Bagikan Artikel
5
(4)

BookingToGo – Hallo, BTG Travellers! Hari ini kami ingin membahas tempat wisata hits dan instagramable di kota Surabaya. Nama tempat wisata tersebut bernama Hutan Bambu Keputih atau bisa disebut juga sebagai Kebun Bambu Keputih. Dari namanya saja pasti sudah tau kira-kira seperti apa wisata ini. Terdengar sepele bukan, seperti “hanya bambu apa yang bagus?”. Eits, kamu harus tau kalau Hutan Bambu Surabaya ini tertata dengan sangat rapi jadi saat kamu foto disini hasilnya bagus banget. Bahkan sangking bagusnya, tempat ini sering digunakan untuk foto prewedding oleh banyak orang. Yuk segera kita ulas saja ya artikelnya! Berikut adalah informasi lengkap tentang Hutan Bambu Surabaya:

Lokasi Hutan Bambu Surabaya

Lokasi Hutan Bambu Surabaya berada di Jl. Raya Marina Asri, Kecamatan Sukolilo, Kelurahan Keputih, Kota Surabaya, Jawa Timur.  Kecamatan Sukolilo sendiri berada di Surabaya bagian Timur. Sudah, biar kamu tidak binggung mending pakai Google Maps saja. Dibawah ini adalah peta Google Mapsnya:

Harga Tiket Masuk Wisata 

Karena termasuk ruang publik, jadi kamu tidak perlu membayar tiket masuk ke Hutan Bambu Surabaya, alias Gratis. Kalau soal biaya, paling kamu hanya bakal bayar parkir saja.

Harga Tiket Masuk Hutan Bambu Surabaya
Setiap Hari Gratis

 

online-travel-agent-bookingtogo
Advertisement: Pesan Tiket Pesawat di BookingToGo Saja!

Kalau untuk parkir kendaraan, kamu bisa parkir di dua tempat. Tempat parkir yang pertama berada di sebelah utara jalan. Untuk yang kedua, parkir di dekat taman Harmoni atau Taman Sakura. Berikut adalah biaya parkirnya (harga per Juni, 2018):

Biaya Retribusi Parkir Hutan Bambu Surabaya
Motor / Kendaraan Roda 2 3.000
Mobil / Kendaraan Roda 4 5.000

Jam Buka Tempat Wisata

Kamu bisa datang kapan saja, tapi lebih baik jangan malam ya. Selain tidak bagus untuk foto, kamu juga bisa masuk angin bukan? Setidaknya, datang pagi-pagi karena biasanya masyarakat Surabaya suka melakukan jogging disini.

Jam Buka Wisata
Setiap Hari Buka 24 jam

 

Aktivitas Wisata Hutan Bambu Surabaya

Berburu Spot Foto Instagramable 

hutan-bambu-surabaya-keputih
Sumber: Instagram @rezaboms (2018)

Ini hal utama yang harus kamu lakukan. Sejak Hutan Bambu Surabaya ini diresmikan oleh Walikota tanggal 1 Februari 2018, wisata ini mulai menarik perhatian banyak wisatawan. Bagaimana tidak? Deretan bambu yang tertata rapih, dengan lorongnya dipenuhi daun bambu berguguran, bikin wisata ini memang indah dipandang mata. Jika kamu melihat dengan seksama, Hutan Bambu Keputih ini mirip seperti di Sagano Bamboo Forest di Jepang. Namun, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jepang karena di Surabaya juga ada yang mirip-mirip seperti di Sagano yaitu wisata yang lagi kita bahas, Hutan Bambu Keputih.

Di Hutan Bambu Surabaya ini mempunyai 2 lorong, dan biasa orang bedakan dengan lorong bagian Utara dan Selatan. Kalau lorong bagian selatan, tempatnya lebih sempit dengan kontur tanahnya agak miring. Selain itu, lorong Hutan Bambu bagian selatan ini menjadi satu dengan Taman Sakura atau Taman Harmoni. Sedangkan lorong bagian utara tempatnya lebih luas dengan kontur tanah yang rata. Jika ditanya mana spot foto yang paling bagus, keduanya mempunyai keunikannya tersendiri. Jadi pastikan kamu datangi keduanya ya.

Menikmati Hijaunya Hutan Bambu Surabaya

wisata-hutan-bambu-surabaya
Sumber: Instagram @axelchristians (2018) (cropped)

Di Hutan Bambu Keputih, tanamannya di kelola dengan baik oleh pemerintah setempat sehingga terlihat sangat hijau dan asri. Jika kamu datangnya pagi-pagi, suasananya lebih sejuk. Biasanya ada banyak orang berlalu lalang untuk jogging atau sekedar berfoto. Suara gemerisik pohon bambu yang tertiup angin, serta cahaya matahari yang menyelinap di sela pohon bambu bikin pikiran jadi lebih tenang. Apalagi saat daun bambu berguguran, suasananya mirip seperti di film drama. Cocok banget untuk kamu kunjungi saat lelah bekerja dan menginginkan suasana hijau yang mudah dijangkau.

Baca Juga: Taman Nasional Komodo: Lokasi, Tiket Masuk, Aktivitas, & Objek Wisata

Bermain Ke Taman Harmoni

taman-harmoni-surabaya
Sumber: Instagram @kim.adiwinata (2019)

Kalau kamu sudah selesai foto-foto di Hutan Bambu, kamu bisa loh mengunjungi Taman Harmoni. Taman ini dekat sekali dengan Hutan Bambu Keputih, bisa kamu datangi hanya dengan berjalan kaki. Taman Harmoni ini mempunyai berbagai kebun bunga loh. Ada bunga matahari, bunga rowelia, beauty taiwan, bahkan bunga sakura. Namun sayangnya bukan bunga sakura yang di Jepang, tapi jenis Sakura Jawa, warnanya tetap pink hanya saja tanamannya pendek. Jika kamu ingin datang dan melihat bunga sakura, pastikan bukan di musim hujan ya. Taman Harmoni ini gratis kok, jadi tinggal masuk saja. Namun, jangan merusak tanaman dan jaga kebersihan disana ya.

Fakta Menarik Hutan Bambu Surabaya 

Pada Masa Lalu Merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA)

Hutan Bambu Surabaya ini merupakan bekas tempat pembuangan akhir (TPA). Namun karena sudah lama terbengkalai, akhirnya disulap menjadi ruang publik yang hijau dengan pohon bambu. Jadi tempat pembuangan akhir ini sudah ada sejak 1970, lalu sekitar tahun 2000 ditutup oleh pemerintah setempat dan tempat pembuangan pindah ke daerah Benowo. Akhirnya biar tidak terbengkalai, ditanam banyak pohon bambu oleh pemerintah kota Surabaya. Karena indah dan banyak orang foto lalu memasukannya di media sosial, pada akhirnya tempat ini populer dan banyak wisatawan yang berkunjung.

 

Kami rasa itulah yang bisa kami sampaikan tentang Hutan Bambu Keputih di Surabaya. Kota Surabaya ini mempunyai banyak tempat wisata hits, namun salah satunya adalah wisata ini yang lagi kita bahas. Jadi pastikan kamu berkunjung ke Surabaya, ya.

Semoga arikel ini bermanfaat untuk para pembaca setia blog.bookingtogo.com. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman, saudara, maupun keluarga kamu dan berikan rating 5 pada artikel ini. Kami akan selalu memberikan informasi wisata serta tips wisata menarik. Pastikan kamu selalu cek artikel selanjutnya di web blog kami, ya. Thank You!

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 4

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...