesona wisata alam yang cakep loh. Buat kamu yang udah punya rencana liburan ke daerah Jawa Timur, cocok banget kalo rekomendasi wisata ini bisa dijadikan bucketlist liburan kalian nanti! BookingToGo sudah merangkum beberapa tempat wisata di Jawa Timur yang populer dan instagramable. Yuk di simak, berikut ulasannya:

Tempat Wisata di Jawa Timur yang Populer dan Instagramable

    1. Gunung Bromo

      gambar-gunung-bromo
      Sumber: Instagram @bbtnbromotenggersemeru (2019)

      Siapa yang tidak tau wisata ini? Gunung Bromo sudah lama terkenal di Jawa Timur, jadi kami tidak bisa mengabaikan destinasi wisata ini untuk di review. Bisa dikatakan kalau gunung Bromo ini merupakan tempat wisata di Jawa Timur yang wajib dikunjungi. Gunung berkawah yang dikelilingi hamparan pasir yang luas, bikin siapa saja yang melihatnya bakal terpesona dengan keindahannya.

      Kalau kamu mendaki ke puncak gunung saat sore hari, pemandangan matahari terbenam dari atas puncak gunung Bromo sangatlah instagramable. Kamu juga bisa menyewa kuda untuk naik ke Gunung Bromo dengan merogoh kocek sekitar 150.000 untuk pulang pergi (PP), dan jangan lupa untuk pakai jaket ya, soalnya suhu di gunung Bromo sangat dingin.

    2. Batu Flower Garden

      batu-flower-garden-salju-eskimo
      Sumber: Instagram @batuflowergarden.cobanrais (2019)

      Untuk destinasi wisata Jawa Timur selanjutnya adalah Batu Flower Garden. Wisata Batu Flower Garden merupakan wisata alam yang mempunyai taman bunga dan air terjun. Dulu wisata ini dinamakan Coban Rais, namun di tahun 2016 ganti nama jadi Batu Flower Garden. Walau disebut taman bunga, pengelola wisatanya menyediakan banyak spot foto yang instagramable loh.

      Terdapat cukup banyak spot untuk berfoto seperti: gerbang torii, igloo, rumah hobbit, sky tree, rumah jamur, dan lain-lainnya. Selain tempat yang instagramable, Batu Flower Garden juga menyediakan wahana bermain seperti sepeda gantung dan paintball. Seru deh pokoknya! Pastikan kamu berkunjung ke wisata Jawa Timur satu ini.

      Baca Selengkapnya: Wisata Batu Flower Garden Malang: Harga Tiket Masuk & Wahana.

    3. Jawa Timur Park

      milenial-glow-garden-jatim-park-3
      Sumber: Instagram @jawatimurpark (2021), Credit: @ikaaoctav

      Jawa Timur Park adalah tempat rekreasi yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Biasa dikenal dengan nama Jatim Park. Wisata Jawa Timur Park ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Setiap bagian, mempunyai wahana dan konsep yang berbeda. Alamatnya juga berbeda-beda di setiap bagiannya.

      Jatim Park 1 merupakan taman belajar dan rekreasi, ada museum, science center, dan aneka wahana menantang andrenalin seperti roller coaster, tornado, pendulum 360, dan lain sebagainya. Sedangkan Jatim Park 2 merupakan taman pembelajaran satwa dan rekreasi, kamu disini bisa melihat aneka satwa dari yang hidup di darat maupun laut. Kalau Jatim Park 3 merupakan taman yang mempelajari dinosaurus atau satwa lain yang telah punah. Selain dino park, di Jatim Park 3 ada wahana Millenial Glow Garden, Museum Musik Indonesia, Fun Tech Plaza, dan masih banyak lagi. Cobain deh Millenial Glow Garden, wahana itu cukup populer dan sangat instagramable. Kamu bisa mempelajari Jatim Park 3 lebih lengkap disini: Jatim Park 3 Malang.

