Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Desa terbersih di Bali – Hai, BTG Traveler! Saat liburan, tentu saja setiap orang menginginkan suasana yang bersih dan segar. Itulah yang akan BTG Traveler temukan saat mampir ke Desa Penglipuran, Desa Tigawasa, dan desa-desa lainnya di Bali. Selain menawarkan wisata alam dan adat, Bali juga memiliki banyak desa yang dapat dikunjungi sebagai wisata desa terbersih di Bali.

Bagaimana rasanya datang ke desa sebagai tempat wisata? Berikut ini adalah beberapa desa terbersih di Bali di Bali yang bisa kamu kunjungi dan nikmati:

1. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran
Desa Penglipuran credit via Mario Aristo

Gimana rasanya liburan ke tempat paling bersih di Indonesia? Kalau BTG Traveler merasa lingkungan kamu sudah cukup bersih, kamu harus banget coba mampir ke desa satu ini.

Desa penglipuran bukan hanya menjadi desa terbersih di Bali, tapi juga terbersih di Indonesia dan salah satu desa paling bersih di dunia. Klaim ini didukung juga dengan berbagai penghargaan di bidang lingkungan dan pariwisata yang sudah didapatkan oleh Desa Penglipuran. Termasuk di antaranya penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA), Kalpataru, dan bahkan masuk daftar Top 100 Sustainable Destination dari Green Destinations Foundation.

Kebayang kan gimana bersihnya desa satu ini?

Daya Tarik

Tapi, kebersihan bukan satu-satunya daya tarik Desa Penglipuran, lho. Selain sebagai desa terbersih di Bali, desa ini juga memiliki daya tarik lain yang tidak kalah menarik. Di antaranya tata ruang desa yang menggunakan konsep tri mandala, hutannya yang luas, dan kulinernya yang menggoda.

Kalau BTG Traveler datang ke desa ini di sekitar waktu Hari Raya Nyepi, kamu juga bisa menyaksikan tradisi ritual keagamaan Ngusaba yang banyak menarik perhatian wisatawan. Selain itu, ada juga Penglipuran Village Festival yang diadakan setiap akhir tahun.

Tiket Masuk dan Lokasi

Tiket Masuk:
Dewasa: Rp20.000 (Lokal), Rp30.000 (Asing)
Anak-Anak: Rp15.000 (Lokal), Rp25.000 (Asing)

Lokasi : Jl. Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali (Google Maps)

Document
gambar hotel

Kubuku Eco Dive lodge and Yoga

Mulai dari IDR 200.000-an di BookingToGo

2. Desa Tigawasa

Desa terbersih di Bali Desa Tigawasa
Desa Tigawasa credit by beritabuleleng.com

Lanjut ke desa berikutnya. Desa terbersih di Bali lainnya adalah Desa Tigawasa, salah satu desa tua yang berada di Bali. Meskipun merupakan desa tua atau Desa Bali Aga, suasana Desa Tigawasa sangat nyaman untuk wisata dan rekreasi. Kehidupan adat dan budaya tradisi juga masih dipegang erat oleh para penduduk desa.

Daya Tarik

Salah satu tradisi khas yang ada di desa ini adalah tradisi penguburan mayat. Jadi, ketika ada warga yang meninggal, masyarakat tidak akan melakukan Ngaben atau pembakaran. Sebagai gantinya, mayat tersebut akan dikubur menggunakan kain batik. Iya, kain batik! Unik, kan? Upacara ini kabarnya sesuai dengan kepercayaan masyarakat kepada Dewa Swambu.

Baca Juga:  Rekomendasi Itinerary Bali 4 Hari 3 Malam Bareng Teman dan Pasangan

Selain itu, ada juga budaya Meboros Kidang atau berburu rusa atau kijang. Kijang atau rusa hasil buruan nantinya akan digunakan sebagai sarana Pecaruan untuk menyambut Hari Raya Sipeng Adat atau Nyepi Desa.

Desa Tigawasa juga dikenal dengan kesenian dan kerajinan anyaman bambu. Jadi, ada banyak kerajinan yang bisa BTG Traveler bawa pulang sebagai oleh-oleh atau cinderamata perjalanan sepulangnya dari Desa Tigawasa.

Lokasi Desa Tigawasana

Lokasi: Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali (Google Maps)

3. Desa Sidatapa

Desa Sidatapa
Desa Sidatapa credit by bali.idntimes.com

Desa Sidatapa juga merupakan salah satu desa tua dan desa terbersih di Bali. Kabarnya, desa ini sudah mulai didirikan sejak tahun 785 M. Sebelum bernama Desa Sidetapa, desa ini sempat punya nama lain. Namanya Desa Gunung Sari Munggah Tapa. Menurut BTG Traveler, lebih cocok nama lama atau nama barunya?

Sayangnya, belum ada prasasti yang menceritakan desa ini secara pasti. Jadi, informasi tentang desa ini masih merupakan informasi turun temurun yang disampaikan oleh tetua adat.

