Jadwal Festival Balon Wonosobo Ada Lagi di Bulan Agustus 2023 Nih!

Bagikan Artikel
0
(0)
3.7/5 - (3 votes)

Festival Balon Wonosobo 2023 – Hai BTG Traveler, kita kembali ke Wonosobo di Jawa Tengah yuk, beberapa waktu lalu di wonosobo ada puncak Festival Balon Wonosobo, tepatnya di libur lebaran 2023 kemarin.

Nah buat kamu yang mau melihat langsung festivalnya tapi belum sempat saat lebaran kemarin, kamu bisa mengunjungi festival balon wonosobo lagi di bulan agustus nanti loh dengan tajuk Java Ballon Attraction, acara ini akan dilaksanakan di lapangan Kalianget, Wonosobo. Dilansir dari website pariwisata Jawa Tengah, Java Ballon Attraction akan digelar pada 26 – 27 Agustus 2023 mendatang.

Sejarah Festival Balon Udara di Wonosobo

Sejarah festival balon wonosobo Balon Udara di Wonosobo dengan berbagai Motif via Flickrr

Dilansir dari laman resmi dinas pariwisata dan kebudayaan wonosobo, disebutkan dalam e-book nya bahwa penemuan tradisi balon udara ini dimulai pada pertengahan dekade 1920 an dan penemunya adalah Bapak Atmo Goper (1898 – 1978). Atmo Goper sendiri merupakan seorang yang ahli dalam memangkas rambut, dan berasal dari Krakal Tamanan, Karangluhur, Kretek, Wonosobo. Dia juga dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai pengrajin lampion, sangkar burung dan seniman musik rebana. Karya Balon Udara dari Atmo ini tercetus dari pendaratan balon udara berpenumpang yang pernah dia lihat saat masih muda.

Pada saat itu Balon pertama yang beliau buat menggunakan bahan kertas pilus, yang dikombinasikan dengan kertas payung. Pada jamannya bahan tersebut adalah bahan yang mahal dan harus dipesan dari Semarang. Karena hal tersebutlah warga menggunakan dana patungan untuk membelinya, sedangkan bahan lainnya seperti lem dibuat sendiri dengan parutan ubi kayu yang diperas dan dimasak hingga jadi lem.

Penerbangan pertama balon udara yang dibuat oleh Bapak Atmo ini dilakukan di depan mushola krakal tamanan dengan disaksikan kerumunan warga setempat. Pada akhirnya hingga tahun tahun selanjutnya cerita tentang balon udara ini menyebar di wilayah lain dan menjadi momen yang ditunggu oleh masyarakat hingga saat ini.

Baca Juga: Gunung Cilik Kaliurip Wonosobo, Hamparan Perkebunan Teh yang Menyejukkan Mata

8 Tips Berkunjung ke Java Ballon Attraction Wonosobo

Berikut ini adalah beberapa tips berwisata yang bisa membantumu menikmati Festival Balon Wonosobo dengan maksimal.

1. Rencanakan Dulu Kunjunganmu

Java Balon Atraction Festival Balon udara di Wonosobo credit by tari.spl

Saat ingin berangkat, baiknya kamu bisa merencanakan kunjungan ke Festival Balon Wonosobo sebelumnya. Periksa tanggal dan jadwal acara festival untuk memastikan kalau kamu tidak bertabrakan dengan jadwal lain dan tidak melewatkan atraksi yang mau kamu saksikan. Selain itu pastikan untuk memeriksa cuaca, membawa perlengkapan yang sesuai, serta akomodasi yang baik untuk menuju kesana ataupun hotel untuk menginapnya.


2. Datanglah Lebih Awal

festival balon wonosobo 2023 Keramaian Festival Balon Udara di Wonosobo Credit by kemanaa.id

Untuk menghindari keramaian dan antrean panjang,
minboo sarankan agar kamu bisa datang lebih awal ke lokasi festivalnya ya. Karena nantinya kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati berbagai acara dan menemukan tempat yang nyaman untuk melihat balon-balon mengudara.

3. Gunakan Pakaian yang Nyaman

festival balon wonosobo 2023 Terik SInar Matahari saat Festival credit by li.va.05

Karena festival ini berlangsung di luar ruangan, pastikan kamu mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca ya BTG Traveler, karena festival ini berlangsung tepat di bawah terik matahari, gunakan topi, jaket lengan panjang dan tabir surya untuk melindungi dirimu dari sinar UV.

4. Jangan Lupa Kamera

Foto Bersama Balon Udara Foto Bersama Balon Udara credit by desyinda20

Festival Balon Wonosobo menawarkan pemandangan yang indah dan menarik. Pastikan kamu juga membawa kamera atau smartphone ya untuk mengabadikan momen-momen spesial selama festival. Kamu bisa mengambil foto-foto balon-balon yang mengambang di langit atau mengabadikan keseruan bersama teman-teman maupun keluarga.


5. Cicipi Kuliner Khas Festival

Mi ongklok sate sapi Wonosobo Mi ongklok sate sapi Wonosobo

Selama kamu berada di Wonosobo, jangan lewatkan buat mencicipi kuliner khas dari wonosobo ya BTG Traveler. Ada berbagai hidangan lezat yang bisa kamu nikmati, seperti makanan mie ongklok, Nasi Megono Wonosobo, Tempe Kemul dan lain sebagainya.

6. Hormati Aturan dan Jaga Lingkungan Ya

Penerbangan Balon udara wonosobo Penerbangan Balon udara wonosobo ceridt by heri_nunuk

Saat kamu menghadiri Festival Balon Wonosobo, penting untuk mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Termasuk juga kamu harus menjaga kebersihan tempat dengan membuang sampah pada tempatnya, hingga parkir di tempat yang telah disediakan.

7. Yuk Jelajahi Destinasi Wisata Lainnya

Wisata sekitar wonosobo View Wonosobo crcedit by AROUND THE WORLD

Selama berada di Wonosobo, manfaatkan kesempatan ini untuk menjelajahi destinasi wisata lainnya di sekitar. Wonosobo dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, seperti Danau di Dieng dan Gunung Sindoro. Kamupun pastinya bisa memperpanjang liburan dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan di Wonosobo.


8. Pilih Akomodasi Hotel Sekitar Untuk Menginap

Selain beberapa hal diatas kamu juga bisa memilih berbagai hotel sekitar wisata lain yang ingin kamu kunjungi di Wonosobo loh, kamu bisa cek beberapa rekomendasi hotelnya di BookingToGo. Karena Saat ini ada Promo JUMBO yang bisa kamu gunakan untuk metode pembayaran Paylater Yuk Liburan ke Wonosobo sekarang. Smart Booking, Easy Travel!

Promo Tiket Hotel Mei 2023

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like