    4. Batu Night Spectacular

      batu-night-spectacular-foto
      Sumber: Instagram @batunightspectacular (2016)

      Nah, wisata Jawa Timur yang populer dan Instagramable selanjutnya adalah Batu Night Spectacular. Wisata ini masih dibawah naungan Jawa Timur Park Group, loh. Batu Night Spectacular merupakan taman hiburan yang mempunyai wahana asyik dan bukanya sampai setengah 10 malam. Disini ada wahana yang menantang andrenalin, seperti tornado, ontang anting, rodeo, gokart, dan masih banyak lagi. Selain itu, Batu Night Spectacular juga ada wahana seru lainnya seperti trick art gallery dan rumah hantu. Wahananya sangat lengkap kok, ada sekitar 33 wahana. Jadi, silahkan kamu coba telusuri saja tempat wisatanya.

      Baca Juga: Hutan Bambu Surabaya: Wisata Hits & Instagramable di Keputih Surabaya.

    5. Air Terjun Tumpak Sewu

      air-terjun-tumpak-sewu
      Sumber: Instagram @tumpaksewu (2021)

      Air terjun Tumpak Sewu merupakan wisata air terjun yang berlokasi di Kecamatan Pronojiwo, Kebupaten Lumajang. Air terjun ini terbentuk dari aliran sungai Glidih, dan mata airnya datang dari Gunung Semeru. Sesuai namanya, Tumpak yang artinya kumpulan, dan Sewu yang artinya seribu. Air terjun ini agak berbeda dengan air terjun pada umumnya, Tumpak Sewu cukup unik karena berbentuk lebar seperti tirai, karena aliran air Sungai Glidik yang melebar.

      Wisata air terjun Tumpak Sewu agak sulit untuk di kunjungi, karena akses menuju lokasi yang sangat licin dan curam. Kamu harus berjalan sekitar 10 – 15 menit dari tempat parkir kendaraan, cukup melelahkan memang. Tetapi saat kamu sudah sampai tujuan, rasa capeknya pasti akan hilang ketika melihat keindahan air terjunnya. Karena banyak orang mengatakan bahwa air terjun Tumpak Sewu ini merupakan salah satu dari air terjun terindah di pulau Jawa.

      Pemandangannya sangat indah, kadang kamu bisa melihat pelangi juga. Yang jelas, kalau kamu foto disini hasilnya pasti bakal bagus dan instagramable. Cobain deh datang ke air terjun Tumpak Sewu, dijamin tidak nyesel.

      Baca Juga: Tempat Nongkrong di Surabaya yang Hits, Nyaman, dan Murah Meriah.

    6. Taman Nasional Baluran

      gambar-taman-nasional-baluran
      Sumber: Instagram @btn_baluran (2021)

      Apakah kamu tau padang savana? Jika tau, seperti itulah pemandangan dari Taman Nasional Baluran. Banyak orang mengatakan bahwa Taman Nasional Baluran ini sebagai Africa van Java, karena memang pemandangan alamnya seperti di Afrika. Disini ada sekitar 26 jenis hewan, contoh hewan seperti: kerbau, banteng, macan tutul, kancil, kijang, dan lain-lainnya.

      Sebenarnya ada banyak orang yang mengendarai motor disini, tetapi kami rasa jangan naik motor, ya. Lebih baik kamu naik mobil saja, agar lebih aman juga. Disini ada spot foto yang bagus loh, dengan latar padang savana dan gunung Baluran. Biar kamu foto lebih instagramable, lebih baik kamu datangnya pada musim kemarau saat rumput padang savananya berwarna kuning. Musim kemarau di Indonesia sekitar bulan Mei sampai September.

