Bagikan Artikel
5
(2)

BookingToGo – Hallo, BTG Travellers! Kamu tau tidak kalau di Surabaya itu ada Hutan Bakau yang indah dan Instagramable banget, loh. Nama wisatanya adalah Ekowisata Mangrove Wonorejo. Orang-orang biasa menyebut wisata ini sebagai Hutan Mangrove Wonorejo, karena wisata ini memang mangrove atau hutan bakau yang berlokasi di kelurahan Wonorejo, kecamatan Rungkut, kota Surabaya. Sebelumnya, hutan bakau ini merupakan kawasan konservasi alam yang berfungsi untuk mencegah abrasi di wilayah timur kota Surabaya. Tetapi, karena pemeritah kota Surabaya mengelola tempatnya dengan baik, pada akhirnya Hutan Mangrove Wonorejo ini dijadikan tempat wisata. Yuk kita mulai saja ulasan lengkap tentang wisata Hutan Mangrove Wonorejo:

Lokasi Hutan Mangrove Surabaya

Hutan Mangrove Wonorejo berlokasi di Kelurahan Wonorejo di Kota Surabaya. Untuk alamat lengkapnya berada di Jl. Raya Wonorejo No.1, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Biar kamu tidak binggung mencari jalan, tinggal klik get directions di Google Maps bawah ini:

Jam Buka Wisata Mangrove Wonorejo

Berikut adalah jam buka Hutan Mangrove Wonorejo di Surabaya:

Jam Buka Hutan Mangrove Wonorejo
Setiap Hari 08.00 – 16.00

 

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Surabaya

Sebenarnya, untuk masuk ke Wisata Mangrove Wonorejo tidak ada biaya tiket masuk, alias GRATIS. Tetapi, lain cerita jika kamu ingin naik perahu ke ekowisata hutan bakaunya. Jadi, wisata Mangrove Wonorejo ini ada tempat yang hanya bisa kamu dikunjungi dengan perahu, dan disana ada banyak spot foto yang bagus dan instagramable. Biasanya sih wisatawan pada pergi kesana juga, jadi kenapa kamu tidak ikut saja? Berikut adalah informasi biayanya:

Tiket Masuk Mangrove Wonorejo
Setiap Hari Gratis

 

Untuk biaya tiket naik perahu, ada dibawah ini:

Tiket Naik Perahu Menuju Wisata Mangrove
Dewasa 25.000
Anak-anak 15.000

 

Notes: 

  • Harga diatas merupakan harga terbaru di tahun 2021.
  • Merupakan harga per orang, dan pulang pergi (PP).
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga: Hutan Bambu Surabaya: Wisata Hits & Instagramable di Keputih Surabaya

Aktivitas Wisata Mangrove Wonorejo

Mangrove Wonorejo ini merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang cukup populer. Wisata ini terkenal bukanlah tanpa sebab, ini dikarenakan Hutan Mangrove Wonorejo memang mempunyai aktivitas wisata yang asyik untuk kamu coba. Lalu. apa saja aktivitas wisatanya? Berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan di Hutan Mangrove Wonorejo:

    1. Naik Perahu ke Gazebo Mangrove

      hutan-mangrove-wonorejo-surabaya
      Sumber: Instagram @mangrovewonorejo (2020), Credit: @idjuel

      Seperti yang pernah kami jelaskan diatas, ada lokasi di wisata mangrove wonorejo yang hanya bisa kamu tempuh dengan naik perahu. Nama lokasi tersebut adalah Gazebo Mangrove. Di namakan Gazebo Mangrove, karena memang disana ada banyak Gazebo yang terhubung dengan jembatan bambu. Terpaan angin saat kamu naik perahu ke Gazebo Mangrove sangatlah sejuk, ada banyak burung camar berterbangan, jika kamu melihat sekeliling akan terlihat hutan bakau yang hijau dan enak dipandang mata.

      online-travel-agent-bookingtogo
      Advertisement: Ingin Jalan-jalan? BookingToGo Aja!

      Saat sampai silahkan kamu explore tempatnya, tetapi jangan lupa Gazebo Mangrove nutup jam 16:00. Jadi, kamu harus sudah di dermaga Gazebo Mangrove pada jam 15:30. Karena di Gazebo Mangrove tidak ada yang jualan makanan atau minuman, pastikan kamu membawa air atau makanan sebelumnya ya. Terutama air ya, tidak enak bukan saat explore tempat wisata tapi kamu malah kehausan. Apalagi kalau kamu datangnya siang hari, di Gazebo Mangrove cukup panas loh.

    2. Berfoto di Spot Instagramable

      ekowisata-mangrove-wonorejo
      Sumber: Instagram @mangrovewonorejo (2020)

      Di Mangrove Wonorejo mempunyai banyak spot foto yang bagus dan bisa kamu cobain. Kamu bisa menemukan spot foto saat kamu menyebrang dengan perahu ke Gazebo Mangrove. Jika kami hitung, sepertinya bisa kurang lebih mencapai puluhan spot. Mulai dari jembatan bambu yang didekorasi, spot foto buatan berbentuk bintang, bentuk hati, pintu, dan masih banyak lagi. Dari dekorasi spot fotonya saja sudah bagus, ditambah lagi dengan pemandangan alam sekitar yang hijau, berfoto jadi makin bagus deh!

    3. Makan di Sentra Kuliner MIC

      gambar-wisata-hutan-mangrove-wonorejo-di-surabaya
      Sumber: bappeko.surabaya.go.id (2021)

      Di dekat Mangrove Information Center ada tempat makan bernama sentra kuliner MIC yang bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki melewati jembatan bambu. Aneka minuman dingin seperti jus, es jeruk, teh es manis, es cincau hitam, dan lain sebagainya dijual disini. Makanan juga lengkap, ada nasi, cireng, aneka cemilan, mie instan, semua ada kok. Jika dilihat mirip kantin ya, bukan restoran. Karena di Sentra Kuliner MIC bentuknya booth jadi kamu bisa tinggal pilih saja makanan atau minuman yang tersedia disana.

    4. The Jogging Track

      jogging-track-ekowisata-mangrove
      Sumber: bappeko.surabaya.go.id (2021)

      Jadi wisata mangrove wonorejo ada tempat yang bisa buat kamu jogging. Kira-kira panjang jalannya sekitar kurang lebih 200 meter. Kalau kamu ingin jogging, ya silahkan saja. Mumpung disediakan fasilitas untuk jogging, selain itu, suasananya juga nyaman kok untuk aktifitas jogging.

    5. Memancing di Gazebo Mangrove

      kolam-pancing-ekowisata-mangrove
      Sumber: Instagram @mangrovewonorejo (2016)

      Sebenarnya, dulu di Gazebo tidak boleh melakukan aktivitas memancing. Tetapi sekarang sudah bebas asal kamu menjaga kebersihan. Alat pancing dan umpannya kamu bawa sendiri ya, karena tidak ada tempat sewanya juga. Ikan yang biasa bisa kamu tangkap disini itu ikan kedukang. Ikan yang memang bisa kamu dapatkan di tepi pantai berlumpur dan kuala sungai.

Kami rasa itulah review lengkap tentang wisata hutan mangrove wonorejo. Semoga bermanfaat untuk setiap pembaca setia blog.bookingtogo.com. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman, sahabat, maupun keluarga kamu. Kami akan selalu membahas tempat wisata agar bisa jadi rekomendasi liburan kamu. Apakah kamu suka artikel ini? Jika iya, mohon beri rating 5 pada artikel ini ya. Ikuti terus artikel kami selanjutnya, Thank You!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 2

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...