Bagikan Artikel
4.5/5 - (2 votes)

Lembah Harau – Sumatera Barat memang menyimpan banyak sekali wisata keindahan alam yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah Lembah Harau yang berada di Payakumbuh, Sumatera Barat. Tepatnya di Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Kalau kamu penggemar wisata alam, lembah ini pas banget buat jadi destinasi liburan kamu selanjutnya. Tapi sebelum itu, pastikan kamu sudah tahu dulu beberapa hal mengenai Lembah Harau berikut ini:

Baca Juga: 6 Wisata di Solok yang Lagi Hits, dan Festival Tahunan yang Wajib Dikunjungi!

Sejarah Lembah Harau

Ada banyak kisah tentang Lembah Harau yang menarik untuk diketahui. Dua sejarah yang paling terkenal adalah tentang desa yang sering dilanda musibah dan legenda Puti Sari Banilai. Berikut ceritanya:

Desa Bersuara Parau

Nama “Harau” yang disematkan pada lembah ini kabarnya berasal dari kata “parau” yang berarti suara serak. Kabarnya, suara serak ini berasal dari seringnya kepanikan dan kegaduhan muncul di area lembah tersebut.

Dulunya, daerah lembah sering sekali menghadapi banjir dan longsor. Setiap kali banjir dan longsor terjadi, orang-orang akan berteriak dan menjadi gaduh. Karena sering berteriak, suara warga pun menjadi semakin parau. Sehingga, nama daerah itu dikenal sebagai “Orau”.

Seiring waktu, pelafalan nama daerah tersebut berubah menjadi “Arau”. Dan sekarang, lebih dikenal dengan nama “Harau”.

Legenda Puti Sari Banilai

Selain asal usul tersebut, ada juga legenda yang menjadi kisah terbentuknya Lembah Harau, yaitu legenda Puti Sari Banilai. Legenda ini dimulai dari seorang Raja Hindustan, Maulana Kari, yang berlayar bersama permaisurinya, Sari Banun, dan anaknya, Sari Banilai.

Pelayaran itu bertujuan untuk merayakan pertunangan Sari Banilai dengan Bujang Juaro. Sebelum pelayaran tersebut, Sari Banilai dan Bujang Juaro saling bersumpah untuk tidak mengingkari janji pertunangan. Jika Sari Banilai melanggar janji, ia akan berubah menjadi batu. Sedangkan jika Bujang Juaro melanggar janji, ia akan berubah menjadi ular naga.

Sayangnya, kapal yang dinaiki Maulana Kari, Sari Banun, dan Sari Banilai terjepit di antara dua bukit besar karena terbawa arus. Agar tidak hanyut, Maulana Kari menambatkan sebuah batu yang nantinya disebut sebagai Batu Tambatan Kapal.

Setelah selamat, penguasa Lembah saat itu, Rajo Darah Putiah, mengizinkan Maulana Kari dan keluarganya untuk menetap. Karena tidak yakin bisa kembali, Maulana Kari memutuskan untuk menikahkan Sari Banilai dengan Rambun Pade, seorang pemuda Harau.

Beberapa tahun kemudian, keduanya sudah memiliki anak. Sementara itu, Maulana Kari masih tidak tahu mengenai sumpah yang dibuat oleh Sari Banilai.

Sampai suatu hari, mainan anak Sari Banilai jatuh dan hanyut ke laut. Sari Banilai yang berniat mengambil mainan tersebut malah ikut hanyut bersama ombak besar dan terjepit di antara dua batu besar. Sambil berdoa agar air segera surut, Sari Banilai teringat sumpahnya pada Bujang Juaro.

Baca Juga:  Studio Alam Gamplong Wisata Instagramable di Jogja

Perlahan-lahan, tubuh Sari Banilai berubah menjadi batu. Kisah ini masih dipercaya sebagai asal-usul dari batu berbentuk seorang ibu yang ada di daerah Lembah Harau. Bahkan kisah ini masih dikenal sebagai Randai Sari Banilai dan dianggap sebagai salah satu kesenian tradisional.

Harga Tiket Masuk Lembah Harau

Harga tiket masuk ke Lembah Harau sendiri sebenarnya gratis. Area ini terbuka selama 24 jam. Jadi, kalau kamu mau menikmati suasana lembah saja, kamu bisa datang kapan pun kamu mau.

Namun, kalau kamu mau masuk ke objek wisata di sekitarnya, ada beberapa tiket masuk terpisah yang harus kamu siapkan. Selain itu, jam operasional objek wisata biasanya hanya mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa harga tiket masuk area wisatanya:

  1. Tiket masuk kawasan Kampung Sarosah : Rp5.000
  2. Tiket masuk Kampung Eropa/Kampung Korea : Rp20.000
  3. Tiket masuk tipe A : Rp30.000
  4. Tiket masuk tipe B : Rp40.000
  5. Paket Belajar di Kampung Inggris : Rp1.200.000 – Rp1.950.000

Tiket masuk tipe A sudah termasuk akses masuk ke Kampung Eropa, Kampung Korea Jepang, dan Kampung Sarosah. Sedangkan tiket masuk tipe B sudah termasuk akses masuk ke Kampung Eropa, Kampung Korea Jepang, Kampung Sarosah, dan Secret Garden.

