Bagikan Artikel
5
(1)

Moment Ramadan memang menjadi moment yang paling dinantikan oleh sebagian orang. Sebab, di bulan inilah banyak orang akan melaksanakan mudik/pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga ataupun orang tua.

Sebab, di bulan inilah moment Idul Fitri sangat sayang untuk dilewatkan jika tidak berkumpul bersama keluarga. Maka tak heran, 2 minggu terakhir Ramadan orang-orang akan mempersiapkan diri untuk melaksanakan mudik, baik dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Namun terkadang, ada saja pemudik yang over dalam membawa barang bawaan ketika mudik, hingga akhirnya merepotkan diri sendiri.

Untuk itu kita akan mengulas sedikit tentang apa aja sih, yang perlu kamu bawa saat mudik lebaran agar tidak over?

Pakaian Secukupnya

Ketika melaksanakan mudik, membawa pakaian secukupnya adalah hal yang cukup penting. Mengingat, tujuan utama dari mudik ialah pulang ke rumah orang tua, untuk berkunjung dan bernostalgia dengan masa kecil sewaktu di kampung.

Kamu bisa menentukan berapa pasang pakaian yang hendak kamu bawa, dari estimasi waktu mudik kamu. Jika mungkin kamu akan singgah di rumah orang tua selama 3 hari, kamu bisa membawa sekitar 3/4 pasang pakaian.

Hal ini bertujuan untuk meringankan barang bawaanmu agar tidak terlalu berat, dan tentunya lebih praktis.

Sertifikat Vaksin/Surat Kesehatan

Setelah 2 tahun pandemi COVID-19 berlalu, akhirnya warga Indonesia sudah bisa melaksanakan mudik dengan pembatasan yang lebih ringan daripada sebelumnya. Dimana, para pemudik minimal sudah melakukan vaksin dosis 1, 2, dan juga booster, serta sudah melakukan antigen ataupun pcr.

Hal ini sendiri berguna untuk pemudik yang menggunakan transportasi umum, seperti pesawat, kereta, ataupun bus. Namun untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kamu membawa sertifikat vaksin, dan juga keterangan dari hasil antigen dan pcr.

Baca : Syarat dan Aturan Mudik 2022

Tiket dan Fasilitas

Untuk kamu yang hendak mudik menggunakan transportasi umum, tentu kamu harus memesan tiket dari jauh-jauh hari bukan? Apalagi, di penghujung Ramadan menjelang Idul Fitri.

Maka dari itu, kamu harus pintar mengatur waktu untuk membeli tiket pulang pergi, agar tak lagi kehabisan tiket.

Nah, selain itu untuk kamu yang mungkin mudik menggunakan pesawat, kamu juga bisa menghemat waktu dengan memesan layanan Airport Handling yang tersedia, untuk mempersingkat waktumu dalam proses check-in sampai Boarding Gate.

airport handling

Perlengkapan Kesehatan

Selain membawa sertifikat vaksin dan surat kesehatan, kamu juga harus melengkapi diri dengan perlengkapan kesehatan yang mudah untuk dibawa.

Kamu bisa menyiapkan sebuah kotak khusus atau P3K, dengan berisikan obat-obatan ringan untuk mabuk perjalanan, minyak kayu putih, hand sanitizer, vitamin, dan juga masker.

Buah Tangan

Jika kamu masih memiliki keluarga lain seperti keponakan, adik yang masih kecil, dan juga tetangga sekitar, rasanya nggak salah dong ketika mudik kamu membawakan buah tangan untuk mereka?.

Tenang, kamu tak perlu bingung soal buah tangan. Kamu bisa membelikan baju baru yang mungkin seragam untuk keluargamu, jam tangan, atau bahkan hal lain sebagai hadiah.

Dan kalau kamu adalah seorang om yang memiliki banyak ponakan, rasanya ngga salah deh untuk memberikan mereka amplop lebaran sebagai thr.


Itulah tadi beberapa hal penting yang harus kamu siapkan sebelum berangkat mudik. Semoga, mudik tahun ini lebih berkesan dari tahun-tahun sebelumnya.

Jangan lupa untuk mengenakan masker, dan mengikuti seluruh prokes yang berlaku, demi memutus rantai penyebaran virus COVID-19.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...