7 Rekomendasi Kuliner Korea untuk Musim Gugur

Bagikan Artikel
0
(0)
5/5 - (1 vote)

Kuliner Korea untuk musim gugur – Musim gugur adalah waktunya untuk makan. Karena itu, banyak orang Korea yang menikmati kuliner Korea untuk musim gugur. Bagi mereka, kuliner musim gugur adalah salah satu cara menghargai diri atas kerja keras yang mereka lakukan. Karena itu juga, banyak orang Korea yang menikmati makanan lezat dalam porsi besar.

Kebiasaan ini juga didukung adalah festival Chuseok, festival pertengahan musim gugur yang juga jadi hari libur besar di Korea Selatan. Kalau kamu datang ke Korea di waktu tersebut, kamu juga bisa mencoba beragam makanan kuliner Korea untuk musim gugur yang nikmat.

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi kuliner Korea yang harus kamu coba kalau datang ke Korea Selatan saat musim gugur:

1. Eomuk

Eomuk

Eomuk mulai populer di Korea tahun 70an, karena dianggap sebagai sumber protein yang affordable. Eomuk sendiri merupakan kue ikan yang terbuat dari adonan matang berisi daging ikan cincang.

Ada banyak hidangan eomuk yang populer, seperti eomuk tumis sayuran, salad eomuk, dan sup eomuk dengan kuah lobak. Musim gugur begini, aroma tumis eomuk dengan sayuran khas musim gugur akan terasa menggugah selera. Apalagi kalau ditambah juga dengan aroma sup eomuk. Tak jarang membuat kaki melangkah mendekati sumber aromanya tanpa disadari.

Selain itu, sebagai makanan berprotein tinggi dan rendah lemak, eomuk adalah lauk yang serbaguna. Oleh karena itu eomuk cocok untuk berbagai jenis masakan. Apalagi persiapannya sederhana. Eomuk ini juga merupakan pilihan makanan yang sehat. Walau demikian, tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan karena mengandung natrium yang tinggi.

2. Hotteok

Hotteok

Hotteok bisa juga disebut sebagai pancake Korea. Bedanya dengan pancake biasa, hotteok diisi gula merah, kayu manis, dan kacang cincang yang digoreng.

Kuliner di Korea untuk musim gugur ini termasuk dalam kategori camilan populer yang banyak dijajakan oleh penjual kaki lima. Bagaimana tidak? Adonannya yang kenyal dan hangat dengan kerenyahan di luar, dipadukan dengan sirop manis dari gula merah, ada pula yang memberikan sedikit rasa pedas.

Maklum aja kalau hotteok jadi desserts kuliner Korea untuk musim gugur yang disukai banyak orang. Apalagi ukurannya pas banget buat menghangatkan tangan yang kedinginan. Oh! Juga hidung meler. Tapi hati-hati, sebab gula merah cair yang terbungkus adonan, bisa jadi lava panas yang dapat membakar lidah dan mulut.

3. Gunbam

Gunbam

Gunbam, atau kastanye panggang, adalah jajanan populer di Korea. Jajan yang satu ini biasanya menjadi kuliner Korea untuk musim gugur yang mulai dijual dari akhir musim gugur sampai musim dingin oleh pedagang yang sering pakai topi. Sampai-sampai ada istilah “topinya pedagang kastanye panggang” atau “topinya penjual ubi panggang”.

Kalau hotteok bisa menghangatkan tangan yang kedinginan, gunbam jadi favorit orang-orang karena bisa menghangatkan mulut dan badan di musim dingin. Layaknya minum kopi atau cokelat panas seperti itulah sensasinya.

Katanya, kastanye terbaik di Korea Selatan ada di Gongju, provinsi Chungcheongnam-do. Setiap tahun di Gongju, diadakan festival Kastanye Panggang Musim Dingin yang menyediakan berbagai camilan. Nggak cuma gunbam, tapi juga berbagai macam dessert berbahan dasar kastanye lainnya. Selain itu, festival ini juga dimeriahkan oleh berbagai acara hiburan. Seperti pertunjukan seni hingga permainan rakyat tradisional.

Document
gambar hotel

Terbang Ke Seoul Bareng BookingToGo

Pesan Tiket Pesawat ke Korea Mulai dari IDR 3.000.000-an

4. Jeon-eo

grizzard shad
Jeon-eo credit by zenkimchi

Jeon-eo, atau grizzard shad adalah ikan kecil yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Korea, mulai dari Incheon sampai Seocheon. Jeon-eo yang punya nama ilmiah Konosirus Punctatus ini ternyata masih keluarga dekatnya ikan hering sama sarden. Ikan yang asalnya memang dari perairan pasifik di sekitar Korea.