Daya Tarik

Ada banyak daya tarik yang dimiliki oleh Desa Sidetapa. Dari mulai wisata alamnya, hingga kebudayaan yang masih melekat. Kalau BTG Traveler datang ke desa ini, kamu akan melihat adanya rumah adat kuno yang masih berdiri. Rumah ini dinamakan sebagai Bale Gajah Tumpang Salu.

Kabarnya, rumah adat tersebut sudah ada sejak desa ini didirikan. Yang menjadi unik adalah temboknya yang terbuat dari tanah dan terdapat 12 tiang kayu sebagai penyangga. Ada juga yang mengatakan kalau bahan bangunan rumah ini dibuat dari campuran tanah liat, batu paras, dan air tuak sebagai perekat. Selain itu, posisi rumah kuno ini juga membelakangi jalan.

Selain rumah kuno, Desa Sidetapa juga memiliki ritual adat dan tarian khas Desa. Kalau datang di saat perayaan berlangsung, kamu bisa menikmati penampilan dan ritual adat Desa Sidetapa yang mempesona.

Lokasi Desa Sidatapa

Lokasi: Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali (Google Maps)

4. Desa Cempaga

Desa terbersih di Bali Desa Cempaga
Desa Cempaga Buleleng by desacempagabuleleng.blogspot.com

Satu lagi desa tua atau Desa Bali Aga yang ada di kecamatan Banjar, yaitu Desa Cempaga. Sejak tahun 2017, desa ini telah ditetapkan sebagai desa wisata. Letaknya juga relatif dekat dengan Desa Tigawasa dan Desa Sidetapa.

Jadi, BTG Traveler bisa merencanakan perjalanan ke 3 desa terbersih di Bali ini dalam waktu yang berdekatan. Jadinya lebih hemat waktu kan?

Daya Tarik

Daya tarik Desa Cempaga bukan hanya statusnya sebagai desa tua atau desa terbersih di Bali saja. Desa ini juga masih memiliki budaya tradisi yang kuat. Kamu bahkan bisa menemukan berbagai tarian sakral yang masih dilakukan oleh warga sekitar di Pura Desa. Termasuk tari baris, tari pendet, tari jangkang, dan tari rejang.

Baca Juga:  5 Pantai Baru di Bali yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Liburan

Kalau mau menyaksikan penampilan tari di Desa Cempaga, cobalah untuk datang di saat upacara agama atau perayaan adat dilakukan. Misalnya saat Mecacar, Galungan, atau saat Karya Agung Muayon dilakukan. Biasanya, Galungan sendiri rutin diadakan di pura sekitar pukul 01.00 WITA. Jadi, BTG Traveler bisa mencoba datang di sekitar waktu tersebut.

Lokasi Desa Cempaga

Lokasi: Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali (Google Maps)

Document
gambar hotel

Puri Saron Denpasar Hotel

Mulai dari IDR 300.000-an di BookingToGo

5. Desa Jatiluwih

Desa Jatiluwih Desa terbersih di Bali
Desa Jatiluwih credit by Somchay Vouthisisombath

Terakhir, ada desa Jatiluwih. Meski disebutkan terakhir, bukan berarti kebersihan di desa ini kalah dengan desa terbersih di Bali yang sudah disebutkan sebelumnya ya. Coba deh datang ke desa ini, kamu akan langsung dihadapkan dengan suasana alam yang syahdu dan segar banget. Rasanya seperti pulang ke kampung halaman atau ke rumah nenek.

Daya Tarik

Salah satu daya tarik dari desa ini adalah sawah dan teraseringnya. Terasering Desa Jatiluwih adalah salah satu yang terbaik. Karena itu, kamu akan menemukan banyak sekali tempat wisata dan kuliner yang menampilkan keindahan pesawahan di Desa Jatiluwih, Bali.

Selain itu, sistem irigasi yang digunakan juga masih menggunakan sistem tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat Bali. Sistem yang dinamakan sebagai Subak ini bahkan telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada tahun 2012 lalu.

Kabarnya, memang bertani di desa Jatiluwih harus sesuai dengan petunjuk adat alias harus tradisional. Mulai dari caranya sampai bahan yang digunakan. Kalau melanggar, nantinya akan dihadapkan pada tetua dan menerima sanksi adat. Nggak heran kalau suasana di desa ini jadi asri dan bersih sekali.

Lokasi Desa Jatiluwih

Lokasi: Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali (Google Maps)

Kembali Ke Bali, Jangan Lupa Akomodasinya Beli Disini !

Promo Bookingtogo

Nah, itulah beberapa desa terbersih di Bali yang bisa kamu kunjungi saat liburan atau cuti selanjutnya. Dari rekomendasi desa di atas, mana yang paling penasaran ingin BTG Traveler kunjungi? Yuk Segera kesana, jangan lupa beli hotel dan tiket pesawatnya di Bookingtogo ya! Bookingtogo selalu menyediakan hotel dan tiket pesawat dengan penawaran terbaik untuk kamu. Selamat liburan! Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.