7 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Majalengka untuk Liburan Keluarga

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

Mulai dari curug, danau, hingga gunung, ada banyak wisata alam Majalengka yang bisa BTG Traveler kunjungi. Tidak heran kalau Majalengka bisa jadi destinasi wisata alam Indonesia yang tepat untuk kamu yang ingin liburan bersama keluarga.

Tempat Wisata Alam Majalengka

Kabupaten Majalengka

Kabupaten Majalengka adalah sebuah kabupaten yang berada di Jawa Barat, Indonesia. Secara geografis, letaknya tidak jauh dari Bandung dan Kota Cirebon. Tepatnya sekitar 95 Km dari Kota Bandung dan 56 Km dari Kota Cirebon.
Uniknya, Kabupaten Majalengka terbagi menjadi dua bagian, yaitu dataran rendah dan dataran tinggi. Dengan begitu, kabupaten ini memiliki banyak spot wisata alam Majalengka yang bagus dan beragam. Di samping itu, kabupaten ini juga memiliki pariwisata yang nyaman dan maju untuk dikunjungi bersama keluarga.

Rekomendasi Tempat Wisata di Majalengka

Nah, bagi BTG Traveler yang ingin mengunjungi wisata alam Majalengka, berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata Majalengka yang bisa BTG Traveler kunjungi:

1. Wisata Situ Cipanten

Situ Cipanten adalah wisata alam Majalengka yang memiliki luas sekitar 1,2 hektar. Di sekeliling danau dilingkupi perbukitan hijau yang indah. Kabarnya, danau ini terbentuk secara alami dari genangan air hujan yang mengalir dari perbukitan di sekitarnya. Selain sebagai kawasan wisata, air di danau ini juga menjadi sumber air utama bagi masyarakat sekitar.
Kalau berkunjung ke tempat wisata alam Indonesia ini, BTG Traveler bisa menikmati pemandangan danau sambil memberi makan ikan yang berada di dalam danau. Ada juga area yang lebih dangkal yang bisa digunakan untuk berenang oleh pengunjung.
Area wisata ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Seperti area piknik, area bermain anak-anak, serta beberapa restoran dan kafe. Sehingga pengalaman liburan jadi lebih santai dan menyenangkan.
Lokasi: Jl. Gn. Kuning – Sindang, Gn. Kuning, Kec. Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45471
Tiket Masuk: Rp10.000
Jam Buka: 07.30 – 17.00

2. Terasering Panyaweutan

Terasering Panyaweutan adalah salah satu wisata alam Majalengka yang banyak dikunjungi wisatawan. Tempat ini menawarkan suasana alam yang cantik dan asri. Di sini, BTG Traveler bisa melihat gugusan bukit yang ditanami berbagai sayuran. Termasuk daun bawang, bawang merah, dan selada.
Karena berada di dataran tinggi, terasering ini memiliki udara yang sejuk dan bersih. Suasananya juga nyaman dan menyenangkan. Cocok untuk BTG Traveler yang ingin mencari tempat rehat sejenak dari hiruk pikuk ibukota.
Sebelum menjadi tempat wisata alam Indonesia, terasering ini sebenarnya merupakan perkebunan biasa. Tanah dataran yang miring ini ditanami berbagai sayuran untuk mencegah tanah longsor. Kemudian, area ini menjadi viral di sosial media sehingga banyak dikunjungi wisatawan. Baru setelah itu, Terasering Panyaweutan dikembangkan menjadi destinasi wisata, khususnya di bidang agrowisata.
Lokasi: Sukasari Kidul, Kec. Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462
Tiket Masuk: Rp12.000
Jam Buka: 07.00 – 17.00

3. Air Terjun Ibun Pelangi

Kalau BTG Traveler menyukai fotografi, tempat wisata alam Majalengka  satu ini sangat sayang untuk dilewatkan. Air Terjun Ibun Pelangi memiliki keindahan alam yang menghipnotis. Tidak heran kalau tempat ini mendapat julukan sebagai Green Canyon-nya Majalengka.
Air terjun di tempat wisata ini diapit oleh dua batu lava yang menjulang ke atas. Kabarnya, batu lava ini terbentuk dari aliran lava yang merayap di lereng Ciremai. Kemudian, dari dinding batuan muncul rembesan air. Salah satu rembesan tersebut cukup deras sehingga dapat membentuk curug atau air terjun.
Momen terbaik mengambil foto di air terjun ini adalah saat pelangi muncul. Namun, kalau pun BTG Traveler tidak menemukan pelangi, hampir setiap sudut Air Terjun Ibun Pelangi memiliki keindahan yang memesona. Baik saat dilihat langsung atau pun melalui lensa kamera.
Lokasi: Sukadana, Kec. Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462
Tiket Masuk: Rp10.000
Jam Buka: 08.00 – 16.00

