Bagikan Artikel
5
(2)

BookingToGo – Bicara tentang 7 Makanan Khas Medan, rasanya hal ini harus banget kamu ketahui agar ketika berkunjung ke sana, kamu tak lagi bingung untuk mencoba makanan khas nya.

Terletak di Ibu Kota Sumatera Utara, Medan menjadi kota yang dikenal dengan beragam tempat wisata, dan juga makanan khas nya yang gak boleh kamu lewatkan.

Daya tarik dari Kota Medan sendiri, memang tak perlu diragukan lagi. Sebab, kota Medan juga dikenal sebagai kota penghasil rempah yang membuat tiap kulinernya sangat lezat.

7 Makanan Khas Medan Yang Terkenal

Itulah mengapa, rasanya tentu kurang lengkap jika kita tak mencoba makanan khas dari tiap daerah, ketika kita mengunjungi kota atau destinasi wisata yang dikunjungi.

Maka dari itu, jika kamu berencana untuk mengunjungi/berlibur ke kota Medan, kamu wajib banget tau nih 7 makanan khas medan yang harus kamu cobain.

Soto Medan

kuliner-soto-medan
Sumber: www.frisianflag.com

Indonesia mempunyai bermacam-macam Soto, dan salah satunya adalah Soto Medan. Kuliner Soto Medan ini sangat terkenal dan wajib untuk kamu coba. Yang menjadi perbedaan Soto Medan warna kuahnya cenderung hijau kekuningan. Kuliner satu ini mempunyai isian yang sama seperti soto pada umumnya, tapi soal rasa tidak perlu diragukan.

Soto Medan merupakan jenis soto yang menggunakan santan, sehingga rasanya gurih dan mempunyai kuah yang kental. Rumah makan Soto Medan ada banyak, tapi yang terkenal adalah Rumah Makan Sinar Pagi, kamu bisa cek alamatnya disini.

Mi Gomak

mie-gomak-medan
Sumber: Instagram @miegomak (2014)

Apakah kamu suka kuliner pedas? Kalau iya, cobain deh kuliner namanya Mie Gomak. Mie Gomak merupakan kuliner mie yang terkenal di Medan. Terbuat dari mie lidi yang tebal dan lurus. Rasa Mie Gomak gurih dan pedas, karena menggunakan santan, cabai rawit, dan aneka rempah lainnya. Tekstur mienya empuk, dimasak bersamaan dengan irisan sayur, tomat, daun bawang, dan seledri.

Saksang

kuliner-saksang-medan
Sumber: commons.wikimedia.org

Saksang adalah nama makanan non-halal yang sangat terkenal di Medan. Merupakan jenis makanan berkuah yang terbuat dari potongan daging babi dan dimasak bersama bumbu dan rempah. Saksang ini ada dua jenis, ada yang pakai darah babi (disebut: margota) dan ada juga yang tidak pakai darah (disebut: na so margota).

Saat kamu pergi ke pernikahan orang Batak, makanan ini sering dihidangkan untuk tamu. Karena Saksang merupakan hidangan yang pasti ada saat acara adat suku Batak. Tetapi jika kamu ingin makan Saksang, kuliner ini juga banyak tersebar di kota Medan, loh. Salah satu restoran yang menyediakan Saksang bernama RM. BPK Tesalonika, cek alamatnya disini.

Lemang

lemang-di-medan
Sumber: commons.wikimedia.org

Lemang atau Lomang adalah kuliner khas Medan yang berbahan utama ketan dan santan. Walaupun dengan bahan sederhana, kuliner Lemang ini gurih banget. Biasanya, kuliner ini disajikan bersama gula merah cair.

Mie Sop Medan

Sumber: Instagram @miesop_kampung (2021)

Merupakan kuliner khas Medan berbahan mie, ayam suwir, tauge, kerupuk lalu disiram dengan kuah sop. Beberapa rumah makan Mie Sop di Medan ada juga yang pakai ceker ayam dan telur rebus. Kuliner ini memakai kaldu dari daging ayam asli, jadi rasanya gurih banget.

Martabak Piring

martabak-piring-di-medan
Sumber: Instagram @martabakpiringsejak (2021)

Martabak Piring berbeda dengan martabak pada umumnya. Adonan martabak dituang dalam piring enamel, dan memasaknya diatas bara api. Setiap masakan yang menggunakan kayu bakar atau bara api, cenderung aromanya lebih harum. Sama halnya dengan martabak piring khas Medan ini.

Kamu bisa memilih topping sesuai selera, entah itu ditaburi meses, kacang, keju, dan bisa juga kombinasi. Lembutnya adonan kue, disertai dengan manisnya topping pasti bisa bikin setiap orang ketagihan memakannya.

Tau Kua He Ci

tau-kua-he-ci-medan
Sumber: Instagram @heci_sumatra (2021)

Tau Kua He Ci merupakan kuliner khas Medan asal Tionghoa yang telah di modifikasi agar sesuai dengan selera masyarakat. Kuliner ini terbuat dari potongan tahu kuning, kangkung, tauge, dan peyek udang, lalu disiram dengan saus asam manis.

Itulah 7 daftar Makanan Khas Medan yang Terkenal dan Wajib Dicoba. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk para pembaca setia. Seperti biasa, jangan lupa untuk beri rating artikel ini dan bagikan ke teman, kerabat, maupun keluarga kamu. Ikuti terus artikel kami selanjutnya, Thank You!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 2

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...