10 Hal yang Bisa Dilakukan di Lembah Harau

Keindahan Lembah ini rasanya sayang kalau dihabiskan tanpa kegiatan apa-apa. Nah, berikut ini adalah beberapa inspirasi kegiatan yang bisa kamu lakukan di Harau:

1. Staycation

Homestay Lembah Harau
Penginapan di Lembah Harau via Reski Hasan

Siapa yang tidak suka staycation? Ada banyak homestay yang bisa kamu pilih di Lembah Harau. Kamu bisa memilih homestay sesuai dengan budget dan keinginan. Keindahan dan suasana alam di Harau akan membuat staycation kamu jadi semakin menyenangkan dan menenangkan. Cocok untuk kamu yang ingin menjeda sejenak dari keriuhan kota.

2. Tracking

Lembah Harau
tracking di lembah harau via  Muhammad Anwar Habibi

Lembah Harau diapit oleh beberapa bukit dengan suasana alam yang tidak kalah indah. Di antaranya adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Tarantang, dan Bukit Singkarak. Kalau kamu suka aktivitas fisik, tracking bisa jadi kegiatan yang menyenangkan disini loh BTG Traveler.

Biasanya, tracking di bukit-bukit Harau akan memakan waktu 3 jam. Meski begitu, akan lebih baik kalau kamu pergi tracking bersama pemandu lokal. Sehingga, kegiatan tracking jadi lebih tenang dan aman. Kamu juga bisa bertanya banyak hal kepada pemandu lokal tersebut.

3. Pasa Harau

Pasa harau
Pasa harau credit via fajar.co.id

Pasa atau Pasar Harau adalah semacam festival budaya yang dilaksanakan setahun sekali. Biasanya festival ini dilaksanakan pada bulan Agustus – September. Nah, buat kamu yang senang wisata budaya, kamu bisa menjadwalkan pergi ke Lembah Harau pada waktu tersebut. Selain melihat festival, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Harau.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Wisata Palangkaraya Terbaru

4. Panjat Tebing

panjat tebing harau
panjat tebing lembah harau via fpti.or.id

Harau juga memiliki banyak tebing yang bisa kamu panjat. Bahkan ada sekitar 70 jalur panjat tebing yang bisa kamu coba. Benar-benar surga untuk pecinta olahraga deh, pokoknya. Tapi sebelum itu, pastikan kamu sudah mendapat izin dari Jorong setempat, ya!

5. Belajar di Kampung Inggris

Kampung Inggris Lembah Harau
Kampung Inggris Lembah Harau via harau.org

Berencana menikmati liburan di Lembah ini dalam waktu lama? Kamu bisa mengisi waktu sambil belajar bahasa Inggris. Di sini, kamu bisa memilih antara paket belajar 2 minggu hingga 12 minggu. Paket belajar tersebut sudah termasuk tempat tinggal dan simulasi TOEFL dan IELTS. Jadi, kamu nggak perlu khawatir dan repot lagi.

6. Berfoto dan Sewa Kostum

sewa kostum lembah harau
Berfoto dengan kostum di lembah harau via Nita Montok

Untuk kamu yang berencana liburan bersama keluarga, Lembah Harau juga memiliki arena rekreasi yang bernama Harau Dream Park. Di sini, ada banyak tempat dengan konsep berbagai negara. Seperti Belanda, Korea, dan Jepang. Selain berfoto, kamu juga bisa menyewa kostum dan menikmati keindahan kampung-kampung buatan ini.

7. Menikmati Panorama

Lembah Harau.
Spot Foto Lembah Harau via NOFRI GIANDI CANIAGO

Rasanya tidak lengkap kalau ke Harau tanpa menikmati panorama lembahnya. Lembah Harau berada di antara berbagai bukit dengan panorama alam yang memukau. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati panorama alam di Harau. Baik di pagi hari, siang, senja, hingga malam hari. Temukan waktu dan spot panorama alam favoritmu di Harau.

8. Zip Line Bike

Zip line bike
Zip line bike lembah harau via SkyLex 22

Ingin merasakan wahana yang menantang? Cobalah menaiki sepeda di atas tali. Harau memiliki 3 set sepeda yang dapat digunakan. Jadi, kamu tidak perlu mengantre terlalu lama. Dari atas sepeda, kamu bisa menikmati alam Harau atau sekedar berfoto bersama.

9. Outbond dan Flying Fox

Zip Line Bike
Zip Line Bike di Lembah Harau via Yulia Kasmarinda

Kalau Zip Line Bike masih kurang menantang, kamu juga bisa mencoba Flying Fox dan outbond. Wahana ini adalah wahana favorit bagi pengunjung yang menyukai tantangan. Meski begitu, wahana ini cukup aman untuk digunakan anak-anak hingga orang dewasa.

10. Perahu Air

wahana perahu air
perahu air lembah harau via Serba Serbi Dunia

Terakhir, jangan lupa untuk mencoba wahana perahu air untuk melengkapi pengalamanmu ke Lembah Harau. Wahana ini sangat cocok untuk kamu yang datang bersama keluarga atau teman. Satu perahu air ini bisa dinaiki oleh 2 orang dewasa dan satu anak-anak selama 15 menit. Wahana perahu air ini berada di Kampung Eropa.

Rencanakan Terbang ke Harau, Nikmati Kesunyian dan Udara Sejuknya Bareng BookingToGo!

Promo Booking Hotel 2024

Itulah beberapa hal mengenai Lembah Harau yang perlu kamu tahu sebelum wisata ke sana. Tertarik untuk berkunjung? Jangan lupa untuk membeli tiket pesawat melalui Bookingtogo. Bookingtogo selalu menyediakan penawaran dan harga terbaik untuk liburan yang lebih seru dan berkesan. Selamat berlibur BTG Traveler! Smart Booking, Easy Travel.

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.