5 Keunikan Kampung Pelangi Taiwan dan Aktivitasnya

Bagikan Artikel
0
(0)
5/5 - (1 vote)

Kampung Pelangi Taiwan – Kalau BTG Traveler wisata ke Taiwan, ada satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan. Namanya, Kampung Pelangi Taiwan atau Rainbow Village Taichung. Sesuai namanya, keunikan Kampung Pelangi Taiwan ada pada banyaknya lukisan atau doodle yang ada di kampung ini. Sehingga tampak berwarna-warni seperti pelangi.

Lukisan atau doodle ini bukan hanya ada di dinding saja. Tapi juga di jalanan, tembok, pintu, hingga jendela. Sehingga, ketika dilihat atau pun di foto akan terlihat cantik dan colorful. Tertarik untuk datang ke Kampung Pelangi Taiwan? Cari tahu dulu beberapa hal berikut ini.

Jam Operasional, Tiket Masuk, dan Lokasi

Kampung pelangi Source from: iStock

Jam Operasional : 08.00 – 18.00
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi : Lane 56, Chun’an Road, Nantun District, Taichung City, Republik Tiongkok (Google Maps)

Kalau BTG Traveler berangkat dari pusat kota Taichung, BTG Traveler dapat melihat keunikan Kampung Pelangi Taiwan setelah perjalanan selama 45 menit sampai 1 jam. Tergantung kemacetan dan kondisi lalu lintas saat itu.

Asal-Usul Kampung Pelangi Taiwan

Pada awalnya, Kampung Pelangi Taiwan adalah sebuah desa “tanggungan militer” biasa bernama Desa Caihongjuan. Desa ini dibangun sekitar tahun 1940 dan 1950 sebagai perumahan sementara untuk para tentara nasionalis. Seiring waktu, tempat ini akhirnya menjadi pemukiman permanen.

Sayangnya, kampung ini sering sekali mengalami berbagai masalah perkotaan. Mulai dari perumahan yang terabaikan, rumah yang tidak terurus, kumuh, dan lain-lain. Kemudian, muncul kebijakan pengembangan daerah. Akibat kebijakan tersebut, lingkungan Desa Caihongjuan mulai digusur perlahan-lahan.

Banyak warga yang akhirnya pindah dan meninggalkan salah satu warga sendiri, yaitu Huang Yung Fu. Seorang kakek berusia 96 tahun. Karena kesepian dan sebagai perpisahan kepada rumah serta desanya, dia mulai menggambar area rumahnya. Setelah area rumahnya selesai digambar, dia pun mulai menggambar area sekitar rumahnya dan terus meluas.

Huang Yu Fu mulai menggambar sekitar tahun 2008 dengan berbagai macam gambar. Mulai dari gambar hewan, selebriti, termasuk juga karakter-karakter unik yang lucu. Akibat jerih payahnya tersebut, rumah Huang Yu Fu dan sekitarnya bisa bebas dari penggusuran, bahkan menjadi salah satu destinasi wisata Taiwan.

Siapa sangka kalau hasil karya seorang kakek bisa menjadi keunikan Kampung Pelangi Taiwan? Selain itu, Huang Yu Fu kini juga dipanggil sebagai “Rainbow Grandpa”.

Daya Tarik dan Keunikan Kampung Pelangi Taiwan

Keindahan lukisan di desa ini memang menjadi salah satu keunikan Kampung Pelangi Taiwan. Namun, keunikan tersebut bukan satu-satunya daya tarik dari kampung ini. Ada banyak daya tarik lain yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke kampung ini, di antaranya:

1. Lukisan Warna-Warni


Art Source from: The Nomadic Vegan

Sesuai namanya, keunikan Kampung Pelangi Taiwan ada pada keindahan lukisan warna-warni yang dibuat oleh Grandpa. Semua bagian dinding dan kompleks dipenuhi lukisan dengan warna terang dan goresan kuas yang menarik.

Meskipun Grandpa tidak memiliki keahlian khusus di bidang seni, hasil lukisannya tetap indah dan dapat dinikmati. Baik untuk dipandang atau pun sebagai latar belakang foto yang instagramable.

2. Toko Suvenir

souvenir Source from: Taiwanese Secrets 

Bukan hanya bagian luar rumah dan pertokoan, bagian dalam toko suvenir di desa ini juga sangat mencerminkan keunikan Kampung Pelangi Taiwan. Di sini, BTG Traveler dapat membeli berbagai suvenir yang merupakan versi mini dari lukisan Grandpa.

Ada berbagai benda yang bisa kamu bawa pulang. Mulai dari kaos printed, payung, dompet paspor, magnet, topi, tas, mug, postcard, dan masih banyak lagi.

