Bagikan Artikel
5/5 - (2 votes)

BookingToGo – Sempat ramai dibicarakan, pameran Galeri Seni di Jakarta saat ini menjadi salah satu destinasi Wisata, untuk kalangan Remaja, dari berbagai kalangan.

Jika kita biasa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang bertemakan alam, belakangan ini trend Art Space di Jakarta menjadi salah satu alternatif untuk menikmati liburan.

Mulai ramainya wisata atau destinasi Galeri Seni dan Art Space di Jakarta, memang berawal dari Social Media TikTok, yang akhirnya merebak atau viral ke seluruh lapisan masyarakat.

Walau terdengar agak vintage/jadul, nyatanya destinasi Galeri Seni ini justru menjadi favorit kalangan remaja, karena memang sangat instagrammable.

Disana, kamu akan melihat banyak sekali karya seni rupa, desain 3d, dan beragam jenis desain lain, yang mungkin jarang ditemui.

5 Galeri Seni & Art Space Terkenal di Jakarta

Untuk itu, jika mungkin kamu penasaran mengenai destinasi wisata yang memanjakan mata ini, kamu wajib banget tau nih. Rekomendasi 5 Galeri Seni dan Art Space yang ada di Jakarta.

Museum Macan

wisata-museum-macan-jakarta
Sumber: Instagram @museummacan (2017)

Museum Macan adalah jenis museum yang memamerkan koleksi karya seni modern dan kontemporer yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta. Untuk alamat lengkapnya kamu bisa lihat disini. Sejak tahun 2017, Museum Macan ini sudah booming di media sosial terutama di kalangan anak-anak muda.

Karena selain memamerkan koleksi seni yang keren, museum Macan ini juga ada menyediakan spot foto yang Instagramable. Di Museum Macan pernah ada ruangan yang dinamakan “Infinity Mirrored Room“, dimana ruangan tersebut ada banyak kaca dan dipasang lampu LED warna-warni. Saat kamu berada didalam ruangannya, kamu terlihat seperti berada di lautan cahaya yang cantik.

infinity-mirrored-room-museum-macan
Sumber: Instagram @museummacan (2019)

Selain itu, dalam Museum Macan ini juga tersedia children art space dengan tema The Lost Jungle. Ruangan tersebut digunakan untuk anak-anak agar mereka bisa belajar untuk membuat karya seni gambar. Oh ya, Di Museum Macan ini juga tersedia kantin yang menyediakan berbagai macam snack dan minuman. Berikut adalah informasi harga tiket masuk dan jam buka Museum Macan:

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Weekdays Weekends
Dewasa 70.000 90.000
Pelajar, Mahasiswa dan Lansia 63.000 81.000
Anak – Anak (3 – 12 tahun) 56.000 72.000
Dibawah 3 tahun Free Free

Jam Buka

Selasa – Minggu 10:00 – 16:00

Art:1 New Museum

art-1-new-museum-jakarta
Sumber: Instagram @art1newmuseum (2021)

Art:1 New Museum merupakan museum seni yang berlokasi di Gunung Sahari, Jakarta Pusat, cek alamat lengkapnya disini. Museum ini memamerkan koleksi lukisan dan patung dengan style kontemporer, abstrak, modern dan masih banyak lagi.

Sebelumnya, Museum ini merupakan galeri seni pribadi bernama Mon Décor, yang pada tahun 2009 berganti nama menjadi Art:1 New Museum. Museum ini mempunyai sekitar 2.500 koleksi karya seni dan semua karya seni yang dipamerkan berasal dari seniman asal Indonesia maupun luar negeri. Berikut adalah detail harga tiket masuk dan jam buka Art:1 New Museum:

Harga Tiket Masuk

1 Orang 75.000

Jam Buka

Selasa – Minggu 10:00 – 16:00

MoJA Museum

moja-museum-roller-skate-gbk-jakarta
Sumber: Instagram @mojamuseum (2022)

Museum of Jakarta atau disingkat MoJA, merupakan art space kekinian yang alamatnya bisa kamu cek disini. Walau disebut sebagai museum, MoJA ini populer di kalangan anak muda karena mempunyai banyak tempat yang instagramable.

