Bagikan Artikel
5/5 - (1 vote)

Hai BTG Traveler, Siapa nih yang tidak suka kopi? Atau pernah mendengar nama Kopitiam? Apalagi, saat ini, menemukan kedai kopi bukan hal yang sulit. Kamu bahkan bisa menemukan lebih dari satu kedai kopi yang letaknya berdekatan di satu tempat. Tren ngopi ini sebenarnya bukan hal yang baru di kalangan millennials saat ini. Bahkan, sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Nah, nama kopi tiam sendiri bukanlah nama baru dalam dunia perkopian. Agar lebih jelas, simak artikel ini sampai akhir yuk.

Baca Juga: Kopitagram Malabar Bogor, Ngopi Santai dengan Suasana yang Tenang

Sejarah Kopitiam

Kalau disebut Kopitiam, apa yang pertama kali muncul di pikiranmu? Banyak orang yang pasti berpikir tentang nama gerai kopi populer. Lebih dari itu, nama tersebut ternyata sudah dikenal sangat lama dalam dunia perkopian. Khususnya di Malaysia.

Dimulai Oleh Imigran

sejarah kopitiam
budaya ngopi kopitiam credit via detikfood

Awal kehadiran kedai kopi tradisional ini di Malaysia tidak jauh dari peran imigran China. Pada masanya, banyak orang China dengan dialek Hokkien, Kanton, dan Teochew yang datang ke Malaysia. Mereka menganggap kalau Malaysia cukup menjanjikan untuk kehidupan. Baik dari sisi pertanian ataupun pertambangan. Saat itu, banyak juga imigran China yang bekerja di hotel, restoran, atau unit usaha lain milik orang Eropa.

Kemudian, saat akhir Perang Dunia II, krisis ekonomi terjadi. Sehingga, banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Termasuk para imigran China yang bekerja pada orang Eropa. Mereka pun memulai bisnis dengan membuka kedai kopi. Sehingga, muncullah kedai Kopitiam di berbagai tempat di Malaysia.

Asal Usul Nama Kopitiam

Nama ini sebenarnya berasal dari perpaduan dua bahasa. Yaitu bahasa Melayu dan bahasa Cina Amoy atau dialek Hokkian. Kata kopi berasal dari bahasa Melayu, dan kata tiam berasal dari bahasa Hokkian yang berarti “toko”, Dengan kata lain, Kopitiam sendiri secara harfiah berarti toko atau kedai kopi.

Populer di Indonesia dan Singapura

sejarah kopitiam di indonesia
aktivitas kopitiam via detikfood

Salah satu ciri khas kedai kopi ini adalah menunya yang sederhana. Karena itu, cita rasa kopi yang disajikan mudah diterima siapa saja. Bahkan oleh orang dari daerah dan negara yang berbeda. Karena itu, kedai kopi tiam bisa menyebar dengan mudah ke berbagai negara. Bermula dari Malaysia, kedai kopitiam juga hadir di berbagai negara. Termasuk Singapura dan Indonesia.

Document

Furama RiverFront

Mulai dari IDR 2.000.000-an/malam di BookingToGo

Fakta Unik Kopitiam

Di balik menjamurnya kedai kopitiam, ada beberapa fakta unik tentang kedai kopi ini yang menarik untuk diketahui, di antaranya:

Baca Juga:  Panduan ke Museum Patah Hati, dan Rekomendasi Kuliner di Chillax Sudirman

Mulai Populer di Tahun 1960

Butuh waktu puluhan tahun sejak Perang Dunia II sampai kedai kopi ini menjadi populer. Puncak popularitas kedai kopi ini dimulai pada tahun 1960-an. Kalau hidup di masa itu, kamu bisa menemukan kedai kopitiam hampir di setiap sudut kota di Malaysia.

Meski ada banyak kedai kopi yang serupa, menu unggulan kedai kopi ini tetap sama. Yaitu kopi dengan campuran susu kental manis. Selain menjual kopi, kedai semacam ini juga menjual camilan seperti roti selai sederhana dan telur setengah matang dengan bubuk lada.

Kedai Kopi Milik Orang China

Meski secara harfiah nama kopitiam berarti kedai kopi, namun tidak semua kedai kopi bisa disebut dengan nama ini. Secara tidak langsung, penyebutan kopitiam menunjukkan kalau pemilik kedai adalah peranakan China. Sedangkan penyebutan kedai kopi menunjukkan kalau pemilik kopi bukanlah orang China atau keturunannya.

Punya Ciri Khas Interior

Awalnya, kedai kopi tiam hanya menyasar orang dari kalangan rendah. Tapi ternyata, cita rasa sederhana dari kopi yang ditawarkan juga dapat dinikmati oleh siapa saja. Karena itu, banyak juga gerai kopitiam yang berada di pusat perbelanjaan bergengsi.

Meski begitu, tidak sulit untuk menemukan kedai kopi tiam. Salah satu ciri khas yang paling terlihat adalah interiornya. Biasanya, kedai kopi tiam menggunakan meja berwarna putih dan cangkir serta piring keramik.

