7 Rekomendasi Wisata di Klungkung yang Tidak Kalah Menarik

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

wisata di Klungkung – Bali memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Salah satu destinasi wisata yang belum banyak dikenal adalah Kabupaten Klungkung. Meski begitu, BTG Traveler pasti sudah kenal dengan Nusa Penida. Destinasi favorit wisatawan ini ternyata merupakan salah satu wisata di Klungkung yang populer.

Namun, Nusa Penida bukan satu-satunya wisata di Kabupaten Klungkung yang bisa BTG Traveler kunjungi. Ada banyak destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dieksplorasi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Kertha Gosa

bookingtogo

Kertha Gosa atau Kerta Gosa adalah ikon wisata Kota Semarapura. Wisata di Klungkung ini terdiri dari tiga bangunan utama. Yaitu Bale Kertha Gosa, Bale Kambang, dan Medal Agung. Ketiganya memiliki arsitektur khas Bali abad ke-17.

Keunikan arsitektur ini paling terlihat jelas di bangunan Taman Gili Bale Kambang. Di sini, BTG Traveler dapat melihat bangunan yang dikelilingi kolam. Untuk memasuki area Bale Kambang, BTG Traveler perlu melewati jembatan batu bata terlebih dahulu.

Waktu terbaik berkunjung ke Kertha Gosa adalah pagi hari. Tepatnya sekitar jam 8 sampai jam 9 pagi. Selain masih sepi, cuacanya juga masih sejuk dan tidak terlalu panas. Sehingga nyaman untuk berkeliling dan melihat-lihat.

Jam Operasional : 08.00 – 17.00
Tiket Masuk : Rp15.000 (Anak-Anak), Rp25.000 (Dewasa)
Lokasi : Jl. Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali (Google Maps)

2. Museum Semarajaya

 

Masih dalam kompleks yang sama dengan wisata Kertha Gosa, BTG Traveler bisa mendatangi museum Semarajaya. Museum ini berada di bagian barat bangunan Bale Kambang. Saking dekatnya, BTG Traveler bisa mencapainya hanya dekat berjalan kaki sekitar satu menit saja.

Museum Semarajaya merupakan bangunan yang dibangun oleh pemerintah Belanda setelah Kerajaan Klungkung kalah dalam perang Puputan. Sesuai namanya, daya tarik museum wisata di Klungkung ini ada pada koleksi benda-benda bersejarah di dalamnya. BTG Traveler juga bisa menemukan senjata-senjata yang digunakan dalam Perang Puputan di sini.

Untuk bisa memasuki museum, BTG Traveler perlu memerhatikan dress code yang berlaku. Yaitu Kain Sarong dan Selendang yang diikat di pinggang. Biasanya, kain ini akan diberikan saat di pintu masuk dan harus dipakai selama menjelajahi area tempat wisata.

Jam Operasional : 08.00 – 17.00
Tiket Masuk : Termasuk dalam tiket masuk objek wisata Kertha Gosa
Lokasi : Jl. Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali (Google Maps)

3. Monumen Puputan Klungkung

bookingtogo

Objek wisata di Klungkung selanjutnya juga tidak jauh dari wisata Kertha Gosa. Monumen Puputan Klungkung ini bahkan bisa terlihat jelas dari Kertha Gosa karena memiliki ketinggian sekitar 28 meter. Jika melihat dari tahun didirikannya, monumen ini bisa dibilang cukup baru. Monumen Puputan diresmikan pada tanggal 28 April 1992.

Sama seperti mengunjungi museum Semarajaya, BTG Traveler juga perlu menggunakan kain sarong dan selendang saat berkunjung ke monumen ini. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Monumen Puputan Klungkung adalah di pagi hari, yaitu sekitar jam setengah 9.

Jam Operasional : 08.00 – 17.00
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi : Semarapura Tengah, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali (Google Maps)

4. Puri Klungkung

 

Puri Klungkung atau Puri Agung Semarapura merupakan istana dari raja yang saat ini. Namun, puri ini sebenarnya adalah puri yang terhitung baru. Puri lama yang dibangun sejak zaman kerajaan Belanda sudah hancur akibat Perang Puputan melawan kolonial Belanda. Setelah hancur, lokasi puri dipindahkan ke sebelah barat laut yang berbeda dengan lokasi puri lama berada.

