Gua Gong Pacitan, Pesona Gua Terindah di Asia Tenggara

559
Menelisik Keindahan Gua Gong
Menelisik Keindahan Gua Gong (via mycity.co.id)
Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Gua Gong Pacitan, salah satu destinasi wisata yang terletak di Jawa Timur ini memang dikenal sangat eksotis dan bahkan, Gua ini masuk dalam salah satu Gua terindah di Asia Tenggara lho!

Gua ini juga sudah dilengkapi dengan lampu penerangan berwarna-warni yang memudahkan pengunjung untuk menyusuri lorong gua sepanjang 256 meter.

Saat masuk ke dalam area Gua Gong, kamu akan langsung disambut dengan keindahan susuan stalaktit dan stalakmit yang siap memanjakan pandanganmu sepanjang penyusuran lorong gua.

Stalaktit dan Stalakmit di Gua Gong
Stalaktit dan Stalakmit di Gua Gong (via datawisata.com)

Selain menikmati keindahan gua yang menawan ini, kamu juga bisa menemukan keindahan alam lain seperti mata ir Sendang Jampi rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan, dan Sendang Relung Nisto.

Berfoto Dengan Latar Belakang Gua yang Menawan

Berfoto di Gua Gong
Berfoto di Gua Gong (via travelspromo.com)

Karena keindahannya inilah, Gua Gong mulai dikelola pemerintah dengan menambahkan beberapa prasarana dalam gua seperti tangga, pagar pengaman, penerangan, serta kipas angin untuk para pengunjung.

Berfoto di Depan Stalaktit dan Stalakmit Gua Gong
Berfoto di Depan Stalaktit dan Stalakmit Gua Gong (via nurahmanafandi.wordpress.com)

Selain itu tempat ini juga jadi spot foto yang sayang untuk dilewatkan. Tak sedikit pengunjung yang berhenti sejenak saat meyusuri lorong gua, untuk berfoto dengan latar belakang stalaktit dan stalakmit di Gua Gong.

Menikmati Pertunjukan Musik Alam di Gua Gong

Umumnya, pagelaran musik pasti di adakan di area indoor ataupun lapangan outdoor, namun apa kamu pernah mendengar jika ada pertunjukkan musik di dalam gua?

Stalaktit dan Stalakmit di Gua Gong
Stalaktit dan Stalakmit di Gua Gong (via jogjatourwisata.id)

Nah, di Gua Gong ini kamu bisa menemukan sebuah konser musik alam dari tetesan air yang menetes dari stalaktit, yang menciptakan harmoni musik alam yang unik.

Tak cuma itu, kabarnya gua ini juga pernah lho dijadikan tempat untuk melaksanakan konser yang disiarkan di 4 negara secara live untuk mempromosikan wisata Gua Gong.

Rute Menuju Gua Gong Pacitan

Untuk bisa sampai ke Gua Gong ini, ada beberapa pilihan rute yang bisa kamu tempuh.

  • Untuk kamu yang berlibur dengan membeli tiket pesawat ke Yogyakarta, kamu bisa menempuh rute Yogyakarta menuju Gunung Kidul yang kemudian dilanjut ke arah Wonogiri (Pracimantoro) menuju Pacitan dan langsung menuju Gua Gong.
  • Untuk kamu yang berlibur dengan membeli tiket pesawat ke Solo, kamu bisa menempuh rute Solo menuju Wonogiri (Baturetno) dan dilanjutkan ke arah Pacitan. Sama seperti rute Yogyakarta, lokasi Gua Gong bisa kamu temukan sebelum masuk ke Kota Pacitan.
  • Untuk kamu yang berlibur dengan membeli tiket pesawat ke Surabaya, kamu bisa lewat rute Surabaya menuju Ngajuk sampai Madiun lalu dilanjut ke arah Ponorogo hingga Pacitan, yang dilanjut ke arah Wonogiri untuk sampai ke Gua Gong.

Dari tiga pilihan rute tadi, bisa kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan roda 2 ataupun transportasi umum yang tersedia.

Alamat, Tiket Masuk, dan Jam Operasional

Gua Gong terletak di Jl. Salam, Salam, Bomo, Kec. Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63553, yang bisa kamu lihat detailnya di Google Maps untuk menyesuaikan dengan rute perjalanan kamu.

Tiket masuknya sendiri cukup terjangkau, pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp5.000 – Rp20.000/orang saja, dan kamu sudah bisa menyusuri Gua Gong sepuasnya.

Untuk jam operasionalnya, Gua Gong buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 waktu setempat.


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...