7 Rekomendasi Wisata Alam Bahari di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata alam bahari yang menakjubkan. Apalagi kalau BTG Traveler memiliki kemampuan menyelam. Keindahan alam bawah laut Indonesia memang tidak ada duanya. Namun, kalau kamu tidak bisa menyelam, ada banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan untuk menikmati keindahan wisata bahari di Indonesia.

bookingtogo

Wisata Alam Bahari

Wisata alam Bahari sebenarnya masih termasuk dalam wisata alam Indonesia. Hanya saja, lebih berfokus pada kegiatan wisata alam yang bersifat kelautan. Karena itu, kegiatan wisata bahari juga banyak melibatkan laut. Yang paling utama adalah menyelam.

Namun, menyelam bukanlah satu-satunya cara untuk menikmati keindahan laut di Indonesia. BTG Traveler juga bisa menikmati wisata bahari Indonesia dengan berbagai cara. Misalnya berselancar, berenang, berlayar, memancing, atau sekedar bersantai di tepi pantai.

Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Indonesia

Nah, bagi BTG Traveler yang berminat dengan wisata alam bahari, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi:

1. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Siapa yang tidak kenal Labuan Bajo? Penggemar wisata bahari pasti kenal dengan Labuan Bajo. Pada awalnya, tempat ini merupakan tempat pemukiman Suku Bajo. Sekarang, selain sebagai tempat wisata alam di indonesia, Labuan Bajo juga menjadi tempat tinggal bagi Suku Bajo dan warga asli Flores.

Ada banyak kegiatan yang bisa BTG Traveler lakukan di sini. Dari mulai bersantai hingga berpetualang yang memacu adrenalin. BTG Traveler bisa menikmati pasir berpantai putih atau pink, berenang di laut, menikmati pemandangan matahari terbenam, hingga menyelam di perairan Kepulauan Komodo.

2. Pulau Pahawang, Lampung

Mau menikmati wisata alam bahari sambil snorkling? Pulau Pahawang adalah jawabannya. Pulau wisata yang berada di Lampung ini menawarkan keindahan alam dan keseruan wahana lautnya. Tidak heran kalau tempat ini sering dijadikan destinasi wisata bagi para wisatawan asing maupun lokal.

Daya tarik utama pulau ini adalah pasir pantainya yang putih dan air lautnya yang berwarna biru jernih. Pasir pantai putih ini membentang di bagian utara, timur, dan selatan pulau. Sedangkan di bagian sisanya, BTG Traveler bisa menikmati keindahan hutan mangrove yang tumbuh subur di pulau ini.

Kalau ingin suasana yang lebih tenang, BTG Traveler bisa mengunjungi Pulau Pahawang kecil. Suasananya santai, tenang, dan jarang dijamah orang. Cocok buat kamu yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk suasana kota.

3. Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

Meskipun masih di Jakarta, Pulau Pramuka menawarkan suasana yang berbeda jauh dengan pusat ibukota. Di sini, BTG Traveler bisa menikmati keindahan wisata alam bahari yang cantik. Misalnya dengan berenang, snorkling, atau menyelam. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi penangkaran hiu dan penyu sisik yang ada di pulau ini.

Sebelum diberi nama Pulau Pramuka, pulau ini sempat diberi nama Pulau Lang atau Pulau Elang. Karena sebelum tahun 1980-an, tempat ini merupakan rumah bagi elang bondol. Seiring waktu, populasi elang bondol mulai berkurang dan pulau ini mulai menjadi perkampungan.

Nama Pulau Pramuka sendiri berasal dari kegiatan kepramukaan yang sering dilakukan di pulau ini. Tepatnya sekitar tahun 1950 hingga 1970-an saat belum ada bumi perkemahan yang bisa digunakan di area Jakarta.

Kalau mau datang ke Pulau Pramuka, BTG Traveler bisa menggunakan perahu atau speedboat dari Ancol. Umumnya, jarak tempuh dari Ancol ke Pulau Pramuka adalah sekitar 3 jam. Namun, bisa hanya 1,5 jam jika menggunakan speedboat. Karena itu, pulau ini cocok untuk destinasi short escape bagi BTG Traveler yang ingin liburan singkat.

