15 Rekomendasi Wisata Anak Terdekat untuk Liburan Akhir Pekan

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak ternyata juga memerlukan healing atau liburan. Sebagai orang tua, BTG Traveler bisa mencari lokasi wisata anak terdekat yang tidak jauh dari rumah atau kota tempat tinggal.

Saat ini, ada banyak lokasi wisata untuk anak yang bisa dikunjungi saat akhir pekan atau liburan sekolah. Bahkan hampir setiap kota memiliki tempat wisata anak yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari taman bermain, wisata alam, hingga wahana permainan yang seru.

bookingtogo.com

Manfaat Healing untuk Anak

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan healing atau liburan bagi anak. Karena itu, penting untuk sesekali mengajak anak untuk liburan ke tempat wisata terdekat yang tidak jauh dari rumah. Sebagai contoh, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan anak dengan melakukan liburan:

1. Lepas dari Rutinitas

Sama seperti orang dewasa, memiliki rutinitas bisa jadi hal yang membosankan bagi anak. Karena itu, liburan bisa menjadi kesempatan untuk melepaskan diri dari rutinitas dan mengurangi kebosanan. Apalagi kalau anak sudah memasuki usia sekolah. Tekanan akademik, masalah sosial, dan ekspektasi lingkungan bisa saja membuat anak stres dan butuh liburan untuk menguranginya.

2. Pembelajaran di Luar Kelas

Pergi ke tempat wisata anak terdekat juga bisa menjadi kesempatan belajar di luar kelas bagi anak. Anak bisa mengembangkan keterampilan sosial dengan interaksi bersama orang baru, sarana eksplorasi dan kreativitas, belajar mengembangkan kemandirian dan percaya diri, hingga pengalaman budaya.

3. Quality Time Bersama Keluarga

Liburan juga bisa menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan hubungan keluarga. Dengan pergi healing bersama, ikatan emosional antara anak dan orang tua akan semakin terjalin. Anak juga akan membangun kenangan indah yang akan dia ingat sepanjang hidupnya.

4. Kesehatan Fisik

Healing ke tempat wisata sering kali melibatkan aktivitas fisik yang lebih banyak. Anak akan semakin aktif bergerak dengan berenang, bersepeda, hiking, atau bermain di pantai. Aktivitas fisik ini bagus untuk meningkatkan kesehatan anak. Sehingga anak tetap aktif dan bugar serta mendorong gaya hidup yang lebih sehat.

5. Waktu Untuk Bermain

Sesekali, anak juga membutuhkan waktu untuk bermain tanpa jadwal yang ketat. Healing saat liburan memberikan anak kebebasan bermain yang dibutuhkan. Hal ini juga membantu perkembangan kognitif dan emosional anak. Sehingga, anak bisa lebih belajar tentang berbagai hal di dunia sekitar mereka dan juga dalam diri mereka sendiri.

 

Rekomendasi Wisata Anak Terdekat dengan Kota Besar di Indonesia

Nah, bagi BTG Traveler yang ingin mengajak anaknya healing, berikut ini beberapa rekomendasi wisata terdekat yang bisa kamu kunjungi bersama anak dan keluarga:

Jakarta

1. Kidzania Jakarta

Kidzania bisa dibilang merupakan miniatur kota yang memungkinkan anak-anak bermain peran. Ada banyak pekerjaan yang bisa dicoba oleh anak-anak. Mulai dari dokter, polisi, hingga pilot. Lokasi Kidzania berada di Mall Pacific Place.

2. Ragunan

Sebagai kebun binatang terbesar di Jakarta, Ragunan memiliki berbagai koleksi hewan dari seluruh dunia. Cocok untuk anak-anak yang suka mengamati hewan. Selain itu, tersedia juga area bermain dan piknik yang luas.

3. Seaworld Ancol

Masih bertema hewan, Seaworld Ancol adalah wisata anak terdekat yang menampilkan berbagai jenis kehidupan laut. Termasuk lumba-lumba, penyu, dan berbagai jenis ikan. Tempat wisata ini cocok untuk edukasi tentang biota laut.

