Panduan Wisata ke Festival Musim Gugur di China

Bagikan Artikel
0
(0)
4/5 - (1 vote)

Festival musim gugur di China – Bingung bulan ini mau liburan ke mana? Kamu bisa coba untuk pergi liburan ke China tanggal 29 September ini. Karena setiap tanggal tersebut, China mengadakan festival musim gugur. Buat kamu yang suka festival atau ingin melihat keseruan festival musim gugur di China, waktu ini bakal pas banget buat menikmati liburan seru di China.

Tapi, sebelum pergi ke sana, ada baiknya kamu tahu dulu beberapa fakta dan tips wisata ke festival musim gugur ini. Jadi, begitu sampai di sana, kamu nggak bingung dan bisa menikmati festival dengan lebih seru.

Fakta Unik Festival Musim Gugur di China

Bagi masyarakat China, festival musim gugur adalah salah satu festival yang penting. Sering kali, festival ini dirayakan dengan pulang kampung dan menikmati kue bulan bersama. Selain itu, festival yang juga disebut sebagai festival kue bulan ini juga memiliki beberapa fakta menarik, misalnya:

1. Tanggal Festival Tidak Selalu Sama

Tahun ini, festival musim gugur di China dirayakan pada tanggal 29 September. Tapi sebenarnya, tanggal ini bisa berubah setiap tahunnya. Jika mengikuti penanggalan Gregorian, biasanya festival ini dirayakan sekitar akhir September atau awal Oktober.

Namun, kalau mengikuti kalender lunar, festival ini selalu dirayakan pada hari kelima belas bulan kedelapan. Karena itu, tanggalnya seakan-akan selalu berubah setiap waktu. Kalau kamu berencana untuk merasakan festival ini, pastikan kamu sudah tahu tanggal perayaannya, ya!

2. Semua tentang Bulan

Pada dasarnya, festival ini diadakan pada waktu bulan purnama. Karena itu, hampir semua elemen perayaan berkaitan dengan bulan. Karena itu, hidangan khas perayaan ini disebut sebagai Kue Bulan.

Perayaan festival ini juga diwarnai dengan berbagai kegiatan kepada bulan. Dari mulai menghargai bulan, menyembah bulan, berdoa kepada bulan, mengharapkan keberuntungan kepada bulan, mengharapkan pernikahan yang baik kepada bulan, dan berbagai harapan juga doa lainnya.

3. Bulan Purnama Tidak Selalu Muncul

Meski begitu, bulan purnama tidak selalu muncul di langit saat festival musim gugur di China. Wajar saja, karena meskipun tanggal 15 diperkirakan sebagai bulan purnama, kehadiran bulan purnama bisa saja terjadi pada tanggal 14, 16, atau 17 pada kalender lunar.

Selain itu, panjang hari diatur oleh pergerakan matahari. Sehingga, fase bulan bisa saja tidak muncul secara tepat. Karena itu, ada juga waktu-waktu ketika bulan justru bisa dilihat pada siang hari. Ada juga faktor lain seperti cuaca yang membuat bulan purnama tidak terlihat di langit.

4. Berasal dari Tradisi 3000 Tahun Lalu

Upacara pemujaan bulan ternyata sudah ada sejak Dinasti Zhou (1046-256 SM). Namun, catatan mengenai tradisi ini baru muncul di era Dinasti Han (202 SM – 220 M). Pada masa itu, rakyat China melakukan pemujaan dengan cara menari dan menyanyi di bawah sinar bulan. Pemujaan ini dilakukan setiap hari kelima belas bulan kedelapan kalender Lunar.

Kemudian, kebiasaan ini semakin populer di era awal Dinasti Tang (618 – 907 M) dan menjadi hari libur resmi pada era Dinasti Song (960 – 1279 M). Di era Dinasti Ming (1368 – 1644 M) hingga era Dinasti Qing (1644 – 1911 M), kepopuleran festival musim gugur di China sudah setara dengan Tahun Baru Imlek.

5. Dirayakan oleh Beberapa Negara Asia Lainnya

Selain China, beberapa negara Asia lain juga ada yang merayakan festival musim gugur. Termasuk Jepang, Korea Selatan dan Korea Utara. Namun, setiap negara memiliki cara yang unik dan berbeda dengan festival musim gugur di China.

Tips Menikmati Musim Gugur di China

Agar pengalaman liburan dan menyaksikan festival musim gugur di China lebih berkesan, ada baiknya kalau kamu melakukan beberapa persiapan, di antaranya:

1. Pilih Destinasi yang Mau Dikunjungi

Destinasi festival musim gugur di china
Destinasi di china credit via Pixabay

Memilih tujuan liburan sangat penting saat kamu mau pergi ke China. Sebaiknya, pilih beberapa tempat yang ingin kamu kunjungi. Akan lebih baik lagi kalau kamu mempertimbangkan jarak antara satu lokasi dengan lokasi lainnya. Dengan begitu, kamu bisa merasakan pengalaman liburan dengan lebih maksimal.

