Bagikan Artikel
Rate this post

Gunung Mongkrang – Ingin menikmati keindahan di gunung tapi masih belum memiliki kesiapan fisik mendaki? Jangan khawatir. Ada rekomendasi gunung yang cocok bagi pendaki pemula serta bisa dijadikan pemanasan sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi lantaran jarak tempuh menuju puncak relatif singkat.

Adalah Gunung Mongkrang, atau ada juga yang menyebut sebagai Bukit Mongkrang. Gunung ini terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah tepatnya di Tlogo Dringo, Gondosuli, Tawangmangu. Obyek wisata ini tergolong baru karena secara resmi beroperasi sekitaran tahun 2019 lalu.

Posisi Gunung Mongkrang terletak di sebelah selatan Gunung Lawu, dengan ketinggian 2194 MDPL. Untuk mencapai puncaknya, pengunjung diharuskan berjalan kaki dari lahan parkir dengan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Tak perlu khawatir tersesat, jalurnya sudah cukup jelas dan terbuka. Jalur yang dilalui pun tergolong mudah dibandingkan dengan jalur di gunung lainnya. Sehingga Gunung Mongkrang menjadi rekomendasi tepat untuk melakukan pemanasan fisik bagi para pendaki pemula.

Spot Foto di Gunung Mongkrang

Sejumlah hal menarik bisa ditemukan di Gunung Mongkrang. Karena kondisi alam yang begitu indah, sehingga mendukung para pembuat konten untuk mendapatkan spot menarik.

Jalur Pendakian Gunung Mongkrang
via indonesiana.id
Gunung Mongkrang
via i.vgy.me
Bersantai di Gunung Mongkrang
via setapaklangkah.com

Dari puncak ini terlihat jelas kemegahan Gunung Lawu di sebelah utara, sedangkan sebelah barat disuguhkan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu yang terlihat berjejer dari kejauhan.

Daya Tarik Gunung Mongkrang

Matahari Terbit di Gunung Mongkrang
via gunung.id

Pemandangan senja dari puncak gunung akan terlihat sangat cantik. Namun hal yang perlu diperhatikan menjelang sore adalah pentingnya membawa jaket tebal. Meski tidak terlalu tinggi, namun udara sore dan malam di pegunungan akan terasa sangat dingin.

Nantinya para pendaki akan melintasi jalanan setapak dikelilingi savana luas dan ilalang hijau kecoklatan. Terlihat sangat eksotis untuk dijadikan objek foto.

Mendaki ke Gunung Mongkrang
via instagram.com/tiaraayolanda_

Banyak penjual makanan dan minuman di tengah perjalanan menuju puncak Gunung Mongkrang. Kudapan berupa mie instan, gorengan, serta minuman seperti kopi, teh, dan air mineral jadi mudah didapatkan. Kamu tak perlu repot membawa logistik terlalu banyak.

Selain itu bagi pendaki yang ingin berkemah, lokasi ini juga bisa dijadikan tempat untuk nge-camp dan menikmati malam sembari menanti matahari terbit.

Rute menuju Gunung Mongkrang sendiri bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari arah barat (Kota karanganyar atau Solo) cukup mengambil jalan utama arah Karanganyar-Magetan.

Sebelum pos pedakian Gunung Lawu Cemoro Kandang ada gapura di sebelah kanan jalan bertuliskan Tlogo Dringo. Harus berhati-hati saat memasuki jalanan perkampungan karena kondisinya sempit dan sedikit curam.

Setelah itu, kamu akan menemukan plang yang mengarahkan ke Gunung Mongkrang. Dan untuk memarkirkan kendaraan, dengan biaya sebesar Rp5.000 per-kendaraan.

Tiket Masuk dan Biaya Berkemah di Gunung Mongkrang

Sebelum melakukan pendakian, terlebih dahulu menuju ke pos retribusi untuk melakukan pembayaran tiket masuk. Biaya yang dikenakan hanya Rp5.000 dan bagi yang ingin berkemah sebesar Rp7.500. Cukup murah bukan?

Dan itulah tadi ulasan singkat mengenai Gunung Mongkrang yang menawan. Gimana? Sudah siap mulai pendakian pertamamu?


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...