3. Story Room

story room Source from: ariography

Ingin tahu lebih banyak tentang asal usul Kampung Pelangi Taiwan? BTG Traveler bisa mengunjungi Story Room. Di sini, kamu bisa mengetahui lebih jauh tentang sejarah desa dan juga pelukis desa ini. Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan kalau kamu datang ke Kampung Pelangi Taiwan.

4. Thunder Egg

Thunder Egg Source from: ChooChoo ca Chew

Selain toko suvenir dan story room, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner yang enak. Salah satu yang terkenal adalah thunder egg. Makanan ini merupakan sajian telur yang direbus di dalam teh oolong, teh hitam, atau pun jenis teh lainnya.

Sajian unik satu ini cukup populer di Taiwan. Tapi, kalau BTG Traveler kurang suka dengan thunder egg, kamu juga bisa memesan menu lainnya, misalnya es krim stik. Menu ini bisa kamu temukan di dekat Art Color Main Shop.

5. Fun Bar

fun bar Source from: Trip Advisor

Lelah berkeliling dan melihat keunikan Kampung Pelangi Taiwan? BTG Traveler bisa mampir sebentar di Fun Bar. Secara umum, tempat ini menjual aneka minuman dan makanan. Seperti bubble tea, kopi, soda, dan masih banyak lagi.

Lokasi Fun Bar juga berada tidak jauh dari pintu keluar area playground. Jadi, kalau BTG Traveler membawa anak ke sini, kamu bisa lebih tenang dan santai di Fun Bar sambil menunggu anak bermain di area playground.

Tips Berkunjung ke Kampung Pelangi Taiwan

Tertarik untuk berkunjung ke Kampung Pelangi Taiwan? Jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa tips berikut ini:

1. Hindari Menggunakan Pakaian Motif

ootd Source from: The world is a playground

Hampir seluruh area Kampung Pelangi Taiwan dipenuhi lukisan karakter, artis, hewan, atau tumbuhan. Memakai pakaian motif akan membuat hasil foto terkesan tabrakan dan kurang bagus.

2. Bawa Tabir Surya

sunscreen Source from: Picryl

Sebagian besar area Kampung Pelangi Taiwan berada di lokasi outdoor. Karena itu, membawa tabir surya dan mengaplikasikannya sangat penting.

3. Jangan Terlalu Lama

rainbow village taiwan Source from: Ario Travels

Lokasi Kampung Pelangi sebenarnya tidak terlalu luas. Karena itu, sebaiknya tidak tinggal terlalu lama di area tersebut. Kalau BTG Traveler merasa sudah cukup menikmati keunikan Kampung Pelangi Taiwan, tidak ada salahnya bergantian dengan pengunjung lainnya.

4. Pastikan Baterai Terisi Penuh

foto Source from: the nomadic vegan

Apalagi kalau BTG Traveler berencana hunting foto di sana. Akan cukup sulit mencari tempat untuk mengisi ulang daya baterai kalau kapasitas baterai tidak full. Untuk berjaga-jaga, BTG Traveler juga bisa membawa power bank.

5. Bawa Air Minum yang Cukup

minum air Source from: Pxhere

Cuaca yang panas dan lokasi outdoor bisa membuat BTG Traveler merasa haus lebih cepat. Pastikan membawa botol minum dan air yang cukup. Sehingga, BTG Traveler tidak sampai mengalami dehidrasi.

6. Datang di Pagi Hari atau Hari Kerja


crowd Source from: Flickr

Jika ingin berkunjung lebih lama, cobalah untuk datang di pagi hari atau hari kerja. Biasanya, pengunjung akan lebih sepi dibanding akhir pekan atau menjelang siang hari. Jadi, BTG Traveler bisa lebih bebas mengambil gambar dan berfoto di sana.

7. Mengobrol dengan Grandpa

grandpa Source from: South China Morning Post

Biasanya, Grandpa selalu ada di sekitar area Kampung Pelangi. Kalau kamu tidak sengaja bertemu Grandpa, tidak ada salahnya mengajak mengobrol atau berfoto sebentar. Grandpa akan senang sekali melakukannya.

Terbang ke Taiwan Pesan Tiket Pesawat ke Taiwannya di BookingToGo Yuk!

Promo Bookingtogo


Nah, itulah beberapa keunikan Kampung Pelangi Taiwan dan tips datang ke Kampung Pelangi yang menarik untuk diketahui. Tertarik untuk datang ke sini? Jangan lupa untuk mencari tiket pesawat dan hotel di Bookingtogo. Temukan harga dan penawaran terbaik serta hotel terdekat untuk liburan kamu. Selamat berlibur! Smart Booking, Easy Travel!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like