Bagikan Artikel
5
(13)

BookingToGo – Hallo, sahabat BookingToGo! Bali memang paling terkenal adalah wisata pantai-nya, bukan? Biasanya, orang luar negeri atau lokal pergi ke Bali selalu melakukan aktifitas surfing atau berselancar. Nah, kali ini BookingToGo akan memberikan kamu informasi mengenai destinasi pantai untuk berselancar. Yuk lah, tanpa perlu berlama-lama lagi kita ulas saja inilah 11 pantai untuk surfing terbaik di Bali:

List Pantai untuk Surfing Terbaik di Bali

  1. Balangan

pantai-balangan-bali
Sumber: piqsels.com (2017) (edited)

Pantai Balangan alamatnya ada di jalan balangan, kuta selatan, kabupaten badung, Bali. Balangan merupakan tempat berselancar populer di Bali, dengan tingkat pengalaman peselancar intermediate. Jika masih pemula, tidak cocok berselancar disini karena ketinggian ombak saja bisa mencapai 4 – 8 kaki.

Jika mengunjungi Pantai Balangan, baiknya berkunjung pada pada musim kemarau, sekitar bulan April – Oktober. Karena pada bulan tersebut gelombang lautnya konsisten dan juga cuacanya cerah.

  1. Balian

pantai-balian-tabanan
Sumber: commons.wikimedia.org (2008), credit: Edie209

Pantai Balian tidak terlalu dikenal wisatawan lokal tapi begitu terkenal oleh wisatawan asal Australia. Pantai ini tidak terlalu terkenal seperti kuta, jadi jika kamu mencari ketenangan disinilah tempatnya. Lokasi Pantai Balian ada di jalan pantai Balian, Desa Lalanglinggah, Kec. Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali. Sekitar satu setengah jam perjalanan dari Pantai Kuta.

Yang buat unik dari Pantai Balian adalah, pasirnya berwarna hitam dan memilki muara sungai namanya sungai balian. Pantai balian mempunyai ombak yang cukup tinggi dan konsisten setiap tahunnya, jadi hanya cocok untuk peselancar yang berpengalaman saja.

  1. Nusa Dua

peselancar-wanita-di-pantai-nusa-dua
Sumber: freepik.com (2019)

Pantai Nusa Dua sangat terkenal bagi orang luar negeri atau lokal. Alamat Nusa Dua ada di Jl. Nusa Dua, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Selain merupakan pantai dengan pasir putih, pantai Nusa Dua memiliki ombak yang besar dan konsisten. Ketinggian ombak di Nusa Dua bisa mencapai 6 kaki.

Selain itu, di Nusa Dua tidak mempunyai penjaga pantai, jadi hanya cocok untuk peselancar yang berpengalaman saja.  Jika kamu masih pemula dalam berselancar, lebih baik surfing di Kuta saja.

  1. Kuta

Pantai-untuk- Surfing-Pemula-Pantai-Kuta
Sumber: freepik.com (2018)

Siapa yang tidak kenal Pantai Kuta? Ya, pantai ini memang telah menjadi favorit seluruh wisatawan. Selain memilliki sunset yang indah, Pantai Kuta memiliki pasir putih dengan air laut yang tenang. Untuk alamat Pantai Kuta ada di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Ombaknya juga tidak terlalu tinggi, jadi cocok untuk surfing dengan level pemula. Disini juga ada orang yang menyewakan alat selancar, kamu bisa minta mereka mengajari cara untuk berselancar disini.

  1. Batu Bolong

peselancar-di-pantai-batu-bolong-canggu
Sumber: freepik.com (2019)

Pantai Batu Bolong ini terletak di Jl. Pantai Batu Bolong, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Batu Bolong ini adalah spot selancar yang cocok untuk pemula selain Pantai Kuta.

Batu Bolong mempunyai arus ombak yang lambat, ketinggian ombaknya kurang lebih mirip seperti Kuta. Cuma yang membedakannya adalah pasir Batu Bolong warnanya putih kecoklatan, sedangkan Kuta itu pasir putih.

  1. Medewi

wisatawan-surfing-di-pantai-medewi-bali
Sumber: freepik.com

Pantai Medewi ini letaknya ada di kecamatan Pekutatan, kabupaten Jembrana, Bali. Pantai Medewi ini memiliki pasir hitam dengan banyak bebatuan di bibir pantai, lautnya masih jernih, dan desanya juga masih alami.

Tidak mengherankan, jika para wisatawan menjuluki Medewi sebagai pantai untuk surfing terbaik di Bali bagian Barat. Karena Pantai Medewi ini mempunyai ombak yang besar dan panjang. Untuk ketinggian ombak-nya, lebih besar dari ombak di Kuta, tapi lebih kecil dari ombak di Balian. Pantai Medewi cocok buat surfing, tapi tidak cocok untuk berjemur karena pantainya panas sekali.

  1. Bingin

surfer-expert-pantai-bingin
Sumber: surfindonesia.com (2020)

Pantai Bingin letaknya ada di Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantainya merupakan pantai pasir putih dengan ombak ketinggian bisa mencapai 5 kaki namun tidak panjang seperti pantai Medewi.

Pantai Bingin hanya cocok untuk para surfer / peselancar yang berpengalaman saja, karena mengingat ombaknya cukup tinggi dan cepat.

