Bagikan Artikel
5
(1)

Dikenal dengan The Hidden Paradise di Sumbawa Barat, Kenawa Island atau Pulau Kenawa merupakan pulau yang terletak di ujung barat Pulau Sumbawa. yang tak kalah indah dengan Pulau Lombok.

Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pulau Kenawa menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk mereka yang ingin menenangkan diri dengan mengunjungi pulau ini.

Pulau Kenawa sendiri merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang memiliki luas sekitar 15 hektar dengan garis pantai yang membentang sekitar 1,7 km.

Kenawa Island: The Hidden Paradise di Sumbawa Barat

keindahan pulau kenawa atau kenawa island
img via: https://pojokjakarta.com/

Ketika sampai di Pulau Kenawa, kamu akan menemukan keindahan padang savana luas yang memiliki sebuah bukit kecil, yang mengarah langsung ke pantai sehingga kamu bisa menikmati deru ombak dengan semilir angin pantai yang sejuk.

Rute Menuju Kenawa Island

Kalau kamu berencana untuk mengunjungi Pulau Kenawa, kamu harus menuju ke Pelabuhan Kayangan yang terletak di Lombok Timur, untuk kemudian menaiki kapal fery selama 2 jam ke arah Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa.

Untuk harga tiket penyebrangan menggunakan kapal fery sendiri masih cukup terjangkau.

  • Pejalan kaki: Rp 20.000/orang
  • Sepeda motor: Rp 55.000/kendaraan
  • Mobil: Rp 460.000/kendaraan

Dan sesampainya di Pelabuhan Poto Tano, kamu masih harus menyebrangi dermaga yang terletak sekitar 200 meter di sebelah utara Pelabuhan Poto Tano menggunakan kapal kayu yang disewakan dengan harga 250.000 untuk langsung ke Pulau Kenawa saja, dan 500.000 jika ingin berkunjung ke pulau lain disekitar.

Namun jangan khawatir, karena harga sewa kapal kayu milik warga sekitar tadi tidak untuk perorangan. Melainkan, untuk satu kayu perahu yang bisa memuat hingga 10 orang. Jadi, kamu bisa melakukan split bill bersama temanmu.

Dan tentunya, ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pulau Kenawa, seperti

Berkemah dengan Suasana yang Tenang

Untuk kamu yang mungkin sering melakukan hiking atau mendaki gunung, mungkin kegiatan camping atau berkemah sudah menjadi hal yang biasa bukan?

berkemah di pulau kenawa
img via: https://picture.triptrus.com/

Namun kalau kamu ingin merasakan sensasi berkemah yang berbeda, kamu bisa banget nih berkemah di sekitaran Pulau Kenawa sembari menikmati suara ombak, dengan suasana yang tenang dan sejuk.

Tak cuma itu saja, kamu juga bisa melakukan piknik dengan membawa makanan ringan serta alas untuk duduk sembari menikmati panorama alam yang tak pernah kamu temukan sebelumnya.

Snorkeling dengan Keindahan Bawah Laut yang Masih Terjaga

snorkeling di pulau kenawa atau kenawa island
img via: https://blog.bookingtogo.com/

Kemudian untuk kamu yang senang melakukan snorkeling, Pulau Kenawa adalah tempat yang tepat. Sebab pulai ini memiliki keindahan bawah laut yang masih sangat terjaga. Seperti terumbu karang, dan beragam jenis biota laut lainnya.

Menikmati Sunset dan Sunrise di Bukit Pulau Kenawa

sunset dan sunrise di pulau kenawa atau kenawa island
img via: https://2.bp.blogspot.com/

Selain memiliki hamparan padang savana yang luas, Pulau Kenawa juga memiliki satu-satunya bukit dengan soft trekking sekitar 15 menit, yang kerap dijadikan tempat bagi para wisatawan untuk menikmati sunset maupun sunrise.

Bukit di Pulau Kenawa ini memiliki kemiringan sekitar 60 derajat, dngan kondisi tanah yang cukup licin. Jadi, ketika kamu hendak menaiki bukit ini, tetap harus hati-hati ya.

booking tiket pesawat ke lombok

Dan itulah tadi pembahasan tentang Kenawa Island atau Pulau kenawa. Jadi gimana nih? Tertarik untuk mengunjungi pulau ini?

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini


Kira-Kira Kita Mau Bahas Destinasi Wisata Apa Lagi, Guys?

View Results

Loading ... Loading ...