Bagikan Artikel
Rate this post

BookingToGo7 Tempat wisata di Makassar yang akan kami ulas berikut, rasanya bisa jadi referensi untuk kamu yang hendak berlibur, atau berkunjung ke Makassar. Buat kamu yang masih binggung, Makassar adalah nama kota yang ada di pulau Sulawesi bagian selatan.

Dulu pada tanggal 31 Agustus 1971, Makassar pernah bernama Ujung Pandang, loh. Tetapi pada tanggal 13 Oktober 1999, namanya kembali menjadi Makassar lagi seperti yang telah kita kenal sekarang. Kami tidak akan membahas secara lengkap soal Sejarah Makassar disini, karena memang khusus artikel kali ini kita akan membahas tentang wisatanya.

Walaupun termasuk perkotaan, Makassar ini menyimpan banyak pesona wisata yang indah. Dari yang wisata populer sampai yang belum dikenal tapi bagus, semua yang kami rasa bagus akan kami rekomendasikan disini.

7 Tempat Wisata di Makassar

Penasaran apa saja tempat wisatanya? Berikut adalah 7 Daftar Tempat Wisata di Makassar yang Indah, Hits, & Wajib Dikunjungi:

Pantai Losari

pantai-losari-makassar
Sumber: Instagram @its.fretless (2021)

Dikenal sebagai pantai dengan Sunset yang indah, dan juga kuliner yang wajib untuk dicoba, Pantai Losari masuk dalam urutan pertama dari tempat wisata di Makassar yang wajib untuk di kunjungi.

Biasanya, wisatawan mengunjungi Pantai Losari saat sore hari. Karena, selain bisa melihat matahari terbenam wisatawan juga bisa menikmati makanan seafood yang hanya buka pada malam hari disini.

Walaupun yang banyak adalah makanan laut, bukan berarti di Pantai Losari tidak ada menu lain. Cobain deh makanan terkenal di Pantai Losari ini, bernama Pisang Epe.

Pisang Epe ini adalah pisang yang dibakar dan diberi air gula merah. Pantai Losari ini merupakan pantai yang dibuka untuk umum, jadi tidak ada bayar tiket masuk alias gratis.

Selain itu, dari Pantai Losari ini kamu bisa mengunjungi pulau Samalona, loh. Perihal tentang pulau Samalona akan dibahas lebih lengkap di bagian Pulau Samalona (nomor 4).

Ekowisata Mangrove Lantebung

ekowisata-mangrove-lantebung
Sumber: Instagram @lantebung.official (2021), Credit: @kiikiinov

Menjadi spot wisata yang instagrammable, Konservasi Hutan Mangrove yang berlokasi di Jl. Lantebung, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Ekowisata Mangrove masuk ke daftar Wisata yang harus kamu kunjungi.

Suasana lingkungannya sangatlah segar, karena jauh dari polusi. Saat kamu mulai menelusuri wisatanya, kamu pasti akan berjalan diatas jembatan warna-warni.

Nah, jembatan warna-warni itu biasa orang menyebutnya sebagai dermaga pelangi. Jika kamu mengunjungi tempat ini saat sore hari, panorama matahari terbenam dari Ekowisata Mangrove Lantebug juga sangat indah untuk dipandang.

Kamu juga bisa berfoto di spot foto yang tersedia disana, loh. Untuk harga tiket masuk ekowisata mangrove lantebung hanya 5.000 rupiah / orang.

Pulau Samalona

pulau-samalona-makassar
Sumber: Instagram @samlonaisland (2020)

Pulau Samalona adalah nama pulau kecil yang ada di Kota Makassar. Kamu harus naik perahu lagi dari dermaga.

Kebetulan dermaganya dekat sekali dengan pantai Losari, makanya banyak orang bilang kamu bisa mengunjungi pulau Samalona dari pantai Losari.

Kamu bisa pergi ke Pulau Samalona di 3 dermaga ini, yaitu: Dermaga Samalona, Dermaga Popsa, dan Dermaga Panyyua.

Ketiga dermaga tersebut bisa kamu tempuh dari pantai Losari sekitar 5 menit perjalanan menggunakan mobil. Nanti disana kamu akan menemukan jasa sewa perahu, soal sewa bervariatif.

Namun, rata-rata harga sewa sekitar 300.000 – 500.000 rupiah per-perahu. Ada juga yang bersifat umum, jadi kamu bergabung sama wisatawan lain dengan jam pergi dan kembali yang telah ditetapkan.

Dan pastinya harga sewa perahu bakal lebih murah. Pantai Samalona ini merupakan pulau yang dibuka untuk umum, jadi tidak ada bayar tiket masuk.

Dari dermaga kota Makassar ke Pulau Samalona memerlukan waktu sekitar 30 – 40 menit dengan perahu motor.

Seperti layaknya pulau kebanyakan, di Pulau Samalona kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving.

online-travel-agent-bookingtogo
Advertisement: Pesan Tiket Pesawat di BookingToGo Saja!