  1. Impossible

pantai-impossible
Sumber: freepik.com (2020)

Impossible itu dalam bahasa Inggris “tidak mungkin”, bukan? Iya benar, pantai impossibles tidak mungkin untuk para peselancar pemula. Really, impossible for beginners! karena ombaknya tinggi, cepat, panjang, dan juga berlapis-lapis. Ketinggiannya bisa mencapai 5 kaki keatas, jadi usahakan kamu harus sudah lancar dasar-dasar surfing sebelum ke pantai impossibles ini, ya.

Pantai Impossible ini ada di tengah pantai Padang Padang dan pantai Bingin. Lokasinya masih bagian dari desa Pecatu, kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung. Menuju pantai ini sangat sulit karena letaknya tersembunyi di balik tebing, akses jalannya juga sukar lalui. Tapi begitu sampai, rasa capek itu akan sirna begitu melihat keindahan dari pantai Impossible.

  1. Keramas

peselancar-wanita-di-pantai-keramas
Sumber: freepik.com (2020)

Pantai keramas ini lokasinya ada di Desa Keramas, kecamatan Blahbatuh, kabupaten Gianyar, Bali bagian Timur. Pantai Keramas bagus untuk surfing bagi yang sudah berpengalaman. Karena pantai Keramas ini punya arus ombak yang cepat dan besar. Selain itu, ombak pantainya seperti menggulung.

Ombak yang menggulung itu menandakan angin lautnya sangat kencang, jadi akan berbahaya untuk kamu yang masih permula dalam surfing / berselancar. Namun, bagusnya dari pantai keramas ini ada penjaga pantai-nya, jadi setidaknya lebih aman untuk traveller.

  1. Padang Padang

pantai-padang-padang-bali
Sumber: swellbali.com (2020)

Nah, kalau pantai padang padang ini mempunyai 2 area untuk surfing. Ada area baby padang / padang right yang bagus untuk pemula menengah, dan ada padang left buat orang yang expert dalam surfing.

Jadi untuk kamu yang masih pemula menengah, main selancarnya / surfing di bagian kanan ombak, ya. Kalau yang bagian kiri, ombaknya besar sekali, lebih besar dari pantai Keramas. Selain itu,  arus ombaknya cepat sekali dan menggulung juga. Pantai Padang Padang juga ada penjaga pantainya, jika ada sesuatu jangan sungkan meminta bantuan penjaga pantai-nya, ya.

Untuk lokasi pantai padang padang dekat dengan pantai impossible, masih di kawasan desa Pecatu, kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung.

  1. Uluwatu

pantai-uluwatu-bali-surfing
Sumber: freepik.com (2018) (edited & cropped)

pantai Uluwatu ini dekat dengan Pura Uluwatu, sekitar 12 menit perjalanan dengan mobil. Jadi masih dikawasan desa Pecatu, kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung. Kalau pantai ini sih, khusus untuk professional surfer.

Ombak bisa mencapai 6 kaki tingginya, ombak bergulung dengan arus yang cepat serta panjang. Tidak direkomendasikan untuk pemula, bagi pemula surfing di Kuta saja.

 

Pantai Terbaik di Bali untuk Surfing berdasarkan Tingkat Pengalaman-nya

Pantai Surfing di Bali untuk Pemula

Jika kamu masih pemula, inilah list pantai surfing di Bali-nya:

Pantai Kuta

Pantai-untuk- Surfing-Pemula-Pantai-Kuta
Sumber: freepik.com (2018)
Pantai Batu Bolong

pantai-batu-bolong-canggu
Sumber: commons.wikimedia.org (2019) (edited), credit: Mx. Granger

Pantai Surfing di Bali untuk Intermediate

Jika kamu tingkat menengah, inilah list pantai surfing di Bali-nya:

Pantai Balangan

pantai-balangan-bali
Sumber: piqsels.com (2017) (edited)
Pantai Balian

pantai-balian-tabanan
Sumber: commons.wikimedia.org (2008), credit: Edie209
Pantai Medewi

wisatawan-surfing-di-pantai-medewi-bali
Sumber: freepik.com (2019)

Pantai Surfing di Bali untuk Ahli

Jika kamu seorang ahli, inilah list pantai surfing di Bali-nya:

Pantai Padang Padang

pantai-padang-padang-bali
Sumber: swellbali.com (2020)
Pantai Bingin

Sumber: surfindonesia.com (2020)
Pantai Uluwatu

pantai-uluwatu-bali-surfing
Sumber: freepik.com (2018) (edited & cropped)
Pantai Impossible

pantai-impossible-surfing
Sumber: freepik.com (2020)
Pantai Nusa Dua

peselancar-wanita-di-pantai-nusa-dua
Sumber: freepik.com (2019)
Pantai Keramas

surfer-wanita-di-pantai-keramas-bali
Sumber: freepik.com (2020)

 

Berselancar atau surfing sudah menjadi aktifitas yang selalu dilakukan oleh wisatawan lokal maupun luar negeri saat berada di Bali. Jangan lupa sebelum berselancar / surfing, lakukan pemanasan terdahulu agar terhindar dari kram kaki. Dan pastikan satu kaki kamu terikat dengan baik di papan selancar agar lebih aman saat surfing. Semoga artikel ini bermanfaat, ikuti terus artikel selanjutnya di blog.bookingtogo.com dan subscribe newsletter dari kami. Thank You

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 13

Belum ada rating, segera rating artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here