Sebagai gambaran, kalau kamu memiliki minat terhadap sejarah dan budaya China, Beijing, Xian, Shanxi, Shandong, dan Gansu bisa jadi pilihan yang menarik. Sedangkan kalau kamu mau menikmati alam saat musim gugur, Lembah Jiuzhai, Kanas, dan Sichuan Barat bisa jadi destinasi yang direkomendasikan.

Ada juga destinasi wisata seperti Yellow Mountain, Zhangjiajie, dan Gunung Emei. Destinasi ini cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan senang menjelajah. Kota Hangzhou, Nanjing, Xiamen, dan Chengdu bisa jadi pilihan untuk jalan-jalan yang lebih santai atau city tour.

2. Hindari Golden Week

Golden Week di China
Golden Week China Credit via tripsavvy.com

Golden Week liburan ke China biasanya berlangsung pada tanggal 1 sampai 7 atau 8 Oktober. Pada tanggal tersebut, China memiliki liburan resmi yang panjang atau semacam long weekend. Ditambah lagi, banyaknya turis yang datang membuat banyak tempat wisata di China jadi padat pengunjung.

Kalau kamu memang mau jalan-jalan ke China pada tanggal tersebut, sebaiknya hindari area yang ramai dan mainstream. Sebagai gantinya, kamu bisa liburan ke area yang cenderung sepi. Misalnya Yunan, Western Sichuan, Guizhou, Tibet, dan lain-lain. Hindari kota besar seperti Beijing, Xian, Shanghai, Guilin, dan lain sebagainya.

3. Pakai dan Bawa Pakaian yang Sesuai

Pakaian Musim Gugur di china
Perayaan Festival Musim Gugur credit via bolong.id

Secara umum, cuaca sepanjang musim gugur cenderung sejuk dan nyaman. China akan sedikit hangat pada bulan September dan lebih dingin di bulan November. Tapi, kadang-kadang bisa saja cuacanya berbeda tergantung kota mana yang kamu kunjungi. Apalagi, China termasuk dataran yang luas, jadi rentang cuacanya juga bisa jauh sekali.

Karena itu, pastikan kamu sudah tahu bagaimana kondisi kota yang kamu datangi. Kemudian, persiapkan pakaian yang cocok dengan cuaca di China. Tidak ada salahnya membawa jaket atau sweater. Tapi, kalau cuacanya agak sejuk, kamu bisa menggunakan kaos saja.

Dengan memilih pakaian yang pas, menyaksikan festival musim gugur di China juga akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Kuliner yang Bisa Ditemui

Setiap musim di China biasanya memiliki kuliner khasnya masing-masing. Termasuk saat musim gugur. Berikut ini adalah beberapa kuliner yang bisa ditemui saat datang ke festival musim gugur di China:

1. Labu

Labu

Dulu, orang-orang yang tidak cukup mampu membeli kue bulan akan membeli labu sebagai penggantinya. Jadi jangan heran kalau kamu melihat banyak penjual labu di China saat musim gugur. Biasanya, labu ini akan diolah menjadi makanan atau minuman. Misalnya sup labu, puding labu, sampai pumpkin fries.

Document
gambar hotel

Terbang Ke Hongkong Bareng BookingToGo

Pesan Tiket Pesawat ke Hongkong Mulai dari IDR 5.000.000-an

2. Bebek

Bebek festival china
Bebek raksasa credit via wartabuana.com

Biasanya, bebek dinikmati oleh masyarakat China saat perayaan Imlek. Tapi ternyata, hewan satu ini juga disajikan saat festival musim gugur di China. Salah satu alasan bebek sering disajikan adalah karena kepercayaan yang dipegang masyarakat China. Banyak yang menganggap kalau bebek adalah makanan pemberi energi positif. Karena itu, menghidangkan bebek saat hari besar sangat penting.

3. Kue Bulan

Kue bulan

Bicara soal festival musim gugur di China, tentu saja tidak lepas dari kue bulan. Makanan ini adalah salah satu makanan wajib dan ciri khas festival musim gugur. Memakan kue bulan bersama keluarga juga dipercaya sebagai lambang kemakmuran, kebersamaan, dan keutuhan keluarga.

Jangan Lama-Lama Lembur, Yuk Nikmati Festival Musim Gugur Bareng Travel Vaganza di BookingToGo!

Promo Bookingtogo

Nah, itulah serba-serbi dan panduan wisata yang perlu kamu tahu sebelum liburan ke China. Kalau kamu berencana untuk menyaksikan festival musim gugur di China, jangan lupa untuk membeli tiket pesawat melalui Bookingtogo. Selain praktis, Bookingtogo juga selalu menyediakan penawaran terbaik dan harga yang terjangkau. Smart Booking, Easy Travel!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like