Bagikan Artikel
5
(2)

BookingToGo – Hai, BTG Travellers! Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang tempat wisata di Jakarta yang sangat populer yaitu Taman Mini Indonesia Indah. Hampir seluruh orang di Indonesia mengetahui keberadaan tempat wisata ini, tapi masih ada beberapa orang yang belum mengetahui tentang isi Taman Mini Indonesia Indah ini. Yuk, simak informasinya dibawah ini:

Sejarah Singkat Taman Mini Indonesia Indah

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara yang luas. Jika kita traveling ke seluruh Indonesia, mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun. Oleh karena itu, Ibu Tien Soeharto (Istri dari Presiden Soeharto) mengusulkan untuk membuat Taman Mini Indonesia Indah pada 13 Maret 1970. Bisa dikatakan, Taman Mini Indonesia Indah merupakan perwakilan Indonesia itu sendiri.

Informasi Umum Taman Mini Indonesia Indah

Harga Tiket Masuk

Kami mendapat informasi tiket masuk ini dari website official dari Taman Mini Indonesia Indah. Harga dibawah belum termasuk tiket masuk wahana yang tersedia, untuk selengkapnya bisa kamu cek disini.

Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah
Tiket Pintu Masuk 25.000
Mobil 20.000
Bus/Truk 40.000
Motor 15.000
Sepeda 5.000

 

Notes: 

  • Harga perorang, usia 3 tahun sudah dikenakan biaya.
  • Belum termasuk tiket masuk wahana.

Jam Buka

Taman Mini Indonesia Indah buka jam 06.00 dan tutup jam 18.00 WIB.

Jam Buka Taman Mini Indonesia Indah
Setiap Hari 06.00 – 18.00

 

Ada Apa Saja di Taman Mini? 

  1. Aneka Bangunan Khas di Berbagai Daerah

    rumah-gadang-taman-mini
    Sumber: freepik.com, Credit: saiko3p

    Apakah kamu sudah pernah melihat semua rumah adat dari seluruh wilayah Indonesia? Jika belum, Taman Mini Indonesia Indah merupakan tempat yang tepat untuk kamu mencari tahu. Disini terdapat banyak sekali bangunan adat dari berbagai macam daerah di Indonesia.

    Diantaranya kamu dapat melihat Rumah Gadang yang merupakan rumah adat dari daerah Padang, Rumah Betang yang berasal dari Kalimantan Barat, Rumah Tongkonan yang merupakan rumah adat dari Sulawesi Selatan, Rumah Pelancang yang berasal dari Kepulauan Riau, Rumah Joglo dari Jawa Tengah, dan masih banyak lagi rumah adat yang bisa kamu temukan disini.

  2. Aneka Museum Edukatif

    gambar-museum-olahraga-taman-mini
    Sumber: www.flickr.com (2018), Credit: baka_neko_baka

    Selain memiliki rumah adat dari seluruh Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki banyak museum yang bisa meningkatkan wawasan kamu, diantaranya:

    1. Museum Perangko. Kapan terakhir kamu menggunakan perangko? atau mungkin melihat bermacam-macam perangko? Jika kamu belum pernah melihat semuanya itu, Museum ini merupakan tempat yang tepat karena disini kamu bisa melihat bermacam-macam perangko yang pernah digunakan mulai dari tahun 1864 sampai sekarang.

    2. Museum Listrik dan Energi Baru. Ingin tau cara membangkitkan energi listrik? Jika kamu penasaran, di sini kamu bisa melihat berbagai macam koleksi alat pembangkit listrik. Mulai dari kicir air, panel surya, kincir angin, dan masih banyak lagi.

    3. Museum Indonesia. Jika kamu ingin mengenal Indonesia lebih dalam lagi, cobain deh datang ke Museum Indonesia. Di museum ini kamu bisa melihat berbagai koleksi asal Indonesia, mulai dari: pakaian adat, transportasi, miniatur rumah tradisional, aneka kerajinan khas Nusantara, dan masih banyak lagi.

    4. Museum Transportasi. Apakah kamu suka otomotif? Kalau iya, cobain deh datang ke Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah. Di museum ini kamu bisa melihat aneka koleksi transportasi, seperti: pesawat, kereta api, mobil, bemo, dan lain-lainnya.

    5. Museum Olahraga. Bangunan museum olahraga ini terlihat sangat mencolok, karena berbentuk bola sepak. Dalam museum ini kamu bisa melihat aneka koleksi medali, piala, peralatan olahraga, dan berbagai kisah atlet Indonesia.

    6. Museum Hakka Indonesia. Apakah kamu penasaran bagaimana sejarah suku Tionghoa di Indonesia? Di museum Hakka ini kamu bisa mempelajari sejarah kedatangan suku Tionghoa, sampai era kemerdekaan Indonesia. Selain sejarah, kamu juga bisa mempelajari nilai-nilai kebudayaan, hingga melihat berbagai koleksi artefak khas orang Tionghoa.

  3. Taman Flora & Fauna

    taman-burung-di-taman-mini-indonesia-indah
    Sumber: commons.wikimedia.org (2010), Credit: Gunkarta

    Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki tempat untuk melestarikan berbagai macam flora dan fauna asal Indonesia, antara lain: taman kaktus, taman anggrek, taman burung, taman reptil dan masih banyak lagi.

  4. Tempat Ibadah

    gereja-haleluya-tmii
    Sumber: www.flickr.com (2018), Credit: baka_neko_baka

    Indonesia merupakan negara multikultural. Oleh karena itu, Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki tempat ibadah yang mewakili setiap agama yang ada di Indonesia, antara lain: Masjid, Gereja Kristen, Gereja Katolik, Pura, Vihara dan Klenteng.

  5. Sarana Rekreasi

    istana-anak-anak-indonesia-taman-mini
    Sumber: freepik.com, Credit: saiko3p

    Taman Mini Indonesia Indah memiliki sarana rekreasi yang meng-asyik-kan. Salah satu nya yaitu Snow Bay yang merupakan taman rekreasi air dimana kalian bisa menaiki berbagai wahana yang dapat memicu adrenalin. Ada juga Istana Anak-Anak dan Kereta Gantung yang sangat cocok untuk rekreasi keluarga.

  6. Teater

    teater-keong-mas-tmii
    Sumber: commons.wikimedia.org (2009) (edited), Credit: arry f firdaus

    Apakah kamu senang menonton pertunjukkan film edukasi? Taman Mini Indonesia Indah juga mempunyai teater loh. Yang paling terkenal adalah Teater IMAX Keong Mas yang berbentuk seperti keong besar berwarna emas. Ada juga Teater 4D Tanah Airku yang menampilkan pertunjukan kebudayaan dan opera.

Taman Mini Indonesia Indah memang sudah lama menjadi favorit rekreasi keluarga mulai wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena Taman Mini Indonesia Indah memberikan banyak wawasan tentang Indonesia serta memiliki banyak wahana rekreasi yang meng-asyik-kan, tidak cukup sehari untuk explore Taman Mini Indonesia Indah ini.

Cukup sekian informasinya, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca setia blog.bookingtogo.com. Seperti biasa, jangan lupa untuk dibagikan dan beri rating artikel ini. Ikuti terus artikel kami selanjutnya, Thank You!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 2

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...