    7. Air Terjun Madakaripura

      gambar-air-terjun-madakaripura-probolinggo
      Sumber: Instagram @airterjunmadakaripura (2020)

      Taukah kamu kalau Air terjun Madakaripura adalah air terjun tertinggi ke dua di Indonesia? Ini karena ketinggian air terjun Madakaripura mencapai 200 meter. Jika patung liberty tingginya 93 meter, berarti tinggi air terjun ini setidaknya 2 kali Patung Liberty dan itu masih tetap lebih tinggi air terjun Madakaripura

      Untuk ke air terjun Madakaripura, kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra. Karena kamu harus berjalan setidaknya 1 km dari tempat beli tiket untuk sampai ke tujuan. Tetapi saat sudah sampai, kamu akan dimanjakan oleh keindahan air terjun Madakaripura yang instagramable banget. Oh ya, saat berkunjung ke wisata ini, jangan lupa bawa jas hujan dan baju ganti ya. Karena nanti kamu akan melewati deretan air terjun, jadi kamu akan terkena percikan atau rintikan air terjun. Kalau kamu misalnya terlanjur tidak bawa, jangan khawatir! Di area air terjun ada yang jual jas hujan juga kok. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati juga, karena jalanannya cukup berbatu dan licin. Jadi, jangan sampai terpeleset ya!

    8. Pantai Pulau Merah

      gambar-pantai-pulau-merah-banyuwangi
      Sumber: Instagram @pulaumerah_official (2021), Credit: @estpr

      Nah, untuk wisata ini cukup populer di Jawa Timur. Pantai Pulau Merah ini merupakan wisata pantai yang mempunyai pulau di dekat tepi pantainya. Dinamakan pulau merah karena pulau ini mempunyai tanah berwarna merah. Pulau merah tersebut hanya bisa kamu datangi saat air pantai surut. Tidak banyak yang bisa kamu lakukan di Pantai Pulau Merah, paling kamu pergi ke Pura Tawang Alun yang biasa umat Hindu lakukan untuk upacara Melasti atau Mekiyis.

      Selain pergi melihat Pura, di Pantai Pulau Merah kamu bisa melakukan aktifitas berselancar juga. Ketinggian ombaknya tidak terlalu tinggi juga, mirip dengan di pantai kuta di Bali. Jika kamu tidak bisa berselancar, berfoto saja buat konten media sosial kamu. Saat sunset Pantai Pulau Merah ini sangat indah dan instagramable, loh.

    9. Kawah Ijen

      gambar-kawah-ijen
      Sumber: Instagram @twakawahijen_official (2021)

      Wisata ini merupakan wisata kawah danau yang terletak di gunung Ijen. Kawah Ijen ini sangat populer bahkan sampai di luar negeri loh. Karena di Kawah Ijen kamu bisa melihat fenomena blue fire. Taukah kamu? Hanya ada 2 tempat dimana kamu bisa melihat fenomena blue fire di seluruh dunia, yaitu hanya di Kawah Ijen atau di Islandia. Oleh karena itu, Kawah Ijen banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

      Oh ya, jika kamu ingin berkunjung ke kawah Ijen, kamu jangan jalan sampai ke tepian kawah ya. Soalnya, kawah ini merupakan sulfuric acid yang berbahaya. Uapnya bisa bikin gangguan pernafasan dan kalau kena kulit juga bisa terasa terbakar. Walaupun terlihat indah, lebih baik kamu jaga jarak dan tetap berhati-hati. Pakai gas mask saja biar lebih aman saat berada disana.

Okedeh, itu adalah 9 rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur yang populer dan Instagramable. Jangan lupa untuk berjalan-jalan, ya. Kalau berjalan-jalan, kami bisa bantu menyediakan produk wisata seperti tiket pesawat dan voucher hotel. Silahkan cek harga tiket pesawat dan voucher hotelnya di www.bookingtogo.com.

Kami harap informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat. Jika bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke teman, kerabat, dan keluarga kamu. Tolong kasi feedback juga dengan memberikan rating pada artikel ini. Thank You!

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 4

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...