Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Foreword Library Cilandak – Belakangan, perpustakaan menjadi tempat yang banyak digemari lagi. Beragam perpustakaan dengan desain estetik kembali bermunculan. Salah satunya adalah Foreword Library Cilandak. Selain menawarkan tempat yang estetik, perpustakaan ini juga memiliki koleksi buku yang menarik dan tempat yang nyaman untuk membaca atau bekerja.

Daya Tarik Foreword Library

Foreword Library merupakan sebuah perpustakaan pribadi milik Nihlah Assegaf. Sejak kecil, Nihlak memang sudah memiliki banyak koleksi buku dalam genre yang beragam. Hal ini membuat dirinya sering menjadi tempat meminjam dan referensi baca oleh kawan-kawannya.

Berangkat dari hal tersebut, Nihlah memutuskan untuk membuat sebuah perpustakaan. Dengan begitu, banyak orang bisa membaca dan meminjam koleksi pribadinya. Ide inilah yang digagas oleh Nihlah sejak usianya masih 17 tahun. Saat itu, koleksi buku Nihlah sudah mencapai 500 buku.

Hingga saat ini, koleksi buku di Foreword Library Cilandak masih terus bertambah. Selain dari koleksi pribadi Nihlah, perpustakaan ini juga membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menyumbangkan buku. Namun, ada standar tertentu agar buku yang disumbangkan bisa diterima. Standar ini mencakup kelayakan fisik dan juga isi dari buku yang disumbangkan.

Ruang Baca foreward library
Vibes foreward library by Foreword Library at Teras Sebelas

Lokasi & Harga Tiket Masuk

Secara umum, tidak ada tiket masuk yang ditetapkan untuk bisa masuk ke perpustakaan ini. Hanya saja, kamu perlu membayar biaya keanggotaan jika ingin meminjam buku yang tersedia.

Lokasi dan Jam Buka

Lokasinya berada di Cilandak Timur. Tepatnya di Jalan Jeruk Purut No. 11 RT 06 RW 03, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Atau kamu bisa langsung mengetikkan “Foreword Library” di Google Maps.

Kalau mau datang ke perpustakaan ini, kamu bisa datang di hari Selasa sampai Sabtu. Sedangkan hari Minggu dan Senin adalah hari libur perpustakaan. Selain itu, perpustakaan juga tutup pada tanggal merah atau hari libur nasional.

Untuk hari Selasa sampai Jumat, perpustakaan buka mulai jam 11 siang sampai dengan setengah 8 malam. Sedangkan di hari Sabtu, perpustakaan buka lebih pagi dan tutup lebih cepat. Yaitu mulai dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang.

Cara ke Foreword Library

Cara terbaik untuk ke Foreword Library Cilandak adalah dengan menggunakan angkutan umum. Selain karena mudah, angkutan umum juga membuat kamu tidak perlu pusing dengan lokasi parkir. Kamu bisa naik angkutan S11 dari stasiun Pasar Minggu dan turun di Puskesmas Cilandak Timur. Selanjutnya, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh 1 Km atau menggunakan ojek online.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Museum Kekinian di Jakarta yang Bisa Mengisi Liburan Sekolahmu

Sedangkan untuk pengguna TransJakarta, kamu bisa turun di Halte Ampera 2, yaitu halte setelah RSUD Pasar Minggu. Selanjutnya lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1,4 Km atau dengan menggunakan ojek online.

Document
gambar hotel

Nginep di Amaroossa Cosmo Jakarta

Mulai dari IDR 500.000-an di BookingToGo

Fasilitas Foreword Library

Fasilitas di Foreword Library Cilandak hampir sama dengan di perpustakaan pada umumnya meskipun areanya tidak terlalu besar. Kamu bisa melakukan peminjaman buku, membaca di ruang baca, hingga menggunakan ruang meeting. Selain itu, tersedia juga toilet dan ruang salat yang bisa kamu tanyakan kepada petugas.

1. Layanan Peminjaman Buku

Peminajaman buku di foreward library
Vibes foreward library by Foreword Library at Teras Sebelas

Layanan peminjaman buku ini hanya dikhususkan untuk anggota perpustakaan saja. Jadi, kamu harus melakukan pendaftaran sebelum bisa melakukan peminjaman. Biaya pendaftarannya juga relatif terjangkau dan bersahabat.

Tersedia 3 pilihan paket keanggotaan yang bisa kamu pilih. Yang pertama, keanggotaan 5 bulan dengan biaya Rp50.000. Kedua, keanggotaan satu tahun dengan biaya Rp100.000. Dan ketiga, keanggotaan 2 tahun dengan biaya Rp150.000.

