10 Rekomendasi Wisata Kuliner Terdekat untuk Kamu yang Hobi Makan

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

Tidak semua orang bepergian hanya untuk melakukan wisata alam saja. Ada juga yang suka mencari wisata kuliner terdekat untuk dieksplorasi. Wisata kuliner sendiri merupakan salah satu bentuk pariwisata yang berfokus pada pengalaman menikmati makanan dan minuman dari suatu daerah.

Ada banyak alasan mengapa seseorang menyukai wisata kuliner. Mulai dari pengalaman budaya, keanekaragaman rasa, sensasi petualangan, hingga mendukung ekonomi lokal dan konektivitas sosial. Hampir setiap tempat wisata terdekat juga menyajikan wisata kuliner yang unik dan menarik.

Rekomendasi Wisata Kuliner Terdekat

Nah, bagi BTG Traveler yang menyukai wisata kuliner, berikut ini beberapa rekomendasi wisata kuliner yang bisa kamu coba:

1. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Jakarta

nasi kambing | bookingtogo

Bagi BTG Traveler yang tinggal di Jakarta, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih adalah wisata kuliner terdekat yang wajib kamu coba. Nasi goreng ini berada di Jalan Kebon Sirih dan biasa menjadi tujuan kuliner malam bagi warga lokal dan wisatawan.

Yang membuat nasi goreng ini unik adalah cita rasa khas dan bumbu rempahnya yang kuat. Daging kambing yang empuk dan bumbu yang meresap membuat nasi goreng ini memiliki rasa yang kaya dan kompleks. Tidak heran kalau sejak 1958 hingga kini, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih masih selalu ramai pengunjung bahkan menjadi salah satu ikon kuliner Jakarta.

2. Sate Jaya Agung, Jalan Sabang, Jakarta

Sate Jaya Agung adalah salah satu tempat makan sate terkenal yang ada di Jalan Sabang, Jakarta. Daging yang digunakan empuk dan dimarinasi dengan bumbu khas sebelum dibakar. Sehingga menghasilkan rasa yang lezat.

Menu andalan di tempat ini adalah sate ayam dan sate kambingnya. Apalagi kalau disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Waktu terbaik untuk mencoba kuliner ini adalah malam hari. Meskipun ramai pengunjung, tapi pelayanannya cukup cepat dan ramah.

3. Lontong Balap Pak Gendut, Surabaya

Lontong balap terdiri dari lontong, tauge, lentho, tahu goreng, dan bawang goreng. Kemudian disajikan dengan kuah bening yang gurih dan sedikit manis. Untuk menambah kelezatan dan kekayaan rasa, lontong balap juga disajikan dengan sambal petis dan sate kerang.

Lontong Balap Pak Gendut berada di Jalan Kranggan, pusat kota Surabaya dan sudah berdiri sejak 1956. Nama Pak Gendut sendiri berasal dari sosok pendirinya yang memiliki tubuh gemuk. Lontong balap ini bukan hanya menawarkan rasa yang lezat, tapi juga sejarah dan budaya kuliner khas Surabaya.

4. Tunjungan Street Food, Surabaya

Kalau mencari wisata terdekat yang menyajikan beragam kuliner, Tunjungan Street Food bisa jadi pilihan yang tepat. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis makanan. Mulai dari makanan tradisional Indonesia hingga jajanan modern. Termasuk juga sate, nasi goreng, bakso, dan rujak cingur.

Sesuai namanya, Tunjungan Street Food berada di Jalan Tunjungan. Salah satu jalan utama yang bersejarah di pusat kota Surabaya. Sehingga area ini cukup mudah dijangkau dan dekat dengan keramaian kota.

5. Braga Cullinary Night, Bandung

Braga Cullinary Night adalah sebuah acara kuliner yang diadakan di Jalan Braga. Biasanya, acara ini diadakan pada malam hari. Sehingga suasananya semakin meriah dengan lampu dan keramaian pengunjung.

Di sini, BTG Traveler bisa menemukan berbagai makanan khas Sunda hingga makanan internasional. Termasuk sate, bakso, martabak, dan berbagai makanan ringan khas Bandung. Selain menikmati makanan, kamu juga bisa menikmati live music, pertunjukan seni, dan aktivitas budaya lainnya.