Katanya, jeon-eo paling enak dinikmati sebagai kuliner Korea untuk musim gugur. Malah, orang Korea sendiri bilang kalau nggak ada waktu yang lebih baik buat menikmati jeon-eo selain musim gugur. Sebab musim gugur adalah waktu di mana cuaca cerah di malam hari, langit biru tak berawan di siang hari. Waktu-waktu yang juga bisa membuat kamu kepikiran seporsi jeon-eo panggang yang renyah atau tumpukan irisan jeon-eo mentah.

Bahkan ada ungkapan di Korea yang artinya, “aroma jeon-eo panggang akan membuat menantu perempuan yang melarikan diri pun kembali ke rumah”. Maksudnya, saking nikmatnya ikan kecil yang satu ini, sampai bisa bikin balik orang yang kabur.

5. Ggot-Gae

Ggot-Gae kuliner Korea untuk musim gugur
Ggot-Gae via matjibhunters

Kepiting, tapi agak sedikit berbeda dari blue crab, adalah ggot-gae. Salah satu yang membedakan ialah cangkang ggotgae yang lentur. Ggot-gae sendiri, terutama yang jantan, wajib dinikmati saat musim gugur. Sebab ggot-gae jantan cenderung lebih besar dan berdaging saat gugur, sedangkan ggot-gae betina banyak bertelur dan mahal di kala musim semi.

Salah satu olahan ggot-gae yang banyak dibuat sebagai kuliner Korea untuk musim gugur adalah ggotgaetang atau korean crab stew. Dari seporsi ggeotgaetang, kamu nggak hanya bisa menikmati daging kepiting ggot-gae yang manis, tapi juga kuah kaldu yang pedas, gurih, dan lezat serta sayuran yang lembut, kental dan beraroma tanah. Ggotgaetang yang dibuat dengan sayuran-sayuran musim gugur tentu akan menambah selera makan.

6. Ganjang Gejang

Ganjang Gejang kuliner Korea untuk musim gugur

Ganjang Gejang adalah kepiting mentah yang direndam dalam kecap asin dan bumbu khas Korea. Meski nggak cocok buat semua orang, hidangan yang satu ini agak susah juga dijelasin kalau belum pernah nyoba.

Tapi kalau sudah pernah nyoba, kamu bisa aja ketagihan. Soalnya masakan ini mengandung semua cita rasa laut yang enak banget. Bahan utama Ganjang Gejang tuh kepiting, tapi bukan sembarang kepiting, melainkan Blue Crab. Nah, Blue Crab ini tuh cuma ada pas musim gugur. Jadi kalau mau nyobain Ganjang Genjang terbaik, ya memang pas sebagai kuliner Korea untuk musim gugur.

7. Jamur Matsutake

matsutake mushrooms kuliner Korea untuk musim gugur

Pecinta drama Asia pasti sudah nggak asing sama jamur matsutake. Jamur ini memang memiliki rasa yang enak dan kaya nutrisi. Sayangnya, nggak mudah buat menemukan jamur matsutake ini. Karena jamur ini hanya bisa dipanen saat musim gugur saja.

Untuk bisa menikmati jamur matsutake sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa menikmatinya setelah dipanggang. Bakal lebih enak lagi kalau dikasih bumbu. Tapi bumbunya pun cukup bumbu sederhana saja. Dijamin rasanya bikin nagih dan ingin tambah lagi.

Kalau kamu berkunjung ke Korea saat musim gugur, kamu bisa membeli jamur ini sebagai kuliner Korea untuk musim gugur. Tapi kalau mau lebih hemat dan bereksplorasi, nggak ada salahnya buat beli jamur ini di supermarket terdekat dan memanggangnya bersama teman atau keluarga.

Liburan Sambil Kulineran di Korea Paling Pas Kalau Bareng BookingToGo!

Promo Serbu Indodana

Nah, itulah 7 kuliner Korea untuk musim gugur yang bisa kamu jadikan rekomendasi saat liburan ke Korea nanti. Biar lebih praktis, jangan lupa untuk melakukan pemesanan hotel dan pesawat melalui Bookingtogo. Ada banyak penawaran seru dan menarik yang bisa kamu dapatkan di Bookingtogo. Selamat berlibur!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like