Kamu bisa memilih paket keanggotaan sesuai preferensi dan kebutuhan. Tapi, kalau kamu berencana untuk membaca di tempat saja, maka tidak akan dikenakan biaya apa pun alias gratis.

2. Ruang Membaca

ruang baca Foreword Library
Ruang baca di foreword library by Foreword Library at Teras Sebelas

Terdapat dua jenis ruang baca yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Yang pertama adalah ruang baca anak dan remaja. Dan yang kedua adalah ruang baca umum atau dewasa. Di ruang baca anak, kamu akan menemukan kasur yang bisa dinikmati sambil belajar literasi. Sedangkan di ruang baca umum terdapat sofa dan bean bag yang dapat digunakan saat membaca.

3. Ruang Meeting

Ruangan meeting Foreword Library
ruang meeting Foreword Library by Foreword Library at Teras Sebelas

Selain ruang baca, Foreword Library juga memiliki ruang meeting yang berukuran kecil dan besar. Jika kamu ingin menikmati fasilitas ini, kamu harus melalui sistem booking terlebih dahulu. Sampaikan kepada petugas kalau kamu ingin menggunakan ruang tersebut. Selanjutnya, petugas akan membantu kamu menyiapkan yang perlu disiapkan.

4. Fasilitas Lainnya

Foreward Library
Meja baca foreword library by Foreword Library at Teras Sebelas

Selain fasilitas di atas, perpustakaan Foreword Library Cilandak juga memiliki fasilitas pendukung lainnya. Seperti balkon, ruang teh, pojok penulis, hingga kafe. Keberadaan fasilitas-fasilitas ini dapat membuat pengalaman membaca semakin menyenangkan.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Pekanbaru yang Asyik untuk Malam hari
Document
gambar hotel

Nginep di Aloft South Jakarta

Mulai dari IDR 900.000-an di BookingToGo

Panduan Ke Foreword Library Cilandak

Sebelum datang ke perpustakaan ini, pastikan kamu sudah tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Foreword Library Cilandak. Berikut ini adalah beberapa panduan yang perlu kamu tahu:

1. Area Bebas Asap Rokok

Foreword Library merupakan lingkungan bebas asap rokok. Aturan ini berlaku baik untuk rokok tradisional maupun rokok elektrik. Jadi, pastikan kamu tidak menggunakan rokok di dalam area perpustakaan.

2. Dilarang Makan dan Minum

Kemudian, perpustakaan juga melarang makan dan minum di dalam ruangan. Namun, air putih atau minuman dengan tempat minum seperti tumbler diperbolehkan agar pembaca tetap terhidrasi selama membaca.

3. Buku Ramah Anak di Ruang Baca Anak dan Remaja

Di Foreword Library Cilandak, buku-buku pada ruang baca untuk anak dan remaja merupakan buku-buku yang ramah anak. Setiap buku sudah dikurasi agar sesuai untuk anak usia 8 tahun sampai dengan 12 tahun. Sedangkan buku remaja disesuaikan untuk anak usia 13 tahun sampai dengan 18 tahun. Jadi, kamu bisa merasa tenang saat datang ke perpustakaan ini bersama anak atau keluarga.

4. Tipe Buku di Ruang Baca Umum

Buku di ruang baca umum juga memiliki genre yang beragam. Baik untuk koleksi buku fiksi maupun buku non fiksi. Buku fiksi sendiri mencakup buku dari genre thriller atau misteri, science fiction, sastra, dan berbagai karya klasik lainnya. Sedangkan untuk buku non fiksi mencakup buku berbentuk esai, biografi, dan lain sebagainya.

5. Ketentuan Setelah Selesai Membaca

Setelah membaca, kalau kamu tidak berencana untuk meminjam buku, pastikan untuk tidak mengembalikan buku ke raknya. Terdapat semacam drop box yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan buku yang selesai dibaca. Selanjutnya, petugas perpustakaan akan mengembalikan buku tersebut ke rak yang seharusnya.

Habis staycay cuss langsung baca buku di Foreward Library Bareng BookingToGo yuk!

Promo Bookingtogo

Itulah beberapa panduan yang perlu kamu tahu dan perhatikan sebelum datang ke Foreword Library Cilandak. Kalau kamu berasal dari luar kota, kamu bisa mencari penginapan di sekitar perpustakaan atau memesan tiket pesawat ke Jakarta. Ada banyak penginapan yang bisa kamu pilih di sekitar Foreword Library. Penginapan ini juga bisa kamu pesan melalui Bookingtogo. Selain penginapan dan hotel, Bookingtogo juga menyediakan tiket pesawat ke dalam dan luar negeri. Temukan penawaran terbaik hanya di Bookingtogo. Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.