Bagikan Artikel
Rate this post

oleh-oleh Manado – Pergi wisata rasanya tidak lengkap kalau pulang dengan tangan kosong. Selain sebagai tanda pernah berkunjung ke Manado, oleh-oleh Manado selain makanan juga menjadi pengingat bagi yang menerimanya. Ditambah lagi, pemberian oleh-oleh juga bisa menghadirkan kebahagiaan bagi keluarga atau kerabat yang menunggu di rumah.

Ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa Anda temukan di Manado. Baik oleh-oleh makanan atau pun oleh-oleh selain makanan. Biasanya, oleh-oleh selain makanan diberikan kepada keluarga atau kerabat dekat. Sehingga, penerima bisa menyimpannya dalam waktu lama.

Kalau BTG Traveler bingung mencari inspirasi oleh-oleh Manado selain makanan, berikut ini beberapa daftar oleh-oleh yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Batik Manado

batik manado
batik manado via manado.antaranews.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp270.000

Siapa yang tidak tahu batik? Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batik khasnya masing-masing. Termasuk Manado. Meskipun tidak seterkenal batik Jawa, batik Manado juga memiliki corak yang cantik dan filosofis. Selain itu, pilihan motif batik Manado juga sangat beragam.

Salah satu motif batik Manado yang banyak ditemukan adalah motif reef. Motif ini menunjukkan kekayaan alam hayati Manado. Selain itu, ada juga motif lilin dan rumah ibadah yang melambangkan perbedaan dan keberagaman. Serta motif zigzag yang mewakili banyaknya gelombang dalam tatanan masyarakat yang beragam.

Keindahan motif batik Manado ini sangat pas untuk BTG Traveler jadikan oleh-oleh Manado selain makanan untuk orang terdekat atau terkasih.

2. Kain Bentenan

Kain Bentenan
Kain Bentenan via tribunmanadotravel.tribunnews.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp100.000

Kalau tidak ingin memberikan batik, BTG Traveler juga bisa memberikan kain bentenan. Kain bentenan sendiri merupakan kain yang menjadi ciri khas suku Minahasa. Cara pembuatan kain bentenan dilakukan dengan teknik tenun dobel ikat. Salah satu teknik tenun yang cukup rumit, teknik kesulitan tinggi, dan memakan waktu lama. Karena itu, tidak banyak daerah yang menggunakan teknik tenun seperti ini.

Meskipun begitu, hasil tenun yang didapat sangat sepadan. Kain bentenan yang ditenun tanpa putus ini mampu menghasilkan serat tenun yang indah dan menawan. Beberapa motif yang umum ada pada kain bentenan adalah motif Tinompak Kuda, Tononton Mata, Kalwu Patola dan Kokera, Tonilama, Sinoi, dan Pinatikan.

Budaya tenun kain bentenan ini sudah ada sejak lama. Bahkan sudah ada sejak abad ke-18. Sebagian mengatakan kalau kain bentenan ini sudah ada jauh lebih lama dari itu. Mungkin sejak abad ke-15 atau abad ke –17. Yang pasti, keindahan kain ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh Manado selain makanan. Dijamin, orang yang menerimanya akan merasa senang dan bahagia.

Baca Juga:  Harga Tiket, Lokasi dan Aktivitas Wisata Goalpara Tea Park Sukabumi

3. Kaos

Kisaran Harga : mulai dari Rp80.000

Bicara Manado, semua orang pasti akan langsung terpikir dengan keindahan Bunaken. Karena itu, tidak heran kalau gambar Bunaken sangat mudah ditemukan di kaos oleh-oleh Manado selain makanan. Selain gambar pantai, desain tulisan Bunaken juga bisa ditemukan di kaos-kaos Manado.

BTG Traveler bukan hanya bisa menjadikan kaos sebagai oleh-oleh untuk orang terdekat saja. Tapi juga bisa dijadikan cindera mata dan kenang-kenangan untuk diri sendiri. Sehingga, BTG Traveler akan selalu ingat keseruan liburan selama di Manado. Khususnya kalau BTG Traveler juga mampir ke Bunaken.

4. Miniatur Landmark

Kisaran Harga : mulai dari Rp50.000

Selain kaos miniatur kota Manado juga bisa menjadi buah tangan yang menarik. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk keluarga, teman, atau orang terkasih. Miniatur landmark ini biasanya merupakan miniatur dari ikon kota Manado.

