5 Rekomendasi Wisata Kediri : Wisata Sejarah di Kota Terkaya Indonesia

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

Wisata Kediri – Jalan jalan yuk ke kediri, kota yang dinobatkan menjadi kota terkaya di Indonesia yang punya produk domestik regional bruto (PDRB) atau pendapatan per kapita mencapai Rp 457,98 juta di Indonesia. Selain menjadi kota terkaya di Indonesia Kota ini memang memiliki sejarah yang kental, dan dikenal sebagai pusat kebudayaan pada masa lalu, terutama pada masa kejayaan Kerajaan Kediri. Tak heran jika Kediri menjadi salah satu kota tujuan wisata sejarah di Indonesia. Di kota ini, terdapat berbagai situs bersejarah yang patut banget kamu kunjungi.

Goa Selomangleng Kediri

Goa Selomangleng Tempat Tapa Brata Dewi Kili Suci by Leo Y M

Goa selomangleng di Kediri ini mungkin tak sepopuler goa di daerah lain, tetapi jangan salah, keindahannya tak kalah menarik loh BTG Traveler. Goa ini merupakan tempat bertapanya Dewi Kilisuci, putri dari Raja Airlangga yang memilih menyendiri dan menjauhi hal duniawi. Terletak di Desa Waung, kecamatan Mojoroto, atau sekitar 20 menit dari Kota Kediri, goa ini memiliki beragam relief yang terpahat di dinding-dindingnya yang menambah pesona wisata sejarahnya.

Goa Selomangleng


Mengunjungi goa ini memungkinkan kita untuk melihat secara langsung goa tempat bertapa Dewi Kilisuci dan merasakan suasana spiritual yang ada di goa tersebut. Selain itu, ada banyak spot yang bisa kamu jadikan backround foto loh.

Lokasi Jl. Selomangleng, Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64115
Jam Buka Setiap Hari, Jam 07.00 – 17.00
Tiket Rp, 5.000 /Orang


Candi Surowono

Candi Surowono Pic of Candi Surowono by Fizky Pramuditya

Candi Surowono yang terletak di Desa Canggu, Pare, merupakan salah satu tempat bersejarah yang tak boleh dilewatkan kalau kamu berkunjung ke Kediri. Candi ini dibangun pada abad ke-14 dan berfungsi sebagai tempat memuliakan seorang raja bernama Bhre Wengker yang berkuasa pada masa itu.

Wisata Kediri, Candi Surowono


Meskipun tak sepopuler candi Hindu di daerah lain, keindahan arsitektur dan nilai sejarah yang terkandung di dalamnya tak kalah menarik. Candi Surowono sendiri memiliki struktur arsitektur yang indah dengan hiasan-hiasan ornamen khas Hindu yang terpahat dengan sangat detail. Ada banyak cerita dan legenda yang berkaitan dengan candi ini yang bisa dijelajahi dan dipelajari loh.

Lokasi Surowono, Canggu, Kec. Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64217
Jam Buka Setiap Hari, Jam 07.30 – 17.00 WIB
Tiket Rp, 5.000 /orang


Candi Tegowani

Wisata Kediri, Candi Tegowani


Candi Tegowani merupakan candi Hindu yang terletak di Kediri dan memiliki sejarah yang cukup panjang. Candi ini dibangun pada masa Majapahit pada tahun 1400 Masehi dan dipercaya sebagai tempat pendharmaan Bhre Matahun. Luas area candi yang cukup besar memberikan pengalaman tersendiri buat kamu yang mau menjelajahi dan mengalami suasana dari masa lalu.

Candi Tegowani


Keindahan arsitektur candi ini tak kalah menarik dengan candi Hindu lainnya di daerah lain. Dengan nilai sejarah yang terkandung di dalamnya, kamu bisa belajar dan mengenal lebih jauh tentang sejarah Kediri.

Lokasi Candirejo, Tegowangi, Kec. Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64155
Jam Buka Setiap Hari, Jam 08:00 – 16:00
Tiket Rp, 5.000 /orang


Baca Juga :
Gili Ketapang, Keindahan Gili Lombok di Jawa Timur


Situs Adan-adan

Situs Adan-adan Situs Adan Adan by Edo Christianto

Situs Adan-adan merupakan salah satu situs bersejarah yang terletak di Kediri dan menjadi destinasi wisata yang menarik buat dikunjungi. Situs ini diperkirakan berasal dari Kerajaan Kediri dan Singosari, dan menurut hasil penelitian, situs ini telah ada sejak abad ke-11.

Wisata Kediri Situs Adan-adan


Situs Adan-adan terdiri dari beberapa bangunan dan struktur yang memiliki nilai sejarah yang penting. Beberapa bangunan yang ada di situs ini masih dalam tahap penelitian, sehingga masih terlihat belum sempurna, namun jangan khawatir, Wisata ini terbuka untuk umum kok, walau masih dalam tahap penelitian.

Lokasi Genuk, Adan-Adan, Kec. Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64181
Jam Buka Setiap Hari
Tiket Swasembada atau Seikhlasnya

 

Rencanakan Libur Lebaran ke Kediri, Beli Tiketnya di BookingToGo!


Nah itu tadi destinasi yang bisa jadi rekomendasimu saat liburan, tidak salah bukan kalau kediri dinobatkan sebagai Kota terkaya di Indonesia, selain kaya akan PDRB nya, Kediri juga kaya akan sejarahnya kan BTG Traveler?. Maka dari itu, yuk segera rencanakan liburanmu bersama BookingToGo, Beli Tiket Hotel, Pesawat dan Kereta Sekarang ke Kediri! Smart Booking, Easy Travel! Booking To Go!

Promo tiket lebaran

7 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Majalengka untuk Liburan Keluarga

Mulai dari curug, danau, hingga gunung, ada banyak wisata alam…

Tempat Wisata Alam Majalengka

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.