Bagikan Artikel
5
(1)

Ngomongin soal Musem seni atau yang lebih dikenal dengan Art Space, mungkin beberapa dari kita sudah gak lagi asing dengan hal yang satu ini.

Menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup banyak digemari kalangan Gen Z, trend mengunjungi Museum seni ini memang sempat ramai beberapa waktu belakangan. Tepatnya, semenjak banyak para Content Creator TikTok yang menyambangi Museum seni di Jakarta ini.

Maka dari itu gak heran jika sekarang ini banyak orang-orang mencari informasi seputar Museum Seni, Art Gallery, dan Art Space, yang masih di daerah Jakarta.

Buat yang belum tau, Museum seni atau Art Space ini merupakan sebuah pameran atau ruang yang memang ditujukan untuk menampilkan ragam karya seni, dari berbagai seniman. Adapun jenis seni yang ditampilkan cukup beragam. Mulai dari seni tradisional, sampai seni modern.

4 Museum Seni di Jakarta

Nah untuk kamu yang mungkin penasaran, kita sudah siapkan nih 4 Museum seni dan art space di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

Museum Nasional

museum nasional
img via: blog.bookingtogo.com

Museum Nasional menjadi tempat dimana kamu akan menemukan banyak pameran dan juga karya seni dari para seniman terkenal.

Tempat ini cocok banget untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu sembari menikmati ragam karya seni dan rupa, atau sekedar berjalan-jalan menghabiskan waktu.

Dan gak cuma itu aja, Museum Seni Jakarta juga memiliki spot berfoto yang cocok untuk kamu yang ingin mengabadikan moment ketika berada di sini.

Harga Tiket Masuk Museum Nasional Jakarta

Untuk harga tiket masuknya sendiri masih cukup terjangkau, kok.

  • Anak-anak: Rp2.000,-
  • Dewasa: Rp5.000,-
  • Rombongan (minimal 20 orang): Rp1.000 – Rp3.000/orang,-
  • Pengunjung Asing: Rp10.000

Jam Operasional Museum Nasional Jakarta

  • Selasa s/d Jumat: 08.00 – 16.00
  • Sabtu s/d Minggu: 08.00 – 17.00
  • Hari senin serta hari besar nasioanal: Tutup

Lokasi Museum Nasional Jakarta

2Madison Art Gallery

img via: blog.bookingtogo.com

Selanjutnya ada 2Madison Art Gallery yang menjadi tempat nyaman untuk menikmati karya seni, dan juga bersantai.

Terletak di Selatan Jakarta, art gallery satu ini harus masuk kedalam list bersantai kamu. Sebab, disini kamu akan menemukan cafe di lantai pertama dengan konsep urban modern dengan beragam pilihan menu yang dapat kamu coba.

2madison-Gallery-2madison
img via: 2madison.com

Setelah itu, kamu bisa naik ke lantai 2 untuk menikmati beragam art gallery yang disediakan pihak 2Madison yang berupa lukisan, pernak-pernik, dan beragam karya seni lain yang diperjual belikan.

Maka dari itu, tak heran jika 2Madison Art Gallery juga sering dikunjungi untuk mengerjakan tugas, bersantai, ataupun berkumpul bersama keluarga.

Harga Tiket Masuk 2Madison Art Gallery

Karena konsep dari Art Gallery 2Madison ini berupa cafe, jadi kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, melainkan kamu hanya perlu memesan makanan atau minuman yang tersedia.

Jam Operasional 2Madison Art Gallery

  • Minggu s/d Senin: 08.00 – 16.00
  • Selasa s/d Sabtu: 08.00 – 18.00

Lokasi 2Madison Art Gallery

ImersifA Museum Nasional

img via: blog.bookingtogo.com

ImersifA merupakan ruangan yang terletak di Gedung A Museum Nasional berukuran 12m x 21m yang digunakan sebagai instalasi video mapping 360° dengan durasi 30 menit.

Diresmikan pada 31 Maret 2022, ImersifA ini juga disebut dengan Ruang Baru Imajinasi Museum Nasional, karena ketika kamu berada di ruangan ini dan menonton video yang disajikan, kamu akan merasakan jika kamu seolah-olah berada didalam video tersebut.

Harga Tiket Masuk ImersifA Museum Nasional Jakarta

Untuk harga tiket masuk ImersifA, sementara ini pengunjung belum dikenakan biaya alias gratis. Sebab, pihak pengelola masih harus menunggu ketetapan dari Kementrian Keuangan.

Jam Operasional ImersifA Museum Nasional Jakarta

  • Mengikuti Jadwal Museum Nasional Jakarta

Lokasi ImersifA Museum Nasional Jakarta

ROH Projects

roh project
img via: https://indoartnow.com/

Selanjutnya ada ROH Projects yang merupakan art space dengan konsep nomaden atau berpindah tempat dari tempat satu ke tempat lainnya.

ROH Projects sendiri sudah berdiri sejak 2012, dengan mengusung konsep putih, minimalis, pencahayaan yang baik, serta konsep interior yang dibuat sedemikian rupa untuk menggiring pengunjung lebih fokus ke karya seni yang ditawarkan.

ROH-Project-Gallery-Exhibition-4
img via: manual.co.id
ROH-Project-Gallery-Exhibition-11
img via: manual.co.id

Karena konsep nomaden yang diadaptasi ROH Projects, tentu kamu harus menunggu exhibition dari ROH Projects itu sendiri agar bisa menikmati art yang dibuat oleh ROH Projects yang bisa kamu akses dari laman rohprojects.net.

Namun pada 1 April 2022 kemarin, ROH Projects mengadakan pameran baru di sekitar Jl. Menteng Jakarta Pusat, dengan berkolaborasi bersama 16 seniman asal Indonesia. Dari hasil kolaborasi ini, akhirnya tercipta 2 ruang pameran yang bisa dikunjungi para pecinta seni.

Ruang Pertama ialah Gallery Apple dengan konsep kubus netral putih, dan ditambahkan dengan pencahayaan yang terkontrol. Sedangkan ruang kedua ialah Gallery Orange yang mengadaptasi konsep ekspansif dengan langit-langit tinggi dan skylight.

Harga Tiket Masuk Pameran ROH Projects

Untuk sementara ini, belum ada informasi lengkap mengenai harga tiket masuk ke pameran ROH Projects melainkan dari website resmi rohprojects.net

Jam Operasional ROH Projects

  • Selasa s/d Sabtu: 11.00 – 19.00

Lokasi Pameran ROH Projects

Dan itulah tadi sekiranya 4 rekomendasi Museum seni di Jakarta yang bisa kamu sambangi. Gimana? Tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...