6. Gudeg Yu Djum, Jogja

Gudeg Yu Djum adalah wisata kuliner terdekat di Jogja yang telah menjadi ikon kuliner Jogja sejak 1950. Gudeg sendiri merupakan makanan tradisional Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah. Sehingga rasanya manis dan gurih.

Gudeg Yu Djum sendiri dikenal karena rasanya yang otentik dan lezat. Karena dibuat dengan resep turun temurun sejak pertama berdiri. Proses masak yang panjang dan penggunaan bahan-bahan berkualitas membuat gudeg ini jadi sangat digemari oleh wisatawan maupun penduduk lokal.

7. Wedang Ronde Mbah Payem, Jogja

Kalau sedang berada di Alun-Alun Kidul, BTG Traveler harus mencoba salah satu wisata terdekat Alun-Alun yang banyak digemari. Yaitu Wedang Ronde Mbah Payem. Wedang ini merupakan minuman jahe hangat yang disajikan dengan bola-bola ketan berisi kacang tanah tumbuk. Seringkali, wedang juga disajikan bersama potongan kolang kaling, roti tawar, kacang tanah, dan agar-agar.

Waktu terbaik menikmati Wedang Ronde Mbah Payem adalah di malam hari. Rasa jahe yang hangat dan ronde yang kenyal dan manis jadi perpaduan sempurna saat cuaca sedang dingin.

8. Bihun Bebek Kumango, Medan

nasi bebek kumango

Bihun Bebek Kumango adalah wisata kuliner terdekat Kota Medan yang terkenal karena cita rasanya yang lezat dan unik. Bihun dalam masakan ini dimasak dengan kuah bening yang kaya rasa, kemudian disajikan dengan daging bebek yang empuk dan lezat. Biasanya juga dilengkapi dengan daun bawang, seledri, dan bawang goreng sebagai hiasan dan penambah rasa.

Karena rasanya yang enak dan khas, Bihun Bebek Kumango telah menjadi salah satu kuliner legendaris di Medan. Tidak heran kalau tempat ini menjadi salah satu wisata kuliner favorit bagi penduduk lokal dan wisatawan yang datang ke Medan.

9. Coto Nusantara, Makassar

Coto Makassar terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dalam kuah kacang yang kental. Kemudian dipadukan dengan rempah-rempah seperti ketumbar, lengkuas, dan kunyit. Sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih, kental, dan kaya rempah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan pelengkap seperti irisan daun bawang, jeruk nipis, dan sambal.

Kalau mau mencari Coto Makassar yang ikonik, BTG Traveler bisa mencoba Coto Nusantara. Warung coto yang sudah eksis sejak 1978 ini menyajikan coto dengan rasa yang otentik. Lokasinya juga cukup dekat dengan Pantai Losari. Jadi, kamu yang mencari wisata terdekat dari Pantai Losari bisa berkunjung ke tempat ini.

10. Pallubasa Serigala, Makassar

Pallubasa Serigala adalah salah satu hidangan khas Makassar yang terkenal dengan kuah santan kental yang kaya rempah serta daging sapi yang dimasak sampai empuk. Pembuatan pallubasa menggunakan berbagai rempah-rempah. Termasuk serai, jahe, lengkuas, dan daun jeruk, sehingga memberikan aroma dan cita rasa yang khas.

Ada banyak warung Pallubasa di Makassar yang bisa BTG Traveler coba. Salah satu yang ikonik adalah Pallubasa Serigala. Warung Pallubasa Serigala sudah berdiri sejak tahun 1987. Lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota, dan merupakan salah satu wisata terdekat dari Pantai Losari. Tepatnya di Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar.

 

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner terdekat yang bisa BTG Traveler kunjungi saat liburan akhir pekan atau liburan panjang. Wisata kuliner merupakan alternatif yang menarik untuk kamu yang ingin menikmati perjalanan wisata melalui jalur rasa. Dan keseruan wisata ini juga tidak kalah dengan keseruan menikmati wisata alam.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like