Document

Mpalace Hotel Kuala Lumpur

Mulai dari IDR 600.000-an/malam di BookingToGo

Rekomendasi Kopitiam Terfavorit dan Wajib Didatangi

Mulai tertarik untuk mencoba kedai Kopitiam? Supaya tidak bingung, kamu bisa mulai dengan mencoba datang ke rekomendasi kedai berikut ini:

1. Kedai Kopi Yut Sun di Perak

Yut Sun Restoran Kopitiam
Yut Sun Restora kopitiam di Malaysia via Pohboon Yeo

Mencoba kedai legendaris rasanya kurang pas kalau tidak mulai dari yang tertua. Karena itu, kamu wajib mencoba kedai kopi Yut Sun yang ada di Perak, Malaysia. Kedai kopi ini sudah buka sejak tahun 1921. Selain bisa merasakan cita rasa asli kopi khas kopitiam, kamu juga bisa merasakan suasana kedai yang klasik dan nostalgia.

Kedai kopi ini berada di 78-80, Jalan Pasar, 34000 Taiping, Perak, Malaysia. Dan bisa didatangi mulai 08.00 sampai jam 17.00. Kamu bisa datang saat weekday atau weekend kecuali hari Selasa. Karena biasanya, Kedai kopi Yut Sun tutup setiap hari Selasa.

2. Kedai Kopi White House Kopitiam di Kelantan

Kedai Kopi White House
Suasana Kedai Kopi White House via Mah Mickey

Satu lagi kedai legendaris di Malaysia adalah White House Kopitiam. Selain menyajikan kopi, kedai ini juga menyediakan makanan lain yang bisa dinikmati. Kedai kopi White House juga sudah buka puluhan tahun. Tepatnya mulai dari tahun 1935.

Baca Juga:  Panduan ke Nusa Lembongan Surga Tersembunyi di Bali dan 9 Aktivitas Terbaru 2023

Kalau kamu mampir ke Kelantan. Pastikan tidak lupa mampir ke kedai kopi ini. Lokasinya berada di Kota Bharu, Kelantan. Tepatnya di 1329-L, Jalan Sultanah Zainab, Bandar Kota Bharu, 15000 Kota Bharu, Kelantan, Malaysia. Kedai ini buka setiap hari mulai dari 06.30 sampai 13.00.

3. Kedai Kopi Apek di Medan

Kedai Kopi Apek di Medan
Suasana Kedai Kopi Apek di Medan via Tin Pin

Selain di Malaysia, kamu juga bisa menikmati Kopitiam di Indonesia. Salah satu yang tertua adalah Kedai Kopi Apek. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1923 sampai sekarang. Kesan tradisional juga langsung terasa begitu kamu memasuki lokasi kedai.

Kedai ini berada di Jalan Hindu No. 37, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara. Dan buka setiap hari mulai dari 06.00 sampai 12.00. Di hari minggu, biasanya kedai akan tutup lebih cepat.

Document

Hermes Palace Hotel Medan Managed by Bencoolen

Mulai dari IDR 700.000-an/malam di BookingToGo

4. Warung Kopi Ake di Belitung

Warung Kopi Ake Belitung
Warung Kopi Ake di Belitung credit via Dendy Yulius

Bagaimana rasanya menikmati secangkir kopi di kedai berusia 100 tahun lebih? Pengalaman itu yang akan kamu rasakan saat datang ke Warung Kopi Ake di Belitung. Warung kopi yang sudah ada sejak tahun 1921 ini menyediakan berbagai menu klasik dan tradisional yang bisa kamu nikmati.

Kalau penasaran dengan rasa dan suasananya, kamu bisa datang ke Jalan KV Senang 57, Tanjung Pandan, Belitung, Bangka Belitung. Warung kopi ini buka mulai dari 06.00 sampai dengan 00.00. Jadi, kamu juga bisa bersantai sekaligus menikmati suasana malam di Belitung.

Nah, itulah sejarah dan fakta unik tentang Kopitiam yang menarik untuk kamu tahu. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi rekomendasi kedai kopi legendaris yang menyajikan kopi serta makanan legendaris.

Selain 4 rekomendasi di atas, tentu saja masih banyak kedai kopi klasik yang bisa kamu kunjungi. Hanya saja, 4 rekomendasi tersebut adalah yang paling tua. Sehingga, kamu bisa merasakan cita rasa dan suasana kedai kopi klasik berusia puluhan hingga 100 tahun.

Keliling untuk mencicipi nuansa kopitiam bareng Bookingtogo yuk!

Promo Pahlawan Bookingtogo

Tertarik untuk mencicipi cita rasa dan suasana asli Kopitiam di Nusantara? Jangan lupa untuk memesan tiket pesawat dan hotel di Bookingtogo. Temukan harga dan penawaran terbaik hanya disini! Smart Booking, Easy Travel!

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.