Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Sungai Terpendek di Dunia – Bicara tentang sungai, mungkin kita biasa menemukan beberapa sungai yang mana alirannya cukup panjang dan luas bahkan.

Namun ternyata, selain memiliki aliran yang cukup panjang dan luas, ternyata sungai-sungai berikut justru sebaliknya.

Karena, beberapa daftar sungai berikut ini tercatat sebagai sungai terpendek di dunia, yang salah satunya ada di Indonesia.

1. Rio de Los Patos, Republik Dominika

Terletak di Republik Dominika, sungai ini memiliki panjang hanya 61 meter yang mengalir hingga ke Laut Karibia.

Sungai Terpendek di Dunia Rio de Los Patos, Republik Dominika
Rio de Los Patos, Republik Dominika

Lokasi dari sungai ini sendiri berada di Pantai Barahoma yang mana memang menjadi destinasi para wisatawan untuk berlibur.

Selain karena panjangnya yang hanya 61 meter, sungai ini juga ditempati kawanan bebek yang mana menjadi ciri dari Rio Los Patos.

2. Ombla, Kroasia

Memiliki panjang sekitar 30 meter dan luas 600 kilometer persegi, Sungai Ombla masuk dalam daftar sungai terpendek kedua yang terletak di Kroasia.

Sungai Terpendek di Dunia Ombla, Kroasia
Ombla, Kroasia

Mata air dari sungai ini sendiri berasa dari batuan kapur terbesar di Kroasia yang disebut dengan karst, dan mengalir hingga teluk Rijeka Dobruvačka menuju laut Adriatic.

3. Tamborasi, Indonesia

Selanjutnya ada Sungai Tamborasi yang mana menjadi sungai terpendek yang ada di Indonesia, tepatnya di Tamborasi, Sulawesi Tenggara.

Sungai Terpendek di Dunia
Tamborasi, Indonesia

Sungai ini memiliki panjang 20 meter, dengan lebar 15 meter yang mengalir hingga ke laut Flores di telok Bone.

Dan tentu saja, Sungai Tamborasi juga menjadi tujuan para wisaawan karena keindahan tepi sungai yang berbatu serta suasana perhutanan yang sejuk dan asri.

4. Kovasselva, Norwegia

Bergeser ke Norwegia, kamu bisa menemukan Sungai Kovasselva yang mana memiliki panjang 22 meter di lokasi terpencil dan jauh dari pusat kota Norwegia.

Hulu Sungai Kovasselva sendiri berasal dari Danau Kovassvatnet mengalir hingga ke laut lepas Norwegia.

5. Reprua, Georgia

Sungai Terpendek di Dunia Reprua, Georgia
Reprua, Georgia

Selanjutnya ada Sungai Reprua yang terletak di Georgia dengan panjang hanya 27 meter. Aliran sungai ini berasal dari Gua Krubera yang terletak di pegunungan sekitar.

Walaupun hanya memiliki panjang sekitar 27 meter, namun sungai ini memiliki kedalaman yang cukup curam, yakni sekitar 2.300 m dengan debit air sebesar 2.000 liter per detik, yang mengalir hingga laut hitam yang ada di Georgia.

6. Jezernica, Slovenia

Jezernica, Slovenia
Jezernica, Slovenia

Memiliki panjang 55 meter dan aliran dari Wild Lake yang merupakan mata air karst di bawah tanah, Jazemica menjadi salah satu sungai terpendek dan anak Sungai Idrija yang alirannya bermuara di Laut Adriatik.

Selain tercatat sebagai salah satu sungai terpendek yang ada di dunia, Sungai Jezernica juga memiliki debit air yang kecil, yakni sekitar 8,34 m kubik perdetiknya.

7. Roe, Amerika Serikat

Dengan panjang hanya 61 meter, sungai yang awalnya tidak memiliki nama ini kini di nobatkan sebagai salah satu sungai terpendek di dunia.

Roe, Amerika Serikat
Roe, Amerika Serikat

Pada tahun 1988, ada sekelompok anak sekolah yang mengajukan petisi ke Guinness Book of World Record agar sungai terpendek ini diberi nama.

Hingga akhirnya semenjak petisi itu disampaikan, sungai yang memiliki hulu dari Giant Spring dan mengalir ke Sungai Missouri ini, resmi bernama Sungai Roe dan tercatat sebagai sungai terpendek di dunia.


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...