Bagikan Artikel
5
(1)

Ngomongin tentang Geopark, mungkin kita sudah tak asing dengan salah satu destinasi wisata alam yang memang menyimpan sejuta keindahan untuk dinikmati ketika berlibur.

Tapi siapa sangka, jika ternyata kita bisa menemukan Geopark unik yang menyimpan beragam jenis fosil purba.

Geopark Merangin, adalah salah satu Geopark tertua di Kota Jambi yang tak hanya sekedar menyuguhkan keindahan alam saja, melainkan kamu juga dapat melihat dan menemukan beragam sisa-sisa peradaban purba yang masih tersisa.

Hal ini sendiri diperkuat dari banyaknya peneliti yang mengatakan jika Geopark ini berusia lebih tua dari Pulau Sumatera, dan memiliki beragam fosil purba yang jauh lebih lengkap daripada China, dan Amerika.

Selain menyimpan banyak sekali fosil purba yang bisa kamu temukan ketika rafting, kamu juga bisa berkunjung ke situs purba lain di Geopark Merangin seperti Gua Sengayu, Gua Sengering dan Gua Tiangko.

Tak sampai situ saja, ketika sampai di Geopark Merangin, kamu juga bisa berkunjung ke beragam air terjun, diantaranya air terjun Sigerincing, air terjun Lempisang, air terjun Mukus, air terjun Serintik Hujan Panas dan juga air terjun Dukun Betuah.

Air Terjun di Geopark Merangin Jambi
via. goodnewsfromindonesia.id

Bahkan belum lama ini, Geopark Merangin juga memiliki sumber mata air panas yang memungkinkan pengunjung untuk berendam di sini, sembari menikmati keindahan alam disekitar Geopark Merangin yang masih terjaga keasriannya oleh masyarakat sekitar.

Fasilitas Geopark Merangin, Jambi

Fasilitas Geopark Merangin Jambi
via indonesiatraveler.id

Walaupun terletak di sekitar area hutan, Geopark Merangin memiliki beragam fasilitas yang cukup memadai untuk para pengunjung, mulai dari Jasa Travel, toilet, tempat parkir, mushola, dan juga homestay milik warga sekitar yang disewakan.

Wahana di Geopark Merangin, Jambi

Untuk kamu yang ingin bermain arung jeram atau rafting, kamu bisa membayar sekitar Rp450.000 yang sudah termasuk dengan makan, penginapan, dan juga tour guide yang akan mengarahkanmu dari titik start hingga finish.

Selain itu kamu juga akan diarahkan ke beberapa spot khusus di mana kamu bisa melihat beragam fosil purba yang terdapat di Geopark Merangin dan masih terjaga.

Lokasi Geopark Merangin

Penasaran dengan lokasi dan alamat dari Geopark Merangin, Jambi? Tenang, kamu bisa menemukannya di Air Batu, Kec. Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi 37361 atau untuk lebih mudahnya, kamu bisa membuka Google Maps untuk mendapatkan rute menuju Geopark Merangin.


Dan itulah tadi ulasan singkat mengenai Geopark Merangin yang menjadi tempat rafting sembari melihat beragam fosil purba. Gimana? Tertarik untuk berkunjung ke sini?

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...