mopaint-gbk
Sumber: Instagram @mojamuseum (2020), Credit: @merryrii

MoJA Museum ada di 2 tempat, ada yang letaknya di GBK (MoPaint dan Roja by Moja) dan MOI (MoPaint). Untuk saat ini, ada sekitar 14 ruangan yang bisa kamu kunjungi dan di setiap ruangannya mempunyai konsep yang berbeda. Selain itu, keunikan MoJA ini pengunjung menggunakan roller skate untuk berkeliling museum. Sekedar informasi, setelah selesai mengunjungi suatu ruangan kalian tidak dapat kembali ke ruangan sebelumnya, ya. Tiket masuk MoPaint sudah termasuk kanvas, cat dan jas hujan. Untuk yang Roja by MoJA, tiket masuk sudah termasuk sewa sepatu roda. Berikut adalah daftar harga tiket masuk dan jam buka MoJA Museum:

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Senin – Jumat Sabtu, Minggu, & Hari Libur Nasional
Roja By Moja 110.000 / 150 menit 125.000 / 150 menit
MoPaint 110.000 / 90 menit 125.000 / 90 menit

Jam Buka

Setiap Hari 11:00 – 19:30

Dia.Lo.Gue Art Space

dia.lo.gue-artspace-jakarta
Sumber: Instagram @dialogue_arts (2021)

Dia.Lo.Gue merupakan art space yang berlokasi di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Kamu bisa cek alamatnya di link berikut: Link. Yang menjadi daya tarik Dia.Lo.Gue Art Space, selain memamerkan koleksi karya seni tempat ini juga memiliki cafe. Jadi disini kamu bisa makan / minum dan menikmati ragam karya seni yang keren.

Dia.Lo.Gue atau Dialog merupakan ruang seni publik, sehingga semua seniman Nusantara bisa turut memamerkan karya seni. Entah itu desain grafis, desain produk, arsitektur, semua karya seni berbagai tipe bisa kamu lihat disini. Selain itu, Dia.Lo.Gue juga ada menyediakan souvenir shop. Jadi kamu bisa turut mendukung para seniman dengan membeli produk karya seni mereka. Untuk masuk ke Dia.Lo.Gue kamu tidak perlu membayar tiket masuk (gratis) dan buka setiap hari.

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jam Buka

Setiap Hari 11:00 – 20:00

Galeri Salihara

galeri-salihara-jakarta-selatan
Sumber: Instagram @komunitas_salihara (2020)

Galeri Salihara merupakan pusat seni dan art space yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kamu bisa cek alamat Galeri Salihara disini. Komplek komunitas Salihara ini mempunyai 4 bangunan, yaitu: Theater Salihara, Anjung Salihara, Ruang Perkantoran dan Galeri Salihara. Nah, untuk yang Galeri Salihara ini tempat dimana kamu bisa melihat berbagai macam karya seni rupa dan patung. Di tahun 2010, Komunitas Salihara pernah mendapat penghargaan sebagai “The Best Art Space” di majalah Time of Jakarta. Sehingga, di Galeri Salihara ada banyak koleksi karya seni yang bermutu tinggi.

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jam Buka

Setiap Hari 09:00 – 22:00

Berwisata tidak harus selalu kuliner atau ke tempat wisata, kamu juga bisa berwisata ke Galeri Seni yang tidak kalah seru. Selain bisa melihat berbagai karya seni yang keren, dari sini juga kamu bisa menambah wawasan tentang industri kreatif.

Apalagi jika kamu memang bekerja di bidang kreatif, dengan mengunjungi Galeri Seni dan Art Space kamu bisa menambah inspirasi atau ide.

Mau Traveling kemana? pakai BookingToGo saja! Semoga artikel kali ini juga bermanfaat untuk para pembaca setia blog.bookingtogo.com. Jangan lupa untuk bagikan dan memberi rating artikel ini dibawah. Ikuti terus artikel kami selanjutnya, Thank You!


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...