7 Rekomendasi Tempat Wisata di Dataran Tinggi Saat Libur Lebaran

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

Bingung mencari tempat wisata untuk dikunjungi bersama keluarga? Tempat wisata di dataran tinggi bisa jadi pilihan yang tepat. Selain menawarkan keindahan wisata alam di Indonesia yang memanjakan mata, tempat wisata yang berada di dataran tinggi juga menawarkan suasana yang sejuk untuk bercengkrama bersama keluarga.

Untungnya, Indonesia memiliki banyak tempat wisata di dataran tinggi yang bisa kamu jadikan tujuan libur lebaran kali ini. Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa kamu jadikan pilihan destinasi liburan:

1. Dataran Tinggi Dieng



Bicara tentang tempat wisata di dataran tinggi, dataran tinggi Dieng tentu saja tidak boleh dilewatkan. Tempat yang berada di Jawa Tengah ini menawarkan keindahan pemandangan wisata alam di Indonesia yang memukau. Dari tempat ini, BTG Traveler juga bisa melihat panorama berbagai pegunungan yang memesona. Termasuk Gunung Prau, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, hingga Gunung Sumbing.

Dataran tinggi Dieng berada di ketinggian 1600 – 2100 mdpl. Sehingga suasananya terasa sejuk, dingin, dan menyegarkan. Di saat-saat tertentu, tempat wisata ini bahkan bisa mencapai suhu nol derajat Celcius. Karena itu, jangan lupa untuk membawa jaket atau menggunakan baju hangat saat datang ke tempat wisata alam di Indonesia satu ini.

2. Dataran Tinggi Gayo

Selain Dieng, dataran tinggi Gayo juga merupakan tempat wisata di dataran tinggi yang tidak kalah populer. Tempat wisata ini berada di daerah Aceh. Tepatnya wilayah Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

Dataran tinggi Gayo juga merupakan bagian dari punggung pegunungan Bukit Barisan. Kalau kamu mengenal kopi Gayo, tempat ini merupakan salah satu dataran tinggi yang terkenal akan perkebunan kopinya.

Tapi, perkebunan kopi bukan satu-satunya hal menarik di dataran tinggi Gayo. Di sini, BTG Traveler juga bisa menikmati berbagai pesona wisata alam di Indonesia yang cukup menarik. Seperti Danau Laut Tawar, Gua Puteri Puker, hingga pemandian air panas Wih Pesam. Ada juga beberapa air terjun yang bisa kamu nikmati kesegarannya saat datang ke sini.

3. Sipinsur

Siapa yang tidak kenal Danau Toba? Tidak jauh dari lokasi danau, BTG Traveler bisa datang ke tempat wisata di dataran tinggi bernama Sipinsur atau Taman Sipinsur. Tempat ini berada di ketinggian 1213 mdpl. Dari sini, BTG Traveler bisa melihat pemandangan Danau Toba yang indah dengan leluasa.

Selain itu, Sipinsur juga memiliki pepohonan pinus yang rimbun. Sehingga cocok untuk bersantai dan cukup teduh untuk berjalan-jalan. Suasana yang asri ini juga membuat liburan bersama keluarga jadi lebih menyenangkan.

Kalau mau, BTG Traveler juga bisa berfoto atau selfie dengan pemandangan alam yang indah di tempat ini. Ada juga beberapa spot instagramable yang membuat hasil foto lebih keren dan ciamik. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan kamera dan outfit yang bagus kalau mau datang ke Taman Sipinsur ini, ya.

4. Dataran Tinggi Kerinci

Masih di Sumatera, BTG Traveler juga bisa datang ke dataran tinggi Kerinci. Tempat wisata di dataran tinggi ini berada di ketinggian sekitar 1750 mdpl dan biasa dimanfaatkan masyarakat untuk berkebun sayur dan teh. Jadi, kamu bisa melihat keseharian penduduk yang sedang berkebun dan keindahan alam dataran tinggi saat datang ke tempat ini.