4. Kebun Teh Cipasung Lemahsugih

Bagi BTG Traveler yang menyukai suasana alam yang asri dan sejuk, wisata alam Majalengka Kebun Teh Cipasung Lemahsugih bisa jadi destinasi wisata yang menarik. Tempat ini menyuguhkan hamparan kebun teh yang luas. Hijaunya daun teh dan udara pegunungan yang segar akan menyambut kamu di tempat ini.
Selain menikmati suasana alam, kamu juga bisa mencoba memetik daun teh di kebun. Selain itu, ada juga gardu pandang yang biasa digunakan sebagai spot foto pengunjung. Kalau mau lebih puas, BTG Traveler juga bisa menikmati suasana malam di kebun teh dengan berkemah di area camping ground yang tersedia. Nantinya, kamu bisa menyalaman api unggun dan bercengkrama bersama keluarga.
Lokasi: Cipasung, Kec. Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45465
Tiket Masuk: Rp10.000
Jam Buka: 24 jam

5. Gunung Ciwaru

Sebenarnya, Gunung Ciwaru merupakan wisata alam Majalengka berupa perbukitan hutan pinus yang masih berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai. Sekilas, pemandangan wisata alam Indonesia di tempat ini cukup mirip dengan Tebing Keraton di Bandung. Namun, suasananya lebih adem dan sejuk. Cocok untuk kamu menikmati liburan atau akhir pekan bersama keluarga.
Di Gunung Ciwaru, BTG Traveler bisa menikmati panoran gunung, hutan, perbukitan, hingga dataran rendah dari satu lokasi ketinggian. Puncak tertinggi Gunung Ciwaru hanya sekitar 540 mdpl. Sehingga, BTG Traveler tidak perlu melakukan trekking yang berat untuk bisa sampai ke tempat ini. Lokasi best deal untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan wisata alam Indonesia yang indah tanpa harusmenguras tenaga.
Lokasi: Jl. Desa Payung, Pajajar, Kec. Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45472
Tiket Masuk: Rp15.000 – Rp20.000
Jam Buka: 08.00 – 16.00

6. Curug Cipeuteuy

Tempat Wisata Alam Majalengka
Objek wisata alam Majalengka berikutnya yang harus kamu coba kunjungi adalah Curug Cipeuteuy. Sesuai namanya, di tempat ini terdapat curug atau terjun yang menjadi objek wisata alam Indonesia utamanya.
Suasana tempat wisata ini juga masih asri dan terawat. Bahkan terasa sangat alami. Area air terjun dikelilingi pepohonan lebat dan hutan. Yang memberikan kesan hidden gem begitu tiba di sini. Cocok untuk BTG Traveler yang ingin bersantai atau menghilangkan penat di akhir minggu.
Lokasi: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45474
Tiket Masuk: Rp15.000 (Weekday), Rp20.000 (Weekend)
Jam Buka: 08.00 – 17.00

7. Cikadongdong River Tubing

Wisata alam Indonesia ini menawarkan aktivitas wisata air yang menantang. Di sini, BTG Traveler bisa merasakan keseruan wisata air yang mirip dengan arung jeram. Hanya saja menggunakan ban karet sebagai sarananya. Cocok untuk BTG Traveler yang suka kegiatan menantang atau mencari pengalaman menyenangkan bersama keluarga atau teman kantor.
Arus sungai di Cikadongdong River Tubing tidak terlalu deras. Ditambah lagi, airnya jernih dan berasal dari Gunung Ciremai. Sehingga masih terasa segar dan asri. Selain menikmati wisata alam Majalengka ini dengan cara arung jeram, BTG Traveler juga bisa menyusuri sungai atau sekedar bersantai di tepi sungai.
Lokasi: Jl. Desa Payung, Teja, Kec. Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45472
Tiket Masuk: Rp35.000 – Rp100.000
Jam Buka: 10.00 – 15.30 (Jumat Tutup)
Itulah beberapa rekomendasi wisata alam Majalengka yang bisa BTG Traveler kunjungi bersama keluarga atau sendiri. Yang terpenting, jangan lupa untuk memesan akomodasi yang nyaman dan dekat dengan objek wisata melalui Bookingtogo. Sehingga suasana perjalanan jadi lebih menyenangkan.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like