Ada beberapa jenis miniatur kota Manado yang bisa kamu pilih. Termasuk Patung Sam Ratulangi, Tugu Perdamaian, dan Patung Pasukan Batalyon Worang. Harga miniatur ini cukup beragam. Tergantung ukuran dan jenis landmark yang BTG Traveler pilih. Semakin besar, tentu saja semakin mahal juga harganya.

Ada banyak wisatawan asing maupun lokal yang membeli miniatur landmark sebagai oleh-oleh Manado selain makanan. Nantinya, miniatur ini bisa BTG Traveler jadikan barang koleksi, hiasan meja, atau sekadar pengingat kalau pernah berkunjung ke Manado.

5. Souvenir

Kisaran Harga : mulai dari Rp5.000

Berencana membeli oleh-oleh Manado selain makanan untuk banyak orang? Souvenir bisa jadi pilihan yang cocok. Selain harganya murah, souvenir juga relatif lebih mudah ditemukan. Hampir di setiap tempat wisata Manado pasti ada yang menjual souvenir.

Ada banyak souvenir yang bisa BTG Traveler pilih sebagai oleh-oleh. Termasuk gantungan kunci atau tempat pulpen. Biasanya, desain souvenir oleh-oleh selalu khas. Untuk oleh-oleh Manado, hampir semua desain souvenir memiliki embel-embel tulisan kata Manado.

6. Oli

Bambu oli

Kisaran Harga : mulai dari Rp60.000

Oli yang dimaksud sebagai oleh-oleh ini bukan oli mesin seperti yang biasa dikenal. Tapi alat musik tradisional khas Manado. Oli atau oli-oli memiliki bentuk seperti suling dan terbuat dari bambu.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Wisata Malam Pontianak Terbaru

Pilihan oleh-oleh Manado selain makanan satu ini cocok untuk koleksi pribadi atau hadiah untuk keluarga. Khususnya untuk anak-anak yang masih senang bermain dan eksplorasi. Dijamin mereka akan senang menerima dan memainkan oleh-oleh alat musik ini.

7. Kerajinan Tanah Liat

Kisaran Harga : mulai dari Rp100.000

Untuk kerabat yang lebih dekat, oleh-oleh kerajinan tanah liat juga bisa jadi pilihan. Ada banyak jenis oleh-oleh Manado selain makanan yang terbuat dari tanah liat yang bisa BTG Traveler pilih. Misalnya guci, asbak, atau pun vas bunga.

Akan tetapi, membawanya mungkin perlu lebih hati-hati. Kerajinan tanah liat termasuk barang pecah belah yang perlu dijaga dengan baik. Pasalnya, kalau ditangani secara sembrono, khawatirnya oleh-oleh tersebut pecah sebelum sampai ke penerima.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh Manado selain makanan yang bisa kamu pilih untuk dijadikan buah tangan. Selain oleh-oleh yang disebutkan di atas, tentu saja masih banyak oleh-oleh lain yang bisa BTG Traveler bawa. Tapi, tujuh oleh-oleh tersebut adalah yang paling umum.

Kalau mau, BTG Traveler juga bisa tetap membawa makanan sebagai oleh-oleh. Hanya saja umur simpannya cenderung sebentar dan tidak lama. Karena itu, menyimpannya jadi kurang fleksibel dan harus segera diberikan kepada penerima. Kalau BTG Traveler tipe yang sibuk atau memiliki jadwal padat, memberikan oleh-oleh selain makanan akan jauh lebih praktis dan efektif.

Terbang Ke Manado, Don’t Worry Dapet Tiket Hematnya!

Promo Tiket Pesawat BoookingtogoNah, sebelum bisa memberikan oleh-oleh Manado, tentu saja BTG Traveler harus pergi ke Manado terlebih dahulu. Ada banyak rute penerbangan yang bisa BTG Traveler pilih untuk liburan ke Manado. Jangan lupa juga memilih hotel yang nyaman agar liburan semakin menyenangkan.

Untuk itu, Bookingtogo selalu bisa diandalkan. Bookingtogo adalah platform penyedia akomodasi tiket pesawat dan hotel dengan harga dan penawaran terbaik. Sehingga, BTG Traveler selalu bisa mengandalkan Bookingtogo. Jadi, jangan lupa untuk cek aplikasi Bookingtogo sebelum memesan tiket pesawat dan hotel untuk liburan ke Manado. Selamat berlibur! Smart Booking, Easy Travel

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.