9 Objek Wisata Terdekat Jogja yang Menarik untuk Dikunjungi

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

Jogja atau Yogyakarta adalah salah satu kota yang menjadi destinasi wisata populer di Indonesia. Kota ini memiliki kekayaan budaya yang mendalam, sejarah yang memikat, dan pemandangan alam yang menawan. Tidak heran kalau banyak orang mencari wisata terdekat Jogja untuk dikunjungi.

Ada banyak hal yang menarik di Jogja. Dari mulai keindahan alamnya, pantai-pantainya yang menawan, hingga penduduk lokal yang ramah. Jangan lupakan juga warisan kuliner khas Jogja seperti gudeg yang memikat. Karena itulah banyak wisatawan yang tertarik untuk kembali lagi ke Jogja setelah liburan di kota ini.

Rekomendasi Objek Wisata Terdekat di Jogja

Tidak sulit menemukan objek wisata yang menarik di Jogja. Kalau BTG Traveler baru pertama kali datang ke Jogja, berikut ini adalah beberapa rekomendasi objek wisata terdekat yang wajib kamu kunjungi:

1. Malioboro

malioboro

Datang ke Jogja tanpa ke Malioboro rasanya adalah sebuah pemborosan. Apalagi kalau BTG Traveler baru pertama kali liburan ke kota ini. Malioboro merupakan jantungnya wisata Jogja. Tempat ini terletak di pusat kota dan memiliki berbagai toko dan kuliner yang unik.

Di Malioboro, kamu bisa menemukan berbagai oleh-oleh khas Jogja. Mulai dari batik, kerajinan tangan, hingga makanan tradisional. Waktu terbaik datang ke Malioboro adalah di malam hari. Selain terasa lebih hidup, ada banyak penjual jajanan kaki lima dan atraksi seni jalanan yang bisa kamu saksikan di jalan ini.

2. Keraton Yogyakarta

Hanya beberapa menit dari Malioboro, Keraton Yogyakarta adalah destinasi wisata terdekat Jogja yang tidak boleh BTG Traveler lewatkan. Di sini, BTG Traveler bisa lebih mengenal budaya dan sejarah Jogja. Kalau mau, kamu juga bisa mengikuti tur resmi yang dipandu oleh abdi dalem Kesultanan Yogyakarta.

Ada beragam koleksi artefak bersejarah dan tradisi kesultanan yang masih terjaga sampai saat ini. Ada juga pertunjukan seni tradisional yang sering diadakan di Keraton Yogyakarta. Kalau mau, BTG Traveler bisa menonton pertunjukan tersebut saat berkunjung sendiri atau bersama keluarga dan rombongan.

3. Taman Sari

Masih tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, BTG Traveler bisa berkunjung ke wisata terdekat lainnya. Yaitu Taman Sari. Taman ini sebenarnya merupakan bekas taman kerajaan yang sekarang dibuka untuk umum. Saat menjadi taman kerajaan, Taman Sari biasa digunakan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan. Di sini, kamu bisa menikmati arsitektur unik dan sejarah yang menarik.

Selain dikenal sebagai Taman Sari, tempat ini juga sering disebut sebagai “Istana Air”. Terdapat kolam pemandian yang bisa kamu lihat saat berkunjung ke taman ini. Selain itu, ada juga terowongan bawah tanah yang bisa kamu jelajahi dan menara yang bisa menjadi tempat menikmati pemandangan indah Kota Jogja.

4. Alun-Alun Kidul

Sesuai namanya, Alun-Alun Kidul adalah wisata terdekat Jogja yang berada di area selatan. Karena itu, tempat ini sering juga disebut sebagai Alun-Alun Selatan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Alun-Alun Kidul adalah dari sore sampai malam hari. Semakin malam, tempat ini akan semakin ramai pengunjung.

Kalau datang ke Alun-Alun Kidul, jangan lupa untuk mencoba becak lampu yang berwarna-warni yang ada di sini. Selain itu, ada juga beragam permainan tradisional Jogja yang bisa kamu coba untuk menambah keseruan pengalaman liburan di Jogja. Kalau mau, kamu juga bisa mencoba ritual masangin. Yaitu ritual berjalan melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup.

