Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Pulau Tabuhan Banyuwangi sebuah pulau ditengah selat Bali yang tak berpenghuni ini cocok dinobatkan sebagai hidden gem di Sukabumi yang harus kamu kunjungi ketika liburan tiba.

Walaupun tak berpenghuni, pulau ini memiliki banyak pepohonan hijau disekitar pulau, air laut yang jernih, serta hamparan pasir putih.

Pulau ini memiliki luas sekitar 5 hektar, dan jauh dari bangunan rumah sehingga para pengunjung bisa bermain kiteboarding, dan tentunya diving ataupun snorkeling sembari menikmati keindahan biota bawahs laut yang menawan.

Pulau Tabuhan Banyuwangi

Keindahan Pulau Tabuhan Banyuwangi
Keindahan Pulau Tabuhan Banyuwangi
Alamat/Lokasi Pulau Tabuhan, Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Harga Tiket Masuk Gratis
Jam Operasional 07.00 – Menjelang malam
Fasilitas Warung makanan/minuman, toilet, kamar bilas, dll
Aktivitas Snorkelingdiving, bermain air, berfoto, duduk santai dibawah pohon, dan masih banyak lagi
Rute Jalur Darat, udara, dan laut
Google Maps https://goo.gl/maps/yMCvhfhWEGQGJEcq9

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan selain dari yang disebutkan di atas. Misalnya, kamu bisa sekedar bersantai di bawah pohon sembari menikmati pemandangan Pulau, berkeliling menyusuri pinggir pulau, atau bahkan berswafoto.

Cara ke Pulau Tabuhan Banyuwangi

Menaiki Kapal ke Pulau Tabuhan
Menaiki Kapal ke Pulau Tabuhan

Selain daripada keindahan alamnya, untuk bisa sampai atau tiba ke Pulau Tabuhan di Banyuwangi ini, ada beberapa rute yang bisa kamu gunakan untuk singgah di Pulau indah satu ini.

  • Jika kamu menggunakan pesawat, dari Bandara Banyuwangi kamu bisa langsung menuju ke Pelabuhan Bunder BangsringPantai Grand Watu Dodol, atau Pelabuhan Kampe dengan menyewa kapal yang menuju ke Pulau Tabuhan.
  • Rute lain adalah kamu bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Ketapang dan dilanjut dengan kapal yang melewati rute Pantai Watu Dodol, lalu melanjutkan trip dengan penyebrangan ke Pulau Tabuhan.
  • Atau setelah kamu turun di Bandara Banyuwangi lewat jalur udara, kamu bisa naik bus menuju Terminal Sritanjung dengan tujuan Situbondo, lalu turun di Desa Bangsan untuk ke Rumah Apung, dan menyewa kapal menuju ke Pulau Tabuhan.

Pesan Tiket Pesawat ke Banyuwangi

Untuk kamu yang hendak menggunakan jalur udara, kamu bisa pesan tiket pesawat di BookingToGo dengan tujuan ke Banyuwangi dengan harga yang terjangkau pastinya.

Alamat dan Lokasi

Selain daripada cara dan rute yang bisa kamu tempun untuk sampai ke Pulau Tabuhan, lokasinya sendiri berada di Pulau Tabuhan, Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang bisa kamu cek terlebih dahulu melalui Google Maps.

Fasilitas

Pantai Pulau Tabuhan Banyuwangi
Pantai Pulau Tabuhan Banyuwangi

Walaupun pulau ini tak berpenghuni, setibanya di Pulau Tabuhan kamu masih bisa menemukan beberapa warung yang menjual makanan dan minuman, beserta beberapa fasilitas lain seperti toilet dan juga kamar bilas setelah puas bermain air di pantai Pulau Tabuhan.

Harga Tiket Masuk

Spot Foto di Pulau Tabuhan Banyuwangi
Spot Foto di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Sebab pulau ini belum masuk dalam kawasan yang dikelola pemerintah setempat, untuk tiket masuknya sendiri masih belum dikenakan biaya alias gratis. Namun, tentunya ada beberapa biaya yang harus kamu persiapkan baik untuk akomodasi, membeli makanan, ataupun minuman disekitar.

Jam Operasional

Sedangkan untuk jam operasionalnya sendiri, Pulau Tabuhan buka dari pukul 07.00 hingga menjelang malam. Dan tentu saja, banyak pengunjung yang melakukan camping disekitar area pulau dengan mendirikan tenda dan menyalakan api unggun.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai Pulau Tabuhan yang menjadi salah satu hidden gem di Banyuwangi. Gimana nih gengs, sudah siap belum untuk merencanakan liburan ke Pulau indah satu ini?


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...