10 Desa Wisata Banten yang Menyimpan Banyak Hidden Gem

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

Desa wisata di Banten – Tertarik untuk berkunjung ke Banten? Selain tempat wisata populer, Banten juga menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya desa wisata di Banten. Ada banyak desa wisata yang bisa kamu kunjungi di Banten. Setiap desa memiliki keunggulan dan daya tariknya masing-masing.

Nah, bagi BTG Traveler yang ingin mengulik wisata Banten, bisa banget datang langsung ke beberapa desa wisata berikut ini:

1. Desa Wisata Pantai Citarate

 

BTG Traveler bisa mencoba mengunjungi Pantai Citarate, di Lebak, Banten. Desa wisata di Banten ini berada di ujung selatan Banten, yang berbatasan langsung dengan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Di sini kamu akan disuguhi kecantikan alam yang tiada dua, dengan ombak yang tenang.

Masih di lokasi yang sama, BTG Traveler juga bisa menemukan muara sungai Citarate, lengkap dengan persawahan dan kebun kelapa yang mengelilinginya. Karenanya, tidak jarang yang merasa kalau Pantai Citarate seperti pantai pribadi.

Selain itu, kamu juga bisa berfoto di Puncak Teratai atau di Jembatan Warna, dua fasilitas yang belum lama dibangun, dengan latar pemandangan yang indah. Oh ya, kalau suka, kamu juga bisa memancing ikan-ikan berkelas di muara Citarate, lho.

Aktivitas : Berenang, Memancing, Berkemah, Kuliner.
Lokasi : Cireundeu, Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten (Google Maps)

2. Desa Wisata Ekraf Tanjung Lesung

 

Rekomendasi desa wisata di Banten yang selanjutnya adalah Desa Wisata Ekraf Tanjung Lesung. Tempat ini merupakan wisata edukasi yang berada di Tanjungjaya, Panimbang, Kabupaten Pandeglag, Banten. Sebagai tempat yang mengusung ekonomi kreatif, wisata edukasinya beragam. Begitu juga dengan kerajinannya. Seperti, kerajinan batik Cikadu, batok kelapa, anyaman bambu hingga kayu jati.

Tidak hanya itu, BTG Traveler juga bisa mencoba survival experience. Bermodal Rp100.000 per orang, kamu akan diajari praktik bertahan hidup bila tersesat di hutan, atau terdampar di pulau tak berpenghuni. Ada pula aktivitas transplantasi terumbu karang, yang bisa BTG Traveler dapatkan dengan biaya Rp200.000. Kamu nantinya dapat mencoba mentransplantasi atau menanam terumbu karang, sekaligus wisata ekologi.

Aktivitas : Survival Experience, Transplantasi Terumbu Karang.
Lokasi : Tanjungjaya, Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten (Google Maps)

3. Desa Wisata Gunung Kendeng

 

Rekomendasi desa wisata di Banten kali ini ialah Gunung Kendeng. Gunung yang berseberangan dengan Gunung Luhur ini, tepatnya berada di Desa Citorek Timur, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. Seperti Gunung Luhur, Gunung Kendeng juga menyajikan pemandangan layaknya Negeri di Atas Awan.

Di sini, BTG Traveler bisa berkemah, memetik buah stroberi hingga bersepeda. Jalur bersepedanya berada di sebelah kanan setelah gerbang Wewengkon Kasepuhan Citorek.

Aktivitas : Berkemah, Memetik Stroberi, Bersepeda.
Lokasi : Citorek Timur, Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. (Google Maps)

4. Desa Wisata Sawarna (Dewi Warna)

 

Rekomendasi desa wisata di Banten kali ini adalah Sawarna, merupakan rekomendasi paket lengkap. Dibilang paket lengkap karena di sini BTG Traveler bukan cuma bisa main di pantai, tetapi juga bisa melakukan susur gua, wisata agronomi, memancing ikan air tawar hingga memetik buah melon dari kebunnya langsung.

BTG Traveler juga tidak perlu khawatir mengunjungi beberapa pantai, yang memang jadi objek wisata di sini karena jalurnya sudah terintegrasi. Adapun pantai-pantai yang bisa kamu kunjungi seperti Pantai Tanjung Layar, Pantai Ciantir, Pantai Karang Taraje, Pantai Legon Pari, Pantai Goa Langir, dan tentu saja Pantai Sawarna.

Aktivitas : Susur Gua, Wisata Agronomi, Memancing, Memetik Buah Melon.
Lokasi : Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. (Google Maps)

5. Desa Wisata Pantai Muara Cibareno

 

Di desa wisata di Banten ini banyak pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantai. Kondisi desa masih asri dan berada di kaki bukit. Dijamin kamu tidak akan menemukan pemandangan yang sama di tempat lain. Kapan lagi kamu bisa menemukan pemandangan laut lepas dari atas bukit.

Bukan cuma itu, BTG Traveler juga bisa menikmati boga bahari segar yang dijual langsung oleh nelayan, di pinggir pantai. Kalau kamu mau berkemah di pinggir pantai Muara Cibareno juga bisa. Tapi pastikan untuk minta izin terlebih dahulu, ya.

