Bagikan Artikel
5/5 - (2 votes)

musim dingin Eropa – Sebagai negara dua musim, BTG Traveler tentu saja sangat jarang bisa melihat salju. Karena itu, liburan ke Eropa saat musim dingin akan terdengar sebagai ide yang menarik. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan agar liburan musim dingin Eropa jadi perjalanan yang benar-benar menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa tips dan makanan yang perlu kamu ketahui untuk menghadapi musim dingin Eropa:

Tips Liburan ke Eropa Saat Musim Dingin

Ada banyak tips yang perlu BTG Traveler ketahui sebelum pergi ke Eropa, khususnya saat musim dingin. Berikut ini, kami rangkum beberapa tips penting yang dapat membantu kamu saat liburan musim dingin di Eropa.

1. Bawa Pakaian yang Penting

Membawa jaket tebal ke Eropa memang penting. Namun, jaket tebal bukan satu-satunya yang penting. Apalagi kalau kamu mau mengunjungi restoran atau wisata indoor lainnya. Sebagai gantinya, cobalah untuk membawa pakaian thermal yang hangat. Seperti celana atau baju thermal. Meskipun tipis, pakaian semacam ini mampu menjaga kehangatan selama musim dingin.

Selain itu, dengan memakai pakaian thermal, akan lebih mudah untuk melepas pasang jaket tebal yang kamu bawa. Jadi, kamu akan tetap terlihat elegan saat memasuki restoran atau wisata indoor lainnya.

2. Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang

Membawa terlalu banyak barang akan membuat kopermu terasa berat. Padahal, jalanan selama musim dingin Eropa bisa saja dipenuhi salju. Akan sangat sulit untuk menarik koper di jalanan yang bersalju. Karena itu, pastikan BTG Traveler membawa barang dengan jumlah yang cukup namun tidak terlalu banyak.

Sebagai saran, jangan lupa untuk membawa sarung tangan, syal, topi, sepatu bot, payung lipat, dan jaket atau coat waterproof. Barang-barang ini akan sangat membantu perjalanan liburan BTG Traveler selama musim dingin di Eropa nanti.

3. Cek Jam Buka Destinasi Wisata Tujuan

Sebagian besar destinasi wisata di Eropa masih buka saat musim dingin. Hanya saja, jam bukanya cenderung lebih singkat dari biasanya. Karena itu, pastikan BTG Traveler sudah mengeceknya lebih dulu sebelum berkunjung. Informasi jam buka ini biasanya bisa diakses melalui laman website destinasi wisata tersebut.

4. Pantau Perkiraan Cuaca

Sebelum pergi, pastikan kamu sudah mengecek prakiraan cuaca kota yang dituju. Kalau perlu, kamu bisa melakukan pengecekan sebelum membuat itenerari perjalanan. Dengan begitu, perjalanan akan lebih lancar dan sesuai ekspektasi.

Kalau cuaca dirasa kurang bersahabat, tidak ada salahnya untuk mencoba alternatif perjalanan lain atau menunggu hingga cuaca kembali bersahabat.

Baca Juga:  Yuk Beli 7 Oleh-Oleh Makanan Bali Kekinian ini Untuk Pacarmu

5. Persiapkan Bekal

Kalau BTG Traveler baru pertama kali wisata musim dingin Eropa, sebaiknya persiapkan beberapa bekal cadangan untuk di sana. Tidak ada salahnya juga membawa nasi dan penanak kecil kalau kamu tidak biasa makan tanpa nasi. Lauk ringan seperti sambal, teri, atau kentang kering juga bisa jadi pilihan.

Jangan sampai liburan ke Eropa terganggu karena kamu tidak selera makan dan akhirnya malah mengganggu kesehatan.

6. Jaga Kesehatan dan Bawa Obat-Obatan Pribadi

Pergi ke negara dengan iklim dan cuaca yang berbeda bisa membuat daya tahan tubuh agak menurun. Karena itu, pastikan memerhatikan kesehatan sebelum liburan musim dingin Eropa. Apalagi jika BTG Traveler masih belum terbiasa.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan pribadi. Jadi, kamu tidak bingung saat membutuhkannya nanti.

7. Jaga Keamanan

Eropa memang negara yang lebih maju dari Indonesia. Namun, kejadian buruk bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Karena itu, selalu jaga kewaspadaan dan lindungi barang-barang kamu selama liburan. Jangan terlalu bersikap ramah dengan orang asing yang bersikap basa-basi atau meminta tanda tangan.

Jika BTG Traveler liburan bersama keluarga atau teman, pastikan untuk selalu bersama. Atau memberi informasi saat kamu mau bepergian sendiri. Dengan begitu, keluarga atau teman kamu tidak akan bingung atau merasa khawatir.