Medan

1. Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit adalah taman rekreasi keluarga yang terletak di Kabupaten Deli Serdang. Tempat ini dikelilingi keindahan alam pegunungan Sibolangit. Selain itu, ada banyak atraksi dan wahana yang bisa BTG Traveler coba bersama anak. Dari mulai wahana santai hingga atraksi menantang.

2. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery adalah museum wisata terdekat yang berada di Medan. Di sini, anak-anak bisa melihat satwa yang diawetkan dan spesimen langka yang eksotis. Sehingga anak bisa belajar tentang keanekaragaman hayati global. Selain itu, ada juga diorama dan galeri tematik yang menarik untuk dilihat dan dipelajari.

3. Mikie Holiday Funland

Mikie Holiday Funland adalah destinasi wisata keluarga yang cukup populer. Tempat ini memiliki iklim yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Selain itu, ada banyak fasilitas dan wahana bermain yang bisa BTG Traveler dan anak-anak coba dan nikmati. Seperti roller coaster, bianglala, hingga wahana air.

Surabaya

1. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark adalah wisata anak terdekat di Surabaya yang berbentuk taman air besar. Di sini, BTG Traveler bisa mencoba berbagai seluncuran dan kolam renang yang cocok untuk anak-anak dari segala usia.

2. Surabaya Carnival Park

Kalau ingin permainan yang lebih seru, kamu bisa datang ke Surabaya Carnival Park. Taman hiburan ini berisi berbagai wahana permainan yang seru, pertunjukan menarik, dan area bermain yang menyenangkan untuk keluarga.

3. Kebun Binatang Surabaya

Wisata terdekat berikutnya merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia. Di sini, anak bisa mengembangkan pengetahuannya mengenai flora dan fauna khas Indonesia. Selain itu, anak juga bisa berinteraksi dan melihat hewan-hewan yang dipelihara di kebun binatang ini.

Bandung

1. Trans Studio Bandung

trans studio bandung, bookingtogo.com

Mau puas bermain tanpa khawatir pergantian cuaca? Wisata anak terdekat yang bisa BTG Traveler kunjungi adalah Trans Studio Bandung. Sebagai taman hiburan indoor terbesar di Indonesia, Trans Studio Bandung memiliki banyak wahana bermain dan pertunjukan yang cocok untuk anak dan keluarga.

2. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang adalah tempat wisata yang menawarkan suasana peternakan ala Eropa. Di sini, BTG Traveler dan anak dapat berfoto di depan rumah hobbit, menikmati suasana taman bunga, hingga memberi makan hewan peliharaan.

3. Dusun Bambu

Sesuai namanya, Dusun Bambu adalah wisata terdekat yang menawarkan berbagai aktivitas alam. Di sini, kamu bisa bersepeda, memancing, hingga bermain di taman bunga dan danau. Suasana yang teduh dan asri juga membuat suasana healing jadi semakin menyenangkan.

Bali (Denpasar)

1. Bali Bird Park

Memiliki anak yang menyukai burung? Bali Bird Park bisa jadi destinasi wisata yang menyenangkan. Di sini, BTG Traveler dan anak bisa melihat berbagai koleksi burung dari seluruh dunia. Selain melihat keindahan aneka burung, anak juga bisa belajar mengenai konservasi burung dengan lebih menyenangkan.

2. Waterbom Bali

Selain di pantai, BTG Traveler juga bisa berenang dan bermain air di Waterbom Bali bersama anak. Taman air besar ini memiliki berbagai seluncuran dan kolam renang yang cocok untuk anak di segala usia. Jadi, liburan singkat bisa terasa semakin berkesan.

3. Bali Zoo

Wisata anak terdekat lainnya di Bali adalah Bali Zoo. Tempat ini merupakan kebun binatang yang memiliki beraneka macam satwa. Selain itu, ada juga pertunjukan dan kegiatan interaktif yang edukatif untuk anak.

 

Itulah beberapa rekomendasi wisata terdekat yang bisa BTG Traveler kunjungi saat liburan akhir pekan atau liburan sekolah bersama anak. Di antara rekomendasi tersebut, tempat wisata mana yang paling dekat dengan kota tempat BTG Traveler tinggal?

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like