Batu Caves Malaysia, Wisata Patung Buddha Emas yang Ikonik

70
Batu Caves Malaysia
Batu Caves Malaysia (via roadaffair.com)
Bagikan Artikel
5/5 - (2 votes)

Batu Caves Malaysia, jadi salah satu wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan, objek wisata ini merupakan gua alam yang terletak pada bukit berketinggian 120 mdpl.

Asal mula tempat ini dinamakan Batu Caves adalah karena lokasinya yang terletak disebuah bukit yang dilewati sungai bernama Sungai batu.

Jadi Tempat Ibadah untuk Pemeluk Agama Hindu

Kuil di Batu Caves
Kuil di Batu Caves (via timetravelturtle.com)

Selain jadi tempat wisata, Batu Cave juga jadi tempat ibadah bagi pemeluk agama Hindu, untuk itu pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan dan pantas. Tapi kalau sudah terlanjur menggunakan celana pendek, di sini ada penyewaan seledang yang bisa kamu kenakan kok.

Patung Emas Dewa Murugan
Patung Emas Dewa Murugan (via tripsavvy.com)

Tempat ini juga memiliki bangunan ikonik berupa Patung Dewa Murugan dengan tinggi sekitar 42 meter berwarna emas yang jadi spot foto favorit para wisatawan yang berkunjung.

Wisata Gua Dengan View yang Menawan

Di samping patung ikonik, kamu bisa menuju gua dengan menaiki 272 anak tangga, jadi pastikan kamu menggunakan outfit yang nyaman dan hindari menggunakan sepatu hak.

Berfoto di Tangga Menuju Gua
Berfoto di Tangga Menuju Gua (via pinterest.com)

Ada 4 Gua yang bisa kamu temukan di sini, ada Ramayana Cave, Cave Villa, Dark Cave, dan Temple Cave. Dari keempat Gua ini, Temple Cave jadi yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Menikmati Keindahan Gua di Batu Caves Malaysia
Menikmati Keindahan Gua di Batu Caves Malaysia (via tripsavvy.com)

Karena di dalam Temple Cave terdapat Kuil Sri Subramania Swamy, yang jadi tempat ibadah bagi umat Hindu, dan jadi gua tertinggi dari ketiga gua lainnya.

Kamu juga bisa lho melihat beragam patung dari Ramayana Hindu di Ramayana Cave, yang penuh warna-warni dan cocok untuk spot foto yang kece.

Menemukan Ragam Satwa di Sekitar Batu Cave

Untuk yang pertama kali datang ke sini, jangan kaget jika sesampainya di sini kamu akan menemukan banyak burung dan juga monyet yang berkeliaran bebas, karena hal ini jadi daya tarik bagi para wisatawan terlebih yang membawa serta anak mereka.

Burung Dara di Sekitar Batu Caves
Burung Dara di Sekitar Batu Caves (via nyalanyali.com)

Namun ada hal yang harus kamu perhatikan, diantaranya hindari membawa makanan atau minuman di tangan, karena monyet di sini cukup agresif dan siap mengambil makanan atau minuman yang kamu bawa.

Rute Menuju Batu Caves Malaysia

Rute menuju Batu Caves cukup mudah dijangkau kok. Kamu bisa menggunakan taksi yang langsung mengantarmu menuju samping jalan raya utama MRR2 disekitar Batu Caves.

KTM Kommuter Malaysia
KTM Komuter Malaysia (via wikipedia.org)

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan KTM Komuter dengan tujuan stasiun Batu Caves dengan biaya sekitar 2,6 Ringgit Malaysia, yang memakan waktu sekitar 30 menit.

Atau, kamu juga bisa menggunakan moda monorail dari KL Sentral menuju stasiun Titiwangsa, dan dilanjut menggunakan bus menuju Batu Caves.

Dari 3 pilihan rute di atas tadi, ketiganya cukup mudah ditemukan untuk mengantar kamu menuju Batu Caves Malaysia.

Alamat, Tiket Masuk, dan Jam Operasional

Batu Caves Malaysia berlokasi di Gombak, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia yang bisa kamu cek detailnya di Google Maps.

Batu Caves tidak mengenakan tiket masuk untuk pengunjung alias gratis. Namun, untuk mampir ke 4 Gua di dalamnya, kamu akan dikenakan tiket masuk. Dan tentu saja wisata Batu Caves beroperasi Setiap hari dari pukul 07.00 – 21.00.

Tiket Pesawat ke Malaysia

Siap liburan ke Batu Caves Malaysia? Yuk, pesan tiket pesawat ke Malaysia di BookingToGo dan rencanakan liburan happy tanpa worry.


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...