Fort Rotterdam

benteng-fort-rotterdam-makassar
Sumber: Instagram @dudikpras (2021)

Fort Rotterdam merupakan wisata bersejarah yang merupakan sebuah benteng peninggalan kerajaan Gowa-Tallo.

Biasa disebut sebagai benteng Ujung Pandang, karena dulu Makassar pernah bernama Ujung Pandang.

Jika kamu penasaran mengapa namanya jadi Fort Rotterdam, ya karena benteng ini pernah diserahkan kepada Belanda.

Sehingga, pada akhirnya benteng ini dinamakan Fort Rotterdam. Tidak perlu binggung alamatnya dimana, Fort Rotterdam ini dekat dengan dermaga untuk pergi ke pulau Samalona.

Hanya berjalan kaki saja dari dermaga Samalona, paling hanya semenit sudah sampai. Saat kamu mengunjungi Fort Rotterdam, dalamnya ada museum yang memamerkan barang bersejarah.

Ada penjelasannya juga, jadi lumayan kan untuk menambah ilmu pengetahuan tentang kota Makassar.

Oh ya, jika masuk ke Fort Rotterdam tidak ada bayar tiket masuk ya. Kecuali jika kamu ingin masuk ke museumnya, harganya adalah 5.000 rupiah / dewasa.

PTB Maros

wisata-kuliner-ptb-maros
Sumber: Instagram @info_kejadian_maros (2020)

PTB Maros adalah tempat wisata kuliner di Kota Makassar. PTB ini adalah singkatan dari Pantai Tak Berombak, dan Maros adalah nama dari kabupaten di Sulawesi Selatan.

Jadi, sebenarnya PTB Maros ini tidak masuk dalam kota Makassar. Tetapi, wisata kuliner ini sangat melekat di wisata Makassar.

Tempatnya tidak jauh juga kok, kamu bisa mendatangi tempat ini sekitar 40 menit perjalanan dengan kendaraan dari kota Makassar.

Disini menjual banyak makanan yang enak loh, biasanya pada sore dan malam hari PTB Maros ini sangat ramai pengunjung.

Banyak anak muda nongkrong di tempat ini, karena fasilitasnya juga memadai. Bahkan ada internet gratis untuk para wisatawan yang berkunjung, jadi tidak mengherankan kenapa banyak anak muda bukan?

Selain itu, ada ratusan pedagang yang menyediakan banyak variasi makanan dan minuman enak. Kamu tinggal pilih saja, harganya pun juga terjangkau.

Karena ini merupakan tempat umum, PTB Maros tidak perlu membayar biaya tiket masuk.

Pantai Akkarena

pantai-akkarena-makassar
Sumber: Instagram @pantaiakkarena (2019), (cropped)

Pantai Akkarena adalah nama pantai pasir hitam di Kota Makassar dimana kamu bisa melakukan aktivitas watersport dan makan kuliner enak yang tersedia di sekitar pantai.

Selain itu, di Pantai Akkarena ini ada wahana permainan anak loh. Arus ombak pantai Akkarena juga tidak besar, jadi cocok untuk anak-anak bermain.

Disini juga ada spot foto bernama dermaga cinta. Konon katanya, jika ada pasangan foto di dermaga cinta ini, cinta mereka akan bertahan lama.

Untuk tiket masuk Pantai Akkarena bervariatif, kalau weekend (sabtu & minggu) harganya 15.000 rupiah / orang, kalau weekdays (senin – jumat) harganya 10.000 rupiah / orang.

Untuk parkirnya, kendaraan roda dua 5.000 rupiah / kendaraan, dan roda empat 10.000 rupiah / kendaraan.

Trans Studio Makassar

trans-studio-makassar
Sumber: Instagram @dickykrisna (2018)

Buat kamu yang suka bermain di taman hiburan, maka Trans Studio Makassar ini bisa menjadi pilihan wisata kamu.

Oh ya, Trans Studio Makassar ini merupakan taman hiburan indoor. Jadi kamu tidak perlu khawatir buat kehujanan saat bermain wahana seru.

Taukah kamu? Trans Studio Makassar ini merupakan salah satu wahana indoor terbesar yang ada di Indonesia, loh.

Ada komidi putar, ontang anting, boom-boom car, dan masih banyak lagi. Kira-kira ada puluhan wahana yang bisa kamu cobain disini.

Kalau untuk harga tiket masuk Trans Studio Makassar: 150.000 rupiah / orang (weekday), dan 200.000 rupiah / orang (weekend).

Itulah 7 tempat wisata di Makassar yang bisa kami rekomendasikan. Semoga daftar wisata yang kami berikan bisa bermanfaat untuk para pembaca setia blog.bookingtogo.com.

Jika kamu butuh tiket pesawat atau hotel untuk menginap di Makassar, kamu bisa cek sekarang di www.bookingtogo.com.


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...