Sayangnya, kalau BTG Traveler datang ke tempat wisata di Klungkung ini, kamu tidak bisa masuk ke dalam puri. Namun, BTG Traveler masih bisa melihat gerbang istana atau berfoto dari pinggir jalan. Untuk memasuki gerbang istana atau area dalam puri, BTG Traveler membutuhkan izin langsung dari pihak puri.

Jam Operasional : 24 jam
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi : Jl. Untung Surapati, Semarapura Tengah, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali (Google Maps)

5. Lapangan Puputan Klungkung

 

Selanjutnya, BTG Traveler bisa beristirahat atau bersantai di Lapangan Puputan Klungkung. Lokasi lapangan ini berada tepat di depan gerbang Puri Kerajaan. Saat ini, lapangan sudah ditata dengan rapi dan menjadi objek wisata di Klungkung yang bisa dikunjungi siapa saja.

Biasanya, masyarakat sekitar akan datang ke lapangan sekitar sore hari untuk bersantai. BTG Traveler yang ingin menikmati suasana Klungkung bisa datang di waktu yang sama. Berbeda dengan wisata Klungkung lainnya, tidak ada dress code yang perlu digunakan untuk bisa datang ke Lapangan Puputan. Namun, pastikan kamu tetap menggunakan pakaian yang sopan dan sesuai tata krama masyarakat, ya!

Jam Operasional : 24 jam
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi : Jl. Untung Surapati No.25, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali (Google Maps)

6. Pasar Seni Kota Semarapura

 

Kalau biasanya para wisatawan datang ke Ubud untuk mencari pasar seni, BTG Traveler juga bisa menemukannya di tempat wisata di Klungkung. Pasar seni Klungkung berada di pusat kota Semarapura. Tepatnya di sebelah timur area parkir wisata Kertha Gosa. Kalau BTG Traveler mau mencari kain Endek atau Songket Bali, di sini adalah tempat yang tepat untuk menemukannya.

Kain Endek dan Songket Bali khas Klungkung dibuat secara tradisional menggunakan tenaga manusia. Sehingga, hasil produksinya terbatas dan harganya relatif mahal. Cocok untuk koleksi atau hadiah untuk orang terkasih.

Kalau BTG Traveler mengunjungi tempat wisata di Klungkung, pastikan untuk mampir ke Pasar Seni Kota Semarapura untuk membeli kain Endek atau Songket asli Klungkung.

Jam Operasional : 08.00 – 17.00
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi : Jl. Puputan No.7, Semarapura Kangin, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali (Google Maps)

7. Pura Goa Lawah Klungkung

 

Pura Goa Lawah sebenarnya merupakan salah satu wisata religi di Klungkung. Tempat ini berada di area pusat tempat suci. Selain itu, lokasinya juga berada di area perbukitan dengan pepohonan yang rimbun. Sehingga memberikan kesan yang takzim dan teduh.

Secara harfiah, Goa Lawah memiliki arti Gua Kelelawar. Nama ini sesuai dengan lokasi gua yang menjadi habitat dari ribuan kelelawar. Selain itu, tempat ini juga dipercaya sebagai tempat keterkaitan dengan Sang Hyang Basuki, seekor naga yang menjadi penjaga pura.

Karena termasuk tempat suci, memasuki area wisata di Klungkung Goa Lawah juga memerlukan dress code. BTG Traveler yang datang harus menggunakan kain sarong dan selendang saat berkunjung. Dan sebaiknya tidak mengganggu peribadatan yang sedang berlangsung.

Jam Operasional : 08.00 – 17.00
Tiket Masuk : Rp10.000 (Anak-Anak), Rp20.000 (Dewasa)
Lokasi : Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali (Google Maps)

THR Indodana Promo

Nah, itulah beberapa destinasi wisata di Klungkung yang bisa BTG Traveler kunjungi. Jangan lupa untuk memerhatikan adat dan budaya setempat saat melakukan kunjungan. Kalau BTG Traveler tertarik untuk berkunjung ke Klungkung, Bali, BTG Traveler bisa memesan tiket pesawat dan hotel melalui Bookingtogo. Dan dapatkan penawaran serta harga terbaik di aplikasi dan website Bookingtogo. Smart Booking, Easy Travel!

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like