4. Pulau Dolphin, Kepulauan Seribu

Berbeda dengan Pulau Pramuka, Pulau Dolphin adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang tidak berpenghuni. Selain itu, pulau ini juga tidak memiliki fasilitas layaknya destinasi wisata lainnya. Karena itu, pastikan kamu membawa perbekalan yang cukup kalau mau datang ke Pulau Dolphin.

Jangan heran kalau kamu tidak menemukan penjaga pantai atau orang di pulau wisata alam bahari ini. Meskipun begitu, keindahan laut dari pantai ini memang sangat indah. Apalagi saat pagi dan siang hari. Air yang jernih dan pasir pantai yang bersih akan langsung menyambut kamu.

Dengan ketenangan seperti ini, Pulau Dolphin cocok untuk kamu yang ingin healing sejenak dari hiruk pikuk ibukota. Suasana pantai yang sepi dan indah memberikan kesegaran tersendiri bagi para pengunjungnya. Apalagi kalau kamu menyempatkan diri untuk berkemah beberapa malam di pulau ini.

5. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

bookingtogo
Mau melihat ubur-ubur? Ternyata ada satu tempat wisata alam bahari yang bisa kamu kunjungi untuk melihat ubur-ubur di alam liar. Yaitu di Kepulauan Derawan, tepatnya di Pulau Kakaban.

Kepulauan Derawan sendiri memiliki 31 pulau yang memiliki keindahannya masing-masing. Selain Pulau Kakaban, ada juga Pulau Derawan, Maratua, dan Sangalaki. Sebagian pulau tersebut tidak berpenghuni. Sehingga suasananya masih sangat asri dan alami.

BTG Traveler bahkan bisa melihat beragam jenis hewan laut di kepulauan ini. Mulai dari kura-kura raksasa, lumba-lumba, pari manta, duyung, hingga barakuda. Kabarnya, ada sekitar 870 spesies ikan dan 460 spesies kerang yang bisa kamu temukan di area kepulauan ini. Tidak heran kalau Kepulauan Derawan disebut sebagai surga yang tersembunyi.

6. Gili Trawangan, Lombok

Kalau berlibur ke Lombok, ada satu tempat yang tidak boleh BTG Traveler lewatkan. Yaitu Gili Trawangan. Tempat ini memiliki wisata alam bahari yang indah. Sehingga, tidak berlebihan kalau disebut sebagai surga tropis yang memikat.

Selain pantai pasir putihnya yang indah, wisata bawah laut Gili Trawangan juga tidak kalah memikat. Di sini, BTG Traveler bisa menjelajahi keindahan terumbu karang yang berwarna warni dan melihat pesona biota laut yang menakjubkan.

Biasanya, wisatawan yang datang akan melakukan snorkeling atau diving di spot cantik yang tersedia. Kalau BTG Traveler tidak bisa berenang, kamu juga masih bisa menikmati Gili Trawangan dengan cara lain. Misalnya dengan bersepeda di sepanjang pantai, menikmati sunset dan sunrise, mengikuti tur glass bottom boat, dan masih banyak lagi.

7. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi merupakan akronim nama dari empat pulau yang berada di Sulawesi Tenggara. Yaitu Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata alam bahari unggulan dan kebanggaan Sulawesi.

Wakatobi dikenal sebagai surga bawah lautnya yang indah. Tidak heran kalau banyak penyelam dari berbagai daerah dan negara yang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan bawah laut Wakatobi. Air lautnya yang jernih, ikan kecil beraneka jenis, dan koral beraneka warna menambah keindahan bawah laut tempat ini.

Ada banyak kegiatan yang bisa BTG Traveler lakukan di Wakatobi. Seperti menyelami keindahan bawah laut, melihat lumba-lumba, berkunjung ke Bajo Mola, melihat kawanan udang merah darah di Danau Sombano, wisata sejarah ke Desa Liya Togo, menyaksikan matahari terbenam, hingga mencicipi kuliner khas masyarakat Wakatobi.

Itulah beberapa wisata alam bahari di Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat liburan atau cuti kerja. Agar bisa menikmati wisata bahari dengan lebih tenang dan menyenangkan, jangan lupa untuk memesan tiket pesawat dan hotel di Bookingtogo. Dan dapatkan harga serta penawaran terbaik untuk akomodasi liburan kamu.

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like