Rekomendasi Makanan Saat Musim Dingin

Selain membawa perlengkapan hangat, menikmati makanan hangat juga penting untuk menjaga suhu tubuh selama liburan musim dingin Eropa. Ada banyak makanan hangat yang bisa BTG Traveler nikmati selama liburan. Apalagi, setiap daerah di Eropa memiliki budaya makanan musim dinginnya masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu coba saat liburan di Eropa nanti:

1. Cassoulet

Cassoulet
Cassoulet via Wikimedia Commons

Cassoulet adalah makanan musim dingin yang khas dari Paris. Kalau BTG Traveler mampir ke Paris, cobalah untuk memesan makanan ini di restoran yang menyajikannya. Selain hangat, Cassoulet juga dipenuhi dengan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Semangkuk cassoulet biasanya berisi kacang, daging, dan sosis yang disajikan dalam bentuk sup. Cocok dinikmati saat hari dingin di Eropa.

Document
gambar hotel

Terbang dari Jakarta ke Paris

Mulai dari IDR 5.000.000-an di BookingToGo

2. French Onion Soup

French Onion Soup
French Onion Soup via Wikimedia Commons

Makanan kedua ini juga berupa sup hangat yang disajikan dengan parutan keju. Kadang-kadang, orang Eropa menikmati French Onion Soup dengan sepotong roti di atasnya. Sebelumnya, makanan ini merupakan salah satu makanan klasik Eropa saat musim dingin. Namun sekarang, kamu bisa menemukan makanan ini di berbagai restoran mewah di Eropa.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Oleh-Oleh Manado Selain Makanan

3. Raclette

Raclette
Raclette via Wikimedia Commons

Selanjutnya, makanan musim dingin Eropa ini berasal dari Swiss. Raclette adalah salah satu makanan hangat berbahan dasar keju. Biasanya, Raclette akan dipotong menjadi dua sebelum disajikan. Kemudian dilelehkan dan disajikan bersama berbagai pelengkap.

Umumnya, Raclette disajikan bersama kentang, acar, tomat, ham, atau daging yang diawetkan. Makanan ini akan terasa semakin lezat jika dinikmati di dekat api penghangat dan ditemani segelas gluhwen.

Document
gambar hotel

Terbang dari Jakarta ke Swiss

Mulai dari IDR 9.000.000-an di BookingToGo

4. Gnocchi

Gnocchi musim dingin Eropa
Gnocchi via Wikimedia Commons

Italia memang dikenal dengan berbagai pastanya. Selain pasta yang biasa kita kenal, ada juga gnocchi yang dapat dinikmati saat cuaca sedang dingin. Biasanya, gnocchi disajikan dengan saus krim gorgonzola yang lezat. Akan lebih nikmat lagi jika disajikan selagi hangat.

Document
gambar hotel

Terbang dari Jakarta ke Milan

Mulai dari IDR 9.000.000-an di BookingToGo

5. Spatzle

Spatzle musim dingin Eropa
Spatzle via Wikimedia Commons

Sekilas, spatzle memiliki bentuk yang mirip dengan mie telur. Hanya saja, warnanya lebih pucat dan teksturnya lebih kenyal. Selain itu, spatzle juga lebih kaya rasa. Karena dia menyerap semua jus, kaldu, atau rebusan yang dipasangkan dengannya.

Menyantap seporsi spatzle di malam yang dingin saat musim dingin Eropa akan terasa begitu menghangatkan. Selain itu, karena kaya karbohidrat, kamu juga akan merasa kenyang lebih lama.

Document
gambar hotel

Terbang dari Jakarta ke Frankfurt

Mulai dari IDR 7.000.000-an di BookingToGo

Itulah beberapa tips liburan dan rekomendasi makanan yang bisa BTG Traveler jadikan referensi saat ke Eropa nanti. Selain yang sudah disebutkan, tentu saja masih banyak tips dan rekomendasi makanan lain yang bisa kamu coba saat ke Eropa. Yang pasti, jangan lupa untuk memesan tiket pesawat dan hotel di Bookingtogo.

Liburan Musim Dingin ke Eropa sama Siapa? Ya BookingToGo dong!

Promo Bookingtogo

Bookingtogo menyediakan akomodasi terbaik untuk liburan musim dingin Eropa kamu. Mulai dari hotel terbaik dengan penawaran terbaik hingga tiket pesawat dengan harga bersahabat. Jangan lupa untuk mengecek diskon dan penawaran di Bookingtogo sebelum liburan ke Eropa. Selamat berlibur! Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.