Benteng Belgica, Cagar Budaya Banda Neira yang Menawan

1208
Benteng Belgica
via okezone.com
Bagikan Artikel
5/5 - (3 votes)

Benteng Belgica – Menjadi salah satu cagar wisata dan budaya yang cukup terkenal, Benteng Belgica rasanya bisa jadi referensi untuk liburanmu.

Berlokasi di Banda Neira, Maluku, Benten Belgica atau yang dikenal dengan nama lain Fort Belgica merupakan sebuah benteng yang dibangun bangsa Portugis pada masa penjajahan.

Awalnya, benteng ini berada di kawasan bukit Banda Neira pada abad ke 16 oleh bangsa Portugis. Sampai akhirnya, pada tahun 1611 Gubernur Jenderal Pieter Both memerintahkan untuk membangun ulang benteng tersebut.

Sejarah singkat dari bangunan ini sendiri awalnya dibangun untuk menghadapi perseteruan dengan warga Banda yang menentang sistem monopoli perdagangan yang dilakukan VOC.

Setelah berlangsungnya masa penjajahan Portugis dan Belanda, pada tahun 1995 benteng ini menjadi salah satu warisan dunia UNESCO yang dijaga serta dilindungi.

Hingga pada saat ini, benteng yang memiliki bentuk segi lima yang terletak sekitar 30 meter di atas permukaan laut dengan tinggi dinding yang mencapai 5,4 meter ini menjadi destinasi wisata sejarah yang cukup menarik perhatian masyarakat.

Para pengunjung bisa masuk dan berkeliling di area sekitar benteng sembari menikmati keindahan alam Banda Neira yang memanjakan mata.

Dan tentu saja tempat ini bisa menjadi spot foto yang instagramable untuk para pengunjung yang ingin mengabadikan moment.

Benteng Belgica, Banda Neira

Pemandangan Gunung Merapi di Benteng Belgica
via instagram.com/anoo_13
Alamat Kec. Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
Tiket Masuk Rp 20.000/orang
Jam Operasional Senin – Minggu (08.00 – 17.00) WIT
Fasilitas Spot foto, area terbuka, wisata sejarah, toilet, dll
Google maps Klik di sini
Spot Foto di Benteng Belgica
via liburdulu.com
Spot Foto di Benteng Belgica
via phinemo.com
Keindahan Alam Banda Neira
via pedomanrakyatnews.com

Alamat Benteng Belgica

Benteng bersejarah ini terletak di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah yang bisa kamu akses dari pelabuhan Banda Neira dengan berjalan kaki sekitar 500 meter saja.

Baca Juga:  Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Liburan ke Wisata Lembah Harau

Tapi untuk bisa sampai ke sini, kamu harus menyebrangi laut an dari Ambon dengan menggunakan kapal dengan tujuan ke Banda Neira, yang hanya beroperasi 2 kali dalam seminggu dengan biaya sekitar Rp 400.000.

Untuk mengantisipasi tidak mendapatkan jawal kapal yang menuju ke Banda Neira, kamu bisa mengikuti paket tur ke Benten Belgica.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Sedangkan untuk tiket masuknya sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp 20.000/orang dengan jam operasional setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 Waktu Indonesia Timur.

Dan itulah tadi ulasan singkat mengenai Benteng Belgica yang juga dikenal sebagai Pentagon Indonesia yang menawan. Gimana, sudah siap untuk berkunjung ke sini?

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.