Karena ini pantai, tentu saja BTG Traveler bisa berenang, bahkan memancing ikan. Untuk memancing ini, pastikan kamu berkonsultasi dengan nelayan setempat, dan membawa peralatan memancing sendiri, ya. Ah ya, kamu juga bisa ke Pantai Citarate, lho dari sini karena hanya berjarak 4km.

Aktivitas : Berenang, Kuliner, Berkemah.
Lokasi : Cibareno, Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten (Google Maps)

6. Desa Wisata Religi Godam Denok

 

Agak sedikit berbeda, destinasi desa wisata di Banten kali ini merupakan wisata religi Godam Denok. Bukan tempat, Godam Denok adalah salah satu benda pusaka yang sudah melegenda di Banten sejak abad ke-16.

Godam Denok sendiri sebenarnya palu, yang diberi nama “si Denok”, yang merupakan hadiah dari Sultan Hasanuddin Banten. Nah, Godam Denok inilah yang digunakan untuk membuat Golok Ciomas, yang juga benda pusaka, yang jadi simbol kebanggaan warga Banten.

Aktivitas : Wisata Sejarah
Lokasi : Sirnagalih, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Google Maps)

7. Desa Wisata Padarincang

Desa Wisata Padarincang

Kalau yang ini, termasuk desa wisata di Banten, tepatnya di Serang, yang sedang hits. Berlokasi di Kabupaten Serang, Padarincang dikelilingi pegunungan dan sungai. Karena dikelilingi pegunungan, kamu dapat mengunjungi satu di antara curug-curug yang ada seperti Curug Leuwi Mangrod, Curug Leuwi Gumi, atau Curug Cikotak, untuk berenang atau sekedar bermain air.

Kalau ingin bermain air beramai-ramai, BTG Traveler juga bisa mencoba Arung Jeram, Body Rafting, River Tubing, atau River Family Offroad. Atau kalau kamu tidak mau main air, kamu juga bisa ikutan Fun Outbond atau Paintball, yang ada.

Aktivitas : River Tubing, Berenang, Arung Jeram, Outbond, Paintball.
Lokasi : Padarincang, Padarincang, Kabupaten Serang, Banten. (Google Maps)

8. Desa Wisata Bojong Mentang Lanskap Baduy

 

Bojong Menteng merupakan pintu masuk utama ke Saba Budaya Baduy. Jadi kalau kamu mau ke Baduy, ya kamu harus ke sini dulu. Di sini, kamu bisa mencoba aktivitas panen madu trigona, dan main ke kampung adat Jaro Dangka Cibengkung.

Di Bojong Menteng juga tersedia paket wisata ke Desa Adat Baduy, seharga Rp200.000. Sebelum ke Desa Adat Baduy, pastikan BTG Traveler mengikuti dan menghormati aturan yang diberlakukan warga setempat seperti meninggalkan peralatan elektronik, berpakaian sopan, dan tidak membawa makanan yang berlebihan.

Aktivitas : Panen Madu.
Lokasi : Bojong Menteng, Leuwi Damar, Kabupaten Lebak, Banten. (Google Maps)

9. Desa Wisata Citorek Barat

 

Desa wisata di Banten yang kali ini agak spesial, karena ada situs Megalitikum tertua di Nusantara, yakni Situs Lebak Cobedug. Bukan cuma itu, BTG Traveler juga bisa mengunjungi Curug Halimun atau mengunjungi Kampung Adat Cibedug.

Atau kalau kamu mencari pengalaman spiritual, BTG Traveler bisa melakukan ziarah spiritual bersama warga sekitar, atau melakukan meditasi bersama pengunjung lain. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa mencoba bermain angklung.

Aktivitas : Meditasi. Ziarah spiritual.
Lokasi : Citorek Barat, Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten (Google Maps)

10. Desa Wisata Danau Biru Cibanten

 

Seperti namanya, desa wisata di Banten ini diberi nama Danau Biru karena memiliki danau dengan air berwarna biru. Desa wisata ini terletak di lereng Gunung Karang, yang merupakan batas antar Kabupaten Serang dan Kabupaten Padeglang, membuat suasana di sekitar danau ini dingin dan sejuk. Kalau ke sini, BTG Traveler akan banyak mendengar mitos dan legenda tentang bagaimana danau ini terbentuk.

Aktivitas : Berenang, Kuliner.
Lokasi : Kampung Masigit, Desa Sukabares, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Banten. (Google Maps)

THR Indodana Promo

Nah, itulah beberapa rekomendasi desa wisata di Banten yang bisa kamu kunjungi saat liburan nanti. Jangan lupa untuk melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel melalui Bookingtogo. Selain menyediakan akomodasi terbaik, Bookingtogo juga memberikan harga dan penawaran terbaik untuk liburan kamu. Jadi, tunggu apalagi? Pesan di Bookingtogo sekarang juga! Smart Booking, Easy Travel!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like