5. Kotagede

Bagi BTG Traveler yang tertarik dengan sejarah dan arsitektur, Kotagede adalah tempat wisata terdekat yang harus kamu coba kunjungi. Kawasan ini dikenal sebagai pusat kerajaan Mataram Islam yang pertama. Karena itu, ada banyak situs bersejarah yang masih ada sampai saat ini.

Beberapa situs bersejarah yang bisa kamu kunjungi adalah makam raja-raja Mataram, Masjid Agung Kotagede, dan rumah-rumah kuno dengan arsitektur khas Jawa. Setelah selesai menjelajahi situs bersejarah, kamu bisa mencari kerajinan perak sebagai oleh-oleh. Kotagede juga dikenal akan kerajinan peraknya yang indah dan memukau.

6. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo adalah salah satu wisata terdekat Jogja yang lokasinya tidak jauh dari Alun-Alun Utara. Tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk BTG Traveler yang menyukai wisata sejarah dan budaya. Khususnya kebudayaan Jawa.

Di Museum Sonobudoyo, BTG Traveler bisa melihat-lihat koleksi yang tersedia. Mulai dari wayang, keris, tekstul, sampai dengan artefak arkeologi. Di waktu-waktu tertentu, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit yang sering diadakan di museum ini. Selain sebagai hiburan, menyaksikan pertunjukan juga bisa menambah pengalaman budaya kamu selama berada di Jogja.

7. Hutan Pinus Mangunan

tanaman pinus

Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu wisata terdekat dari pusat kota Jogja. Tempat ini menawarkan udara yang segar dan pemandangan alam yang memukau. Setelah mengelilingi berbagai wisata budaya di Jogja, BTG Traveler bisa berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan untuk bersantai, berfoto, atau sekedar menikmati suasana alam.

Waktu terbaik berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan adalah sekitar pagi atau sore hari. Selain menikmati pemandangan alam, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset dari ketinggian yang indah. Ada juga beberapa spot menarik yang bisa kamu kunjungi, seperti Puncak Becici dan Bukit Panguk.

8. Pantai Parangtritis

Ingin menikmati pantai tapi tidak ingin bepergian jauh? Pantai Parangtritis bisa jadi pilihan. Wisata terdekat Jogja ini berada sekitar 27 Km dari pusat kota Joga. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dengan ombak besar dan pasir yang memukau.

Waktu terbaik mengunjungi pantai Parangtritis adalah sekitar sore hari. Pada saat itu, BTG Traveler bisa menikmati keindahan sunset yang memukau. Kalau datang sedikit lebih siang, BTG Traveler bisa mencoba pengalaman menaiki delman di sepanjang pantai atau mencoba aktivitas seru lainnya seperti paralayang.

9. Heha Sky View

Ingin mencari wisata untuk berfoto selfie dengan pemandangan yang bagus? Heha Sky View bisa jadi pilihan yang tepat. Tempat wisata baru ini sangat populer dan bisa dijangkau hanya dengan berkendara 30 menit saja dari pusat kota Jogja.

Di sini, kamu bisa berfoto di area instagrammable dengan pemandangan Kota Jogja dan langit yang indah. Kamu juga bisa menikmati pemandangan Kota Jogja dari ketinggian sambil bersantai dan menikmati makanan dan minuman yang tersedia.

Sebagai catatan, sebaiknya hindari berkunjung saat jam siang yang terlalu panas. Waktu terbaik mengunjungi Heha Sky View adalah saat matahari terbit dan terbenam. Pemandangan langit yang berwarna-warni akan menjadi pengalaman liburan yang indah dan tidak terlupakan.

 

Itulah beberapa rekomendasi wisata terdekat yang bisa BTG Traveler kunjungi selama di Jogja. Tertarik untuk berkunjung ke Jogja? Jangan lupa untuk memesan tiket pesawat dan hotel melalui Bookingtogo dan dapatkan harga dan penawaran terbaik untuk akomodasi kamu. Selamat berlibur!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

You May Also Like