Selain udaranya yang menyenangkan, BTG Traveler juga bisa mengekplorasi berbagai fauna di tempat ini. Cocok untuk BTG Traveler yang pergi liburan bersama keluarga, apalagi anak-anak. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai fauna di habitat aslinya. Termasuk juga Harimau Sumatera, Badak Sumatera, dan Orang Utan.

Agar perjalanan lebih menyegarkan, tidak ada salahnya untuk datang ke spot air terjun yang ada di dataran tinggi Kerinci. Dijamin anak-anak akan semakin senang saat bermain-main air dan berendam di bawah air terjun.

5. Dataran Tinggi Gunung Kelimutu



Berpindah ke Nusa Tenggara Timur, BTG Traveler bisa mengunjungi dataran tinggi Gunung Kelimutu yang berada di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Gunung Kelimutu sendiri merupakan gunung berapi yang memiliki tiga buah danau kawah.

Menariknya, warna dari ketiga kawah ini berbeda-beda dan terus berubah seiring waktu. Kawah tersebut diberi nama Danau Kelimutu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo.

Tempat wisata di dataran tinggi Gunung Kelimutu ini biasa menjadi destinasi wisata untuk pecinta hiking atau pendakian. Namun, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata alam di Indonesia ini bersama dengan keluarga. Apalagi kalau BTG Traveler dan keluarga sama-sama menyukai hiking dan pendakian.

6. Bukit Kelam

Bagi BTG Traveler yang menyukai suasana tenang dan sejuk, Bukit Kelam bisa jadi pilihan destinasi wisata alam di Indonesia yang tepat untuk dikunjungi. Tempat wisata di dataran tinggi satu ini menawarkan pemandangan perbukitan yang asri berpadu dengan hamparan sawah hijau yang memukau. Cocok untuk BTG Traveler yang sehari-hari berpacu dengan penatnya ibukota.

Selain menikmati suasana sejuk yang menenangkan, BTG Traveler juga bisa mencoba berbagai fasilitas dan aktivitas rekreasi yang tersedia. Seperti flying fox, paintball, hingga ATV. Kalau merasa masih kurang, kamu juga bisa menginap dan mencoba bermalam di Bukit Kelam. Tersedia area perkemahan yang bisa kamu gunakan untuk camping di tempat ini.

Bukit Kelam bisa kamu kunjungi saat mudik ke Sumatera Utara. Tepatnya di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

7. Kalibiru

Tempat wisata di dataran tinggi Kalibiru sempat populer di sosial media beberapa waktu lalu. Tempat ini menawarkan suasana dataran tinggi yang sejuk dengan panorama alam yang indah dan spot instagramable di sana sini. Salah satu spot foto favorit pengunjung adalah rumah pohon dengan latar belakang pemandangan alam yang memukau.

Selain berfoto, BTG Traveler juga bisa menikmati suasana alam yang asri dan menyenangkan. Pada awalnya, Kalibiru merupakan hutan negara dengan pemandangan hijau dan hamparan berbukit. Kemudian, lokasi ini diubah menjadi tempat wisata dan dibuka untuk umum.

Kalau BTG Traveler datang bersama keluarga, terdapat juga area outbond yang bisa BTG Traveler coba saat berkunjung bersama keluarga. Dengan keindahan dan keseruan yang ada, Kalibiru adalah salah satu destinasi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga saat libur lebaran ini.
Kalau ingin datang ke Kalibiru, BTG Traveler bisa datang ke Kulon Progo, Yogyakarta.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di dataran tinggi yang bisa BTG Traveler kunjungi saat libur lebaran bersama keluarga. Dari rekomendasi yang disebutkan, tempat wisata mana yang dekat dengan kampung halaman BTG Traveler?

Yang pasti, agar suasana lebaran lebih menyenangkan, jangan lupa untuk membeli tiket pesawat pulang dan pergi melalui Bookingtogo. Selain itu, BTG Traveler juga bisa memesan akomodasi hotel melalui aplikasi atau website Bookingtogo. Dan temukan beragam penawaran terbaik untuk BTG Traveler dan keluarga. Selamat menikmati libur lebaran!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like