Bagikan Artikel
5
(1)

Bicara tentang 5 Masjid unik di Indonesia, tentu kita sudah tak asing dengan tempat dimana umat Islam melaksanakan kewajibannya sebagai umat Muslim.

Terlebih lagi, Indonesia merupakan Negara dengan populasi umat Muslim yang cukup besar. Sebab itulah tak heran jika kita bisa menemukan beragam jenis bangunan masjid yang indah.

Belum lagi dengan beragam culture yang ada di Indonesia, membuat banyak bangunan masjid memiliki keunikan tersendiri, sesuai daerah masing-masing.

Dan belakangan ini, ada sebuah trend wisata yang cukup banyak diminati oleh wisatawan, yakni wisata religi, dengan tujuan mendekatkan diri kepada sang pencipta, dengan mengunjungi masjid-masjid unik yang ada di Indonesia.

Karena selain untuk beribadah, para wisatawan bisa menikmati keindahan dari bangunan masjid yang cukup unik berikut.

5 Masjid Unik di Indonesia

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan masjid unik yang disebutkan tadi, kamu boleh banget nih cek daftar 5 masjid unik di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi.

Masjid Agung Tuban, Jawa Timur

masjid agung tuban, jawa timur
img source: https://duniamasjid.islamic-center.or.id/

Dikenal dengan Masjid Pesona 1.001 Malam, Masjid Agung Tuban memiliki keunikan dari segi bangunannya. Terdiri dari 2 bagian yakni serambi dan ruang salat utama dengan corak Timur Tengah, India, dan juga Eropa.

Selain itu, ketika masuk ke Masjid Agung Tuban, kamu akan disuguhkan dengan ragam ornamen unik, dengan kubah besar berwarna biru dan kuning.

Masjid yang diresmikan pada 22 April 1987 ini mampu menampung hingga  2.000 jamaah, dan berlokasi di Alun-alun Kota Tuban.

Masjid Raya, Sumatera Barat

masjid raya sumatera barat
img source: shutterstock

Menjadi salah satu Masjid terbesar di Sumatera Barat, Masjid Raya yang terletak di Jalan Chatib Sulaiman ini, memang selalu menarik perhatian bagi para wisatawan dari luar Sumatera Barat.

Masjid yang dibangun pada tahun 2007 dan diresmikan pada tahun 2019 ini, memiliki luas sekitar 44.300 meter persegi yang mampu menampung sekitar 20.000 jamaah didalamnya.

Adapun desain yang diterapkan pada Masjid Raya ini, mengadaptasi unsur budaya khas Minang mulai dari atap, hingga corak ukiran di dindingnya.

Keunikan lain dari Masjid Raya ini adalah bentuk atapnya. Di mana bentuk atap dari masjid ini menyerupai Rumah Gadang khas Minang.

Selain itu, Masjid ini juga dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menahan gempa hingga 10 Skala Richter, dan memiliki shelter evakuasi, jika terjadi tsunami.

Dan orang dibalik megahnya Masjid Raya Sumatera Barat ini adalah Rizal Muslimin, yang bekerja sama dengan sekitar 323 arsitek dari berbagai negara.

Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru
img source: https://www.andalastourism.com/

Didirikan pada 1962, Masjid Agung An-Nur yang dibangun oleh arsitektur Ir Roseno ini, selesai pada 1968 bertepatan dengan pembangunan infrastruktur lain di Kota Pekanbaru, Riau.

Masjid Agung An-Nur sendiri mengadaptasi desain dari 4 budaya berbeda. Yakni Melayu, Arab, Turki, dan India. Selain itu, bentuk dari bangunan masjid ini menyerupai Taj Mahal, yang ada di India.

Meskipun begitu, ketika masuk ke dalam, kamu akan menemukan sentuhan budaya Melayu yang terdapat pada warna hijau yang menjadi warna utama pada masjid.

Karena keunikannya ini, Masjid Agung An-Nur menjadi destinasi wisata religi, dan bersejarah di Pekanbaru untuk para umat Muslim yang ingin mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Masjid As Safinatun Najah, Semarang

Masjid As Safinatun Najah, Semarang
img source: https://www.javatravel.net/

Kemudian ada Masjid As Safinatun Najah, yang sangat unik. Sebab, masjid yang satu ini memiliki bentuk bangunan yang menyerupai bahtera Nabi Nuh yang besar.

Disini, para pengunjung bisa melaksanakan ibadah, dan juga berfoto di area sekitar masjid untuk mengabadikan moment bersama keluarga ataupun teman dekat.

Terlebih pada bulan ramadan saat ini, banyak sekali orang-orang mengunjungi Masjid As Safinatun Najah, Semarang untuk sekedar menunggu waktu berbuka, atau ikut buka bersama dengan pengurus masjid disana.

Masjid Cheng Ho, Surabaya

Masjid Cheng Ho, Surabaya
img source: https://backpackerjakarta.com/

Kemudian di urutan terakhir ada masjid Cheng Ho yang sangat unik, dan merupakan masjid pertama di Indonesia yang menggunakan nama Muslim Tionghoa, sebagai bentuk perdamaian umat beragama.

Sekilas, untuk bentuk arsitektur dari masjid ini mirip dengan klenteng. Namun setelah masuk kedalamnya, kamu akan menemukan keindahan seni dan budaya yang sangat kental.

Masjid ini juga memilki ornamen yang kental dengan nuansa Tiongkok lama dengan pintu masuk yang menyerupai pagoda, dan relief naga, patung, singa, dan lilin dengan lafaz Allah dalam bahasa arab, serta menggunakan padanan warna merah, hijau, dan kuning.

Selain menjadi tempat beribadah umat Muslim, masjid ini juga kerap dikunjungi para wisatawan untuk sekedar berfoto dan mengamati keindahan masjid unik dan bersejarah ini.


Akhir Kata

Itulah tadi daftar 5 Masjid unik yang ada di